Ilustrasi korek api Zippo (Sumber Gambar : Unsplash/ThomasDespeyroux)

Kriya Desain Korek Api Kustomisasi Kian Membara

10 June 2024   |   16:00 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Korek api menjadi salah satu barang yang paling dicari anak muda, kegunaannya banyak, sebab merupakan alat pendukung. Alat pemantik kecil ini, rupanya dapat menjadi peluang bisnis menggiurkan lewat kemasan yang unik dan filosofis.

Kirana Rachmadina (21) asal Tangerang Selatan merupakan perempuan yang ikut menggeluti bisnis ini. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi brandnya sebab memiliki gaya kemasan yang cocok untuk perempuan serta pria. Memiliki brand dengan nama Yourlighter.id, Kirana sudah menjual ribuan korek kepada kustomer dari kalangan berbeda.

Baca juga: Usaha Pengrajin Tanah Liat yang Makin Menggeliat

“Yang melakukan pemesanan berasal dari lintas kalangan ya, pernah juga dipesan untuk merchandise acara partai politik, pernah juga untuk souvenir pernikahan, jadi beragam memang pesanan yang masuk ke kami,” ucap Kirana.

Yourlighter.id bahkan mampu menghasilkan omset ratusan juta rupiah pertahunnya dari penjualan produk korek berjenis zippo dan korek api biasa. Kirana membandrol harga kustom korek dan zippo pada kisaran harga Rp15.000 - Rp100.000 per unit korek yang dijualnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by & (@yourlighter.id)



“Awalnya motivasi yang datang pada saya adalah bagaimana saya bisa memberikan hadiah kecil kepada keluarga & rekan saya yang memang rata-rata perokok. Lalu saya berinisiatif menciptakan korek dengan nama mereka masing-masing, ternyata mendapat feedback yang positif,” tuturnya.

Yourlighter.id berdiri sejak 2020 dan mendapatkan keuntungan dari segi kompetitor yang juga masih belum banyak seperti saat ini. Bagi brand asal Tangerang Selatan ini, kreativitas produk serta pelengkapnya menjadi hal yang penting. Kirana juga menawarkan jasa kustomisasi sesuai dengan keinginan pelanggan. 

Bagi Kirana, tantangan menjalan kan bisnis ini adalah pada manajemen pemasok/supplier, sehingga harus cermat memilih pemasok yang tepat. Kinerja dari vendor serta memastikan kualitas dari produk juga merupakan tantangan yang dirasakan oleh perempuan berusia 21 tahun ini. Sebab Yourlighter.id mengutamakan kualitas dari produk dari brand mereka.

Sama halnya dengan Rifqi (26) asal Jakarta yang juga menggeluti bidang jual beli korek api dan zippo. Rifqi sendiri juga melakukan penjualan sejak 2019 dengan brand Gooks.id.

Sedikit berbeda dengan Kirana, dirinya melakukan produksi seorang diri, tapi hal tersebut tidak menutup keuntungan yang didapatkannya. Rifqi mampu menghasilkan hingga Rp10 juta per bulan dari penjualan korek api custom-nya.

“Awalnya saya iseng saja melakukan penempelan stiker di korek pribadi saya, lalu masuk pesanan dari teman saya. Covid-19 menyerang bisnis orang tua saya, sehingga saya memutuskan untuk memantapkan penjualan korek kustom ini,” tutur Rifqi.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Baru Beli iPhone? Ini 4 Cara Agar Battery Health Tetap Awet

BERIKUTNYA

Tiket Konser Dua Lipa di Jakarta Dijual Mulai Hari Ini, Cek Harga & Cara Belinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: