Tim ganda putra Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee, di laga Indonesia Open 2024. (Sumber gambar: situs resmi BWF)

Jadwal Final Indonesia Open 2024, Tim China Ada di Seluruh Laga

09 June 2024   |   09:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Laga Indonesia Open 2024 telah memasuki babak final yang akan berlangsung hari ini, Minggu (9/6/2024), di Istora Senayan, Akan ada 5 jadwal pertandingan final yang dilakoni oleh 10 pemain dari China, Korea Selatan, Malaysia, dan Denmark. Sebaliknya, final Indonesia Open 2024 dipastikan berlangsung tanpa wakil tim garuda. 

Hal ini menyusul kekalahan ganda putra Sabar Karyaman/M Reza Pahlevi, sebagai satu-satunya wakil Merah Putih yang tersisa dalam pertandingan semifinal, Sabtu (8/6/2024). Mereka takluk 27-29, 13-21 dari ganda putra Malaysia yang sedang dalam tren positif yaitu Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Kekalahan itu menyebabkan tim Indonesia mengalami puasa gelar Indonesia Open selama 3 musim beruntun. 

Terlepas dari hal itu, final Indonesia Open 2024 justru menjadi kesempatan tim bulu tangkis China untuk menyapu bersih 5 gelar atau di semua nomor pertama kalinya pada musim ini. China kini punya 6 wakil di final yang tersebar rata di 5 nomor sekaligus. 

Baca juga: Jadwal & Saluran Menonton Gratis Indonesia Open 2024
 

Dari sektor tunggal putra, unggulan kedua Shi Yu Qi akan berjumpa dengan pemain unggulan Denmark Anders Antonsen di partai puncak. Kepastian itu didapatkan setelah Shi Yu Qi menumbangkan rekan satu negaranya, Li Shi Feng, di babak semifinal dengan skor 19-21, 21-19, 21-14.

Pertandingan Shi Yu Qi melawan Anders Antonsen di final turnamen Indonesia Open 2024 menjadi perjumpaan kedelapan mereka. Pada pertemuan terakhir di final Malaysia Open 2024, Antonsen tercatat meraih kemenangan dua gim langsung dengan skor 21-14, 21-13.

Laga keduanya membuat Indonesia Open 2024 dipastikan akan memiliki juara baru di nomor tunggal putra, usai 3 musim sebelumnya selalu dimenangkan pebulutangkis Denmark, Viktor Axelsen. Anders Antonsen kini berupaya melanjutkan estafet kemenangan Denmark di Istora Senayan, sedangkan Shi Yu Qi asal China berambisi merebut gelar tur BWF keduanya secara beruntun.

Beralih ke nomor tunggal putri, juara bertahan Indonesia Open Chen Yu Fei akan berhadapan dengan unggulan pertama asal Korea Selatan, An Se Young, di partai penentu. Ini merupakan pertemuan ke-20 dari tunggal putri peringkat satu dan dua itu, dengan pertemuan terakhir dimenangkan oleh An Se Young pada final Singapore Open 2024.

Lalu di nomor ganda putra, wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang akan bertemu dengan pasangan Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee di babak final. Dalam tiga kali pertemuan, Man Wei Chong/Kai Wun Tee belum pernah memenangkan satu pun laga atas pasangan peringkat dua dunia itu.

Lalu dari ganda putri, tim China diwakili oleh pasangan peringkat satu dunia, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Mereka akan menjamu sang juara bertahan asal Korea Selatan, Baek Ha Na/Lee So Hee di partai puncak turnamen BWF Super 1000 esok. Ini merupakan pertemuan kedelapan di antara kedua pasangan, dimana pertemuan terakhir dimenangkan oleh Chen Qing Chen/Jia Yi Fan pada final World Tour Finals 2023.

Terakhir, duel di antara dua pasangan ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dipastikan terjadi pada babak final Indonesia Open 2024. Hal ini membuat China sudah dipastikan bakal membawa pulang gelar juara di partai ganda campuran Indonesia Open 2024. 
 

Jadwal Final Indonesia Open 2024

Final Indonesia Open 2024 akan dibuka dengan pertandingan sektor ganda campuran yang mempertemukan unggulan satu Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dari China melawan unggulan kelima Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin asal China.

Kemudian pada pertandingan kedua akan tersaji pertandingan final ganda putri yang mempertemukan unggulan satu Chen Qing Chen/Jia Yi Fan melawan unggulan kedua Baek Ha Na/Lee So Hee asal Korea Selatan. 

Di partai ketiga akan berlangsung final tunggal putri yang mempertemukan unggulan satu An Se Young asal Korea Selatan melawan Chen Yu Fei asal China yang menjadi unggulan kedua.

Kemudian di partai keempat akan terjadi laga seru antara unggulan keempat Anders Antonsen asal Denmark melawan unggulan kedua Shi Yu Qi asal China. Sedangkan di partai penutup akan tersaji ganda putra Malaysia Man Wei Chong/Kai Wun Tee melawan Liang Wei Keng/Wang Chang yang merupakan unggulan kedua asal China.

Adapun, final turnamen Indonesia Open 2024 akan berlangsung pada hari ini, Minggu (9/6/2024) di Istora Senayan Jakarta, mulai pukul 12.00 WIB. Sementara siaran langsungnya bisa disaksikan melalui iNews TV dan MNC TV. Sedangkan live streaming bisa diakses melalui Vision+ dengan mengaktifkan paket berbayar. 

Berikut adalah jadwal final Indonesia Open 2024 
  1. Ganda Campuran: Zheng Si Wei [1]/Huang Ya Qiong (China) vs Jiang Zhen Bang [5]/Wei Ya Xin (China)
  2. Ganda Putri: Chen Qing Chen [1]/Jia Yi Fan (China) vs Baek Ha Na [2]/Lee So Hee (China)
  3. Tunggal Putri: An Se Young [1] (Korsel) vs Chen Yu Fei [2] (China)
  4. Tunggal Putra: Anders Antonsen [4] (Denmark) vs Shi Yu Qi [2] (China)
  5. Ganda Putra: Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) vs Liang Wei Keng [2]/Wang Chang (China).
Baca juga: Mundur dari Pelatnas Bulu Tangkis, Simak Profil & Prestasi Ribka Sugiarto

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Kunafa, Hidangan Penutup Khas Timur Tengah

BERIKUTNYA

Jadwal & Cara Nonton Grand Final MPL ID Season 13

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: