Mobil Toyota Mirai (Sumber gambar: tangkapan layar laman Toyota)

Intip 4 Mobil Hidrogen yang Bakal Jadi Pesaing Kendaraan Listrik

11 June 2024   |   16:45 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Perkembangan teknologi kendaraan terus menunjukkan kamajuan pesat. Selain kendaraan listrik berbasis baterai, sejumlah produsen otomotif dunia juga berpacu mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen atau fuel cell electric vehicle (FCEV) dan beberapa model telah dijual terbatas. 

FCEV adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas hidrogen murni dan disimpan dalam tangki kendaraan. Dalam kendaraan ini, energi yang disimpan sebagai hidrogen akan diubah menjadi listrik yang memasok energi ke motor penggerak.

Dengan begitu, kendaraan ini tidak memiliki gas buang atau emisi sehingga jauh lebih ramah lingkungan mengingat yang keluar dari mobil hanya uap air dan udara hangat.

Dikutip dari Departemen Energi Amerika Serikat, fuel cell electric vehicle memanfaatkan sistem propulsi yang mirip dengan kendaraan listrik. Energi yang disimpan dalam kendaraan sebagai hidrogen diubah menjadi listrik oleh fuel cell.

Baca juga: Peneliti Jepang Ungkap Manfaat Air Hidrogen Bagi Kesehatan

Berbeda dengan mobil yang memiliki mesin pembakaran internal atai internal combustion engine (ICE), kendaraan hidrogen tidak menghasilkan emisi atau gas buang. Dengan begitu, kendaraan ini dapat menjadi pilihan sebagai moda transportasi yang terjangkau, ramah lingkungan, dan aman.

Tidak hanya itu, Departemen Energi AS juga menyebutkan bahwa kendaraan ini dapat beguna dalam meningkatkan ketahanan energi lantaran membuat pilihan yang beragam bagi masyarakat serta dapat memperkuat perekonomian. Hidrogen sendiri dianggap sebagai bahan bakar alternatif berdasarkan Energy Policy Act of 1992.

Mirip dengan mobil bermesin bahan bakar internal, FCEV juga dapat mengisi bahan bakar dalam waktu sekitar 3-5 menit. Laman itu menyebutkan jika jenis fuel cell yang paling umum digunakan terhadap kendaraan adalah polymer electrolyte membrane (PEM). Dalam sel bahan bakar ini, membran elektrolit diapit di antara elektroda positif atau katoda dan elektroda negatif atau anoda.

Hidrogen dimasukkan ke anoda, dan oksigen dari udara dimasukkan ke katoda. Molekul hidrogen akan terpecah menjadi proton dan elektron lantaran reaksi elektrokimia dalam katalis sel bahan bakar. Kemudian, proton mengalir melalui membran ke katoda.

Elektron yang ada dipaksa melewati sirkuit eksternal guna menyediakan daya terhadap mobil listrik. Kemudian, elektron bergabung kembali dengan proton di sisi katoda tempat proton, elektron, dan molekuk oksigen membentuk air.

Pada saat ini, sejumlah produsen otomotif dunia berpacu untuk meluncurkan kendaraan hidrogen tersebut. Berikut daftar kendaraan hidrogen yang sudah teruji dan meluncur secara terbatas di dunia.


1. Toyota Mirai

Berdasarkan laman Toyota, Mirai merupakan kendaraan FCEV dari pabrikan otomotif terbesar asal Jepang tersebut. Mobil ini mengombinasikan hidrogen dengan oksigen dari luar untuk menghasilkan tenaga, tanpa menimbulkan emisi, dan diklaim menjadi solusi mobilitas di masa depan secara lebih berkelanjutan.

Kapasitas bahan bakar hidrogennya mencapai 142,2 liter dan memiliki tenaga maksimal sebesar 128 kW. Adapun, jumlah sel yang terdapat dalam kendaraan mencapai 330 sel. Kemudian, motor yang digunakan adalah permanen magnet AC synchronous electric motor dengan output maksimal 182 horse power (hp).


2. Hyundai Nexo

Kendaraan berbahan bakar hidrogen lainnya adalah Nexo dari Hyundai. Dalam laman resminya, manajemen menuliskan bahwa mesin sel bahan bakar hidrogen kendaraan ini menghasilkan listrik dengan cara mencampurkan oksigen dengan hidrogren terkompresi guna menciptakan aliran elektron.

Dengan begitu, kendaraan ini hanya menghasilkan keluaran berupa air murni dan bersih. Tidak hanya itu, Nexo juga diklaim memiliki pembersih udara yang efisien dan tahan lama yang menghilangkan 99,9 persen partikel mikro.

Kendaraan dengan model sport utility vehicle (SUV) itu memiliki jarak tempuh hingga 666 kilometer dengan waktu pengisian bahan bakar hidrogen dari 3 sampai 5 menit. Kendaraan ini menggunakan motor elektrik dengan tenaga 163 PS dan torsi 400 Nm. Hyundai Nexo juga memiliki tiga tangki dengan kapasitas total 156 liter.


3. BMW iX5 Hydrogen

BMW iX5 Hydrogen merupakan kendaraan berbahan bakar hidrogen dari pabrikan otomotif asal Jerman tersebut. Berdasarkan laman resmi BMW, mobil hidrogen ini memiliki penggerak listrik atau sama seperti kendaraan listrik baterai. Perbedaan utamanya adalah terhadap sistem penyimpanan energinya.

Dalam kendaraan ini, gas hidrogen disimpan di tangki dan diubah menjadi energi listrik untuk unit penggerak melalui sel bahan bakar. Bahan bakar hidrogen dapat diisi dengan penuh dalam waktu 3-4 menit.

Mobil ini memiliki tenaga 401 hp dengan kapasitas dua tangki hidrogen yang digabung menjadi 6 kg. Tidak hanya itu, kendaraan ini juga memiliki daya tempuh hingga 504 kilometer.


4. Hyundai N Vision 74

Hyundai N Vision 74 adalah mobil konsep dari Hyundai yang juga memiliki bahan bakar hidrogen. Kendaraan ini memiliki gaya retro klasik yang terinspirasi dari Pony Coupe Concept 1974. Sementara itu, teknologi tenaga hidrogennya berasal dari N 2025 Vision GT.

Baca juga: Wow, Prefektur Fukushima Siap-siap Menjadi Kota Hidrogen, Tanpa Karbon

Kendaraan ini juga menggunakan fuel stack 95 kWh dan baterai dengan kapasitas 62 kWh. Dengan begitu, tenaga yang dihasilkan mencapai 670 hp, yang dilengkapi dengan sistem torque vectoring. Teknologi yang tersemat dalam Hyundai N Vision 74 membuatnya dapat menempuh jarak hingga 600 kilometer, dengan pengisian daya sekitar 5 menit.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Agensi EXO-CBX Tuntut SM Entertainment Terkait Komisi Album

BERIKUTNYA

Original Cast Recording Harta Berharga dari Musikal Keluarga Cemara Dirilis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: