Deretan sepeda listrik Beam terparkir di lingkungan kampus UI (Sumber: Maretha Uli)

Yuk, Keliling UI dengan Sepeda Listrik Beam

22 June 2023   |   16:23 WIB

Universitas Indonesia (UI) dikenal sebagai kampus dengan  kawasan yang luas dan lingkungan yang asri. Kampus yang terletak di kota Depok, Jawa Barat,  itu memiliki hutan dan lima danau buatan yang memberikan pemandangan hijau yang enak dipandang mata.

UI memiliki luas 320 hektare dan hanya seperempat wilayahnya yang diisi gedung-gedung kampus. Sisanya merupakan area terbuka hijau berupa hutan kota. Kampus UI juga mengusung Green Campus, yakni upaya pelestarian lingkungan kampus dengan penghijauan lingkungan.

Baca juga: Begini Cara Merawat Baterai Mobil Listrik yang Benar Agar Tahan Lama

Karena luasnya kampus ini, mengelilingi wilayah UI membutuhkan waktu lama. Kampus bisa dikelilingi dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi umum yang tersedia di UI, yakni bis kuning (bikun).

Saat ini, telah hadir alternatif kendaraan baru di kawasan UI. Pada 30 Mei 2023 lalu, Beam Rover, sepeda listrik keluaran PT Beam Mobility Indonesia diresmikan di UI. Terdapat 450 unit sepeda listrik yang sudah bisa digunakan di sekeliling wilayah UI.

Beam memiliki bentuk serupa skuter yang dilengkapi pedal. Beam berwarna utama hitam dan ungu. Setiap unit Beam dilengkapi dengan helm dan keranjang di bagian depan. 

Beam hadir di UI sebagai bagian dari program lingkungan sehat dan berkelanjutan di kawasan kampus. Hal ini sejalan dengan konsep Green Campus yang mulai diterapkan UI sejak 2010.

Mahasiswa menyambut antusias keberadaan Beam di kampus ini. Jessica, seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, mengatakan pengadaan Beam di wilayah kampus membantu mobilisasi mahasiswa yang berkegiatan di kampus.

“Mahasiswa yang buru-buru ke kampus bisa menggunakan Beam biar enggak terlambat. Beam-nya juga ada banyak dan tersebar shelter-nya,” kata Jessica yang sedang menggunakan Beam untuk berkeliling kampus saat diwawancarai pertengahan Juni lalu.

Pada masa uji coba, Beam bisa digunakan secara gratis di seluruh lingkungan kampus UI Depok. Namun saat ini, penggunaan Beam dikenakan biaya sewa sebesar Rp700/menit. 

Beam bisa digunakan dengan menyewanya dari aplikasi khusus lalu melakukan pengisian saldo yang akan terpotong di setiap menit Beam digunakan. Pembayarannya dilakukan melalui aplikasi secara nontunai, seperti dengan dompet digital OVO dan ShopeePay. 

Berikut merupakan cara menggunakan Beam:
1. Unduh aplikasi Beam dari Google Play atau App Store.
2. Buat akun menggunakan data diri dan pilih metode pembayaran.
3. Top up saldo akun. 
4. Temukan Beam terdekat, lalu pindai kode QR yang terdapat di badan unit Beam.
5. Kenakan helm dan pelajari cara menggunakan Beam. Genggam dan putar stang sebelah kanan untuk menjalankan Beam. Tekan tuas di sebelah kanan maupun kiri untuk mengerem.
6. Kamu sudah bisa mnegelilingi UI dengan Beam. Berkendaralah dengan hati-hati!

Saat ini, PT Beam Mobility Indonesia telah mengoperasikan kendaraan ramah lingkungan Beam di berbagai kota di Indonesia, termasuk Bogor, Semarang, Bali, Jababeka di Jakarta Pusat, Bintaro, dan Pantai Indah Kapuk.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Potensi Jakarta Sebagai Kota Kreatif dan Kota Budaya dalam Momentum HUT Ke-496

BERIKUTNYA

Profil Viankha Jesslyn Idol K-Pop Asal Indonesia yang jadi Anggota Baru Girlband Beauty Box

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: