Kunafa. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Kunafa, Hidangan Penutup Khas Timur Tengah

09 June 2024   |   08:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika Genhype penggemar kuliner khas Timur Tengah, tentu tak asing dengan makanan bernama Kunafa. Makanan yang dikenal juga dengan nama Kanafeh/Knafeh ini adalah hidangan penutup Timur Tengah yang terbuat dari adonan filo yang diparut, isian keju manis, dan di atasnya diberi sirup rasa air mawar.

Mengutip Acadofchoc, kunafa adalah makanan penutup tradisional Timur Tengah yang populer di negara-negara seperti Lebanon, Turki, Yordania, dan Palestina. Kunafa adalah kue manis yang dibuat dengan untaian adonan kue tipis seperti mi yang disebut kataifi, diisi dengan krim keju atau dimaniskan dengan sirup gula.

Kunafa terkenal karena memiliki kombinasi tekstur dan rasa yang unik, dengan bagian luar yang renyah dan bagian tengah yang lembut dan lengket. Makanan penutup yang unik ini bisa disajikan panas ataupun dingin. 

Baca juga: Resep Nasi Kebuli Ayam, Hidangan Nikmat yang Terinspirasi dari Kuliner Timur Tengah
 

Makanan yang juga dikenal dengan sebutan kanafeh ini disebut telah ada sejak zaman Kekaisaran Ottoman. Kala itu, Kunafa merupakan makanan penutup favorit di kalangan sultan dan anggota istananya. Seiring berjalannya waktu, resep ini menyebar ke seluruh Timur Tengah dan menjadi makanan pokok di banyak rumah tangga dan toko roti. Kunafa biasanya dinikmati pada acara dan perayaan khusus, seperti pernikahan, Idulfitri, dan Ramadan. 

Bahan utama yang digunakan dalam membuat Kunafa antara lain kue Kataifi, yang terbuat dari adonan phyllo yang diparut, dan isiannya berupa keju manis atau sirup gula. Bahan umum lainnya termasuk mentega, gula, air mawar, dan air bunga jeruk. Beberapa variasi kunafa mungkin juga menyertakan kacang-kacangan, seperti pistachio atau almond, untuk menambah tekstur dan rasa.

Seiring waktu, Kunafa juga terdiri dari beberapa variasi, yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri pada resep tradisionalnya. Salah satu variasi yang populer adalah kunafa nabulsi, yang dibuat dengan isian keju putih dan di atasnya diberi sirup gula manis.

Variasi lainnya adalah Kunafa bil jibneh yang menggunakan campuran keju mozzarella dan keju ricotta untuk isiannya. Lalu, ada juga Kunafa bi Ashta yakni versi kunafa yang diisi dengan krim kental manis yang disebut ashta. Kunafa biasanya disajikan hangat, langsung dari oven, dan paling enak dinikmati dengan secangkir kopi atau teh Arab.

Untuk menyantap Kunafa, cukup iris sepotong kue dengan pisau atau garpu dan nikmati lapisannya yang renyah dan manis bersama dengan isian krim keju atau sirup. Beberapa orang suka menaburkan pistachio tumbuk atau sedikit madu di atasnya untuk menambah rasa.

Sebagian dari Genhype mungkin tertarik untuk mencoba membuat kunafa di rumah. Jika ya, berikut adalah resepnya yang bisa kalian coba. 
 

Resep Kunafa 
 

Bahan-bahan:

  • 225 gram kataifi (Kunafa Dough)
  • 200 gram butter (mentega), lelehkan
  • 50 gram pistachio, panggang dan cincang halus
  • 50 gram mentega untuk olesan


Bahan-bahan sirup:

  • 170 gram gula pasir
  • 110 ml air
  • 1 sdm air mawar
  • 1 sdm air lemon


Bahan-bahan isian (qisthoh):

  • 200 ml susu cair
  • 2 sdm gula pasir
  • 125 keju mozzarella
  • 100 gram cream cheese
 
 

Cara Membuat:

  1. Potong kataifi dengan gunting hingga bentuknya seperti mie lalu taruh dalam wadah. Tambahkan lelehan butter lalu aduk hingga tercampur rata, sisihkan.
  2. Siapkan panci lalu masak bahan-bahan sirup. Masak air bersama air mawar, gula pasir, dan air lemon hingga larut. Sisihkan.
  3. Siapkan panci lalu masak semua bahan isian kecuali mozzarella, seperti susu, gula, cream cheese, dan maizena hingga mengental, sisihkan. 
  4. Siapkan loyang lalu olesi dengan mentega. Isi loyang dengan kataifi sampai setengah tinggi loyang, padatkan. Kemudian tambahkan dengan adonan isi, parutan keju mozzarella, dan tutup lagi dengan adonan kataifi. Lakukan hingga habis.
  5. Panaskan oven, kemudian panggang kurang lebih 20 menit dengan suhu 200 derajat celcius hingga kuning keemasan.
  6. Angkat kemudian lepaskan dari cetakan. Siapkan piring saji, lalu beri taburan pistachio dan tuang sirup di atasnya. Kunafa siap dinikmati. 
Baca juga: Mengenal 8 Makanan Populer dari Timur Tengah

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal dan Cara Daftar PPDB Bersama SMP, SMA & SMK di DKI Jakarta Tahun 2024/2025

BERIKUTNYA

Jadwal Final Indonesia Open 2024, Tim China Ada di Seluruh Laga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: