Ilustrasi tumpukan novel (Sumber foto: freepik)

Begini Urutan Tetralogi Empat Musim Novel Karya Ghost Writer Ilana Tan

10 June 2024   |   12:57 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Membaca novel memang menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengisi waktu luang dengan bermanfaat dan menyenangkan. Ketika membaca novel, kita dapat merasakan langsung berada di dunia imajinasi penulis. Dengan beragamnya karakter, alur cerita, dan setting yang disajikan, kita juga dapat menikmati pengalaman yang lebih mendalam.

Berbeda dengan film yang menyajikan audio dan visual, justru kelebihan novel terletak pada kebebasan imajinasi pembaca. Setiap pembaca bisa memiliki gambaran yang berbeda tentang bagaimana tokoh dan tempat dalam novel terlihat, berdasarkan deskripsi yang diberikan penulis. Karena imajinasi setiap pembaca berbeda, pengalaman membaca novel bisa menjadi sangat personal dan unik. 

Baca juga: Novel Romansa Stovia, Kisah Empat Sahabat di Sekolah Kedokteran Hindia Belanda

Dari banyaknya koleksi novel yang ada di Indonesia, ada beberapa penulis yang terkenal akan karya-karyanya yang membuat pembaca sangat kagum. Misalnya saja seperti Andrea Hirata, penulis yang terkenal dengan seri Laskar Pelangi, Tere Liye yang dikenal dengan berbagai novel yang menginspirasi dan penuh dengan pesan moral, dan salah satu penulis yang misterius di kalangan para pembaca. Beliau adalah Ilana Tan. 

Dikenal dengan karya-karyanya dengan menciptakan sebuah novel romantis, tetapi keberadaan Ilana Tan masih belum diketahui hingga sekarang bahkan beliau disebut sebagai ghost writer. Namun, beliau memiliki segudang karya yang tak kalah hebatnya dengan penulis lain. Sebut saja yang paling populer adalah deretan tetralogi musimnya seperti Summer in Seoul dan Autumn in Paris. Dengan latar belakang kota-kota yang ada di dunia, kisah ini memiliki daya tarik tersendiri. Lantas, bagaimana urutan tetralogi novel karya Ilana Tan? Berikut adalah penjelasannya.


1. Summer in Seoul (2006)

Summer in Seoul berfokus pada seorang gadis Indonesia bernama Sandy alias Han Soon-Hee yang tinggal di Seoul. Ia bertemu dengan seorang penyanyi terkenal bernama Jung Tae-Woo yang muncul kembali setelah hiatus dari dunia selebritas selama empat tahun. Ceritanya berkembang dengan hubungan yang penuh tantangan dan perasaan di antara keduanya, di mana mereka harus menghadapi masalah-masalah pribadi dan tekanan dari dunia selebriti hingga keduanya menjadi pacar bohongan untuk menutupi skandal. 


2. Autumn in Paris (2007)

Seri kedua ini menceritakan kehidupan Tara Dupont, seorang wanita muda yang tinggal di Paris dan menyukai musim gugur. Dia bertemu dengan Tatsuya Fujisawa, seorang insinyur dari Jepang. Pertemuan mereka berlanjut menjadi hubungan yang rumit karena masa lalu Tatsuya yang berhubungan dengan masa lalu Tara. Tara maupun Tatsuya sama sekali tidak menyadari benang yang menghubungkan mereka dengan masa lalu hingga kebenaran terungkap. 


3. Winter in Tokyo (2008)

Winter in Tokyo mengisahkan Ishida Keiko, seorang pustakawan Jepang yang bertemu dengan tetangga barunya, Nishimura Kazuto yang baru kembali dari New York. Hubungan mereka berubah  menjadi sesuatu yang lebih dalam, tetapi masa lalu Kazuto dan kehadiran seseorang dari masa lalunya membuat hubungan mereka penuh dengan konflik dan kebingungan.


4. Spring in London (2010)

Naomi Ishida, seorang fotografer bertemu dengan Danny Jo, seorang aktor Korea yang sedang berkarir di London. Keduanya terlibat dalam sebuah proyek bersama dan hubungan mereka tumbuh dari profesional menjadi pribadi. Novel ini juga mengungkap koneksi antara cerita di buku-buku sebelumnya dan menjadikan buku ini sebagai penutup yang mengikat semua cerita. 

Baca juga: Serial Novel Anak Populer Karya Dwianto Setyawan, Sersan Grung Grung sampai Seri Sandi

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Band Heavy Metal Asal Bandung Burgerkill Kembali Tur Konser di Eropa

BERIKUTNYA

Fakta Menarik EURO 2024: Turnamen Eropa ke-6 Bagi Cristiano Ronaldo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: