Atlet bulu tangkis Ribka Sugiarto. (Sumber gambar: PB Djarum)

Mundur dari Pelatnas Bulu Tangkis, Simak Profil & Prestasi Ribka Sugiarto

18 May 2024   |   07:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dunia bulu tangkis Indonesia lagi-lagi harus kehilangan atlet muda berbakatnya. Pemain ganda putri Ribka Sugiarto memutuskan mundur alias pensiun dini sebagai atlet bulu tangkis Indonesia. Hal itu disampaikan Ribka lewat akun Instagram pribadinya pada Kamis (16/5/2024). Sang atlet gantung raket pada usia 24 tahun.

"Alhamdullilah selesai sudah perjalananku di badminton. Selalu bersyukur apa yang udah dicapai dan dijalani sampai sekarang," tulis Ribka dikutip dari akun Instagram @ribkasugiarto.

Baca juga: Kevin Sanjaya Ungkap Alasannya Pensiun Dini di Dunia Bulu Tangkis

Ribka menjelaskan bahwa keputusannya pensiun dini salah satunya didasari ingin fokus untuk mempersiapkan pernikahannya dengan pebulutangkis ganda putra, Muhammad Rian Ardianto, sebagaimana dikutip dari situs resmi PB Djarum

Perempuan kelahiran Karanganyar itu menyampaikan bahwa keputusannya untuk mundur sebagai pebulu tangkis profesional telah melalui proses pemikiran dan pertimbangan yang cukup lama. Dia juga beberapa kali sempat berdiskusi dengan pelatih, orang tua dan orang terdekatnya untuk membicarakan keinginannya tersebut.

Meski baru diputuskan sekarang, Ribka mengaku sebenarnya keinginannya untuk gantung raket sudah ada sejak tahun lalu. Namun, sang pelatih, Eng Hiang, memberikannya pandangan dan masukan untuk tetap bertahan sebagai atlet. 

"Saya akhirnya mencoba lagi di awal tahun sampai kemarin, tapi sepertinya hawanya sudah berbeda. Jadi saya putuskan untuk mundur dan fokus mempersiapkan pernikahan," katanya.
 


Dia pun mengaku ini merupakan keputusan yang cukup sulit dan berat yang harus diambilnya. Namun, keputusan ini harus diambilnya agar bisa fokus pada tujuannya untuk memulai kehidupan yang baru. "Tidak ada penyesalan buatku untuk mengambil keputusan ini karena sudah aku pikirkan cukup lama dan sekarang mungkin waktu yang tepat," tulisnya.

Dalam unggahan yang sama di media sosialnya, Ribka juga menyampaikan rasa terima kasih kepada teman-teman dan pendukungnya yang telah setia mendukungnya selama perjalanan kariernya.

"Terima kasih teman-temanku yang sudah ikut serta juga di dalam perjalanan hidupku. Semoga kalian sukses semua di jalannya masing-masing. Terima kasih juga yang sudah support aku dari kecil sampai sekarang," lanjut RIbka.

Kabar gantung raket Ribka Sugiarto juga telah dikonfirmasi oleh PBSI. Ricky Soebagdja selaku Kabid Pembinaan dan Prestasi PBSI mengatakan bahwa Ribka telah menyampaikan ke pelatih Eng Hian secara lisan untuk mengundurkan diri dari PBSI. 

"Secara resmi memang belum menyampaikan surat, tapi secara lisan sudah disampaikan. Ribka mengatakan akan mempersiapkan untuk jenjang kehidupan berikutnya," katanya seperti dikutip dari situs resmi PB Djarum.
 


Ribka Sugiarto adalah atlet bulu tangkis ganda putri kelahiran Karanganyar, 22 Januari 2000. Nama Ribka mulai dikenal oleh masyarakat sejak  2010 saat dia berajang di turnamen Yuzu Indonesia Masters, dan berhasil mengalahkan ganda putri asal China yang masuk 10 besar dunia. 

Dara berusia 24 tahun itu mulai menggeluti badminton sejak 2013 saat usianya masih 13 tahun dan terpilih bergabung dengan klub PB Djarum. Karena berbakat, dia pun berhasil bergabung ke Pelatnas Cipayung pada 2017.

Sejak saat itu, Ribka berhasil mencetak prestasi di antaranya medali perak Piala Uber 2024, medali perak SEA Games 2021 dan 2019, juara Swiss Open 2024, hingga tiga gelar juara Indonesia Masters Super 100. Melansir dari laman resmi BWF Badminton, diketahui Ribka berada peringkat 27 badminton dunia.

Sebagai pemain ganda putri, Ribka telah berpasangan dengan sejumlah pemain seperti Lanny Tria Mayasari, Febriaana Dwipuji Kusuma, dan Siti Fadia Silvia Ramdhanti. Pada Februari 2024, dia terpilih sebagai anggota tim putri Indonesia di Asia Team Championships, dan Uber Cup pada Mei tahun ini. Bersama tim, dia berhasil memenangkan medali perunggu di Asia Team Championships sekaligus mencetak sejarah karena meraih prestasi.

Baca juga: Pesan Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad & Rudy Hartono untuk Pebulu Tangkis Muda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ada Teknologi Wet to Dry, Bahayakah Menggunakan Catokan saat Rambut Basah?

BERIKUTNYA

Review Film IF, Karya John Krasinski yang Penuh Imajinasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: