Ilustrasi Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Aplikasi & Game Populer yang Support Apple Vision Pro, Rilis Internasional Juli 2024

03 June 2024   |   15:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hampir empat bulan setelah pertama kali dijual secara terbuka di Amerika Serikat, Apple Vision Pro dikabarkan segera dirilis ke pasar global mulai Juli 2024. Menurut laporan MacRumors, Vision Pro akan diedarkan berkala, dari Inggris, Kanada, China, sebelum akhirnya ke berbagai negara lain.

Saat ini, sejumlah Apple Store di Inggris dikabarkan sudah mulai menerima pengiriman perangkat tersebut dalam jumlah besar. Dalam waktu yang hampir bersamaan, Apple juga bakal mengadakan konferensi pengembang tahunan pada 10 Juni mendatang.

Kemungkinan besar, konfirmasi mengenai perilisan secara global akan dilakukan pada ajang tersebut. Namun, pasar Indonesia mungkin harus sedikit bersabar untuk menerima perangkat berbentuk seperti kacamata ski canggih tersebut. 

Baca juga: Kontroversi Penggunaan Apple Vision Pro di Ruang Publik, Apa Saja yang Perlu Diwaspadai?

Apple Vision Pro memang kini tengah jadi fenomena menarik dalam dunia teknologi. Perangkat ini menghadirkan beragam pengalaman terobosan baru dalam era yang disebut spatial computer. Sebuah perangkat yang menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata. 

Saat ini, sudah lebih dari 600 aplikasi dan game yang dirancang untuk memanfaatkan kemampuan unik dan canggih dari Apple Vision Pro. Jumlah aplikasi dan game yang akan bisa dimainkan diprediksi akan terus bertambah.

Sebab, perangkat ini memiliki kanvas tanpa batas yang membuat sebuah aplikasi dapat berkembang melampaui tampilan tradisional dan memperkenalkan sebuah antarmuka pengguna tiga dimensi yang intuitif.

"Dengan lebih dari 600 pengalaman spasial baru untuk dijelajahi di App Store baru, serta lebih dari 1 juta aplikasi yang kompatibel di iOS dan iPadOS, pengguna dapat menemukan beragam aplikasi yang memperluas batasan dari apa yang mungkin dilakukan. Aplikasi luar biasa ini akan mengubah cara kita menikmati hiburan, musik, dan permainan," tulis Apple di laman resminya.

Di antara ratusan aplikasi dan game yang tersedia, beberapa di antaranya menawarkan pengalaman unik dalam mengonsumsi hiburan maupun saat menjalankan kerja-kerja kreatif. Berikut di antaranya.


1. Disney+

Ilustrasi Disney+ di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Disney)

Ilustrasi Disney+ di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Disney)

Menonton film menjadi pengalaman yang berbeda dengan menggunakan Apple Vision Pro. Salah satu platform streaming film, Disney+, kini sudah tersedia di layanan ini. Menggunakan Dolby Vision dan Multiview High Efficiency Video Coding (MV-HEVC), film 3D di Disney+ akan menghadirkan resolusi UHD luar biasa dalam HDR.

Lingkungan Disney+ juga telah dikembangkan menggunakan format Universal Scene Description (USD). Hal ini akan menciptakan pengalaman 3D yang kompleks, dalam skala besar, di banyak aplikasi, dan secara real-time.

Pengguna dapat menonton puluhan film populer dalam 3D, seperti Avatar: The Way of Water , Avengers: Endgame , Star Wars: The Force Awakens , Elemental , dan Encanto . Judul lainnya, termasuk yang tersedia secara eksklusif untuk pelanggan Disney+, akan diumumkan kemudian.


2. Da Vinci Eye

Ilustrasi Da Vinci Eye di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Ilustrasi Da Vinci Eye di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Aplikasi menarik lain yang ada di Apple Vision Pro adalah Da Vinci Eye. Perangkat lunak ini bisa digunakan untuk menggambar di atas kanvas yang transparan. Tentu, aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna yang memang menekuni bidang gambar.

Di aplikasi ini, pengguna dapat menyesuaikan tingkat transparansi hanya dengan melambaikan tangan. Pengguna juga bisa mengatur kanvas, termasuk mengubah skala, memposisikan ulang bentuknya, hingga proses menggambar hanya dengan jari saja.


3. GUCCI

Ilustrasi GUCCI di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Ilustrasi GUCCI di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Aplikasi Gucci menghadirkan pakaian siap pakai dan aksesori melalui narasi menarik dan fitur inovatif. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengunduh wallpaper, mengambil gambar dengan stiker dan motif, menggunakan Augmented Reality untuk mendekorasi ruangan, hingga mencoba aksesori secara virtual. 

Pengguna juga dapat mencoba aneka hal seru yang ditawarkan lainnya, dari menonton peragaan busana Gucci hingga memainkan game Gucci Arcade. Hal ini membuat berbelanja jadi memiliki pengalaman yang berbeda.


4. DapTap 

Ilustrasi Dap Tap di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Ilustrasi Dap Tap di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

DapTap adalah game bertema irama spasial yang menarik. Melalui dunia dinamis DapTap, pengguna dapat menciptakan pengalaman bermain gim dan bermusik yang lebih seru. Hal ini karena pengguna dapat mengubah ruangan menjadi lingkungan visual yang kreatif. 

Pengguna dapat berinteraksi dengan rangkaian nada terbang menggunakan tangan. Selain itu, sebuah meja yang ada di rumah bisa diubah menjadi keyboard musik dengan DapTap. 


5. Space Vision

Ilustrasi Space Vision di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Ilustrasi Space Vision di Apple Vision Pro (Sumber gambar: Website Apple)

Space Vision merupakan aplikasi interaktif yang menarik tentang dunia kosmos. Melalui aplikasi ini, dunia luar angkasa dapat tervisualisasi dengan apik di dalam kamar. Pengguna dapat mempelajari simulasi tata surya secara mendalam dan lebih dekat.

Aplikasi pendidikan ini dapat membuat pengguna melihat detail benda langit, planet yang megah, hingga jaringan satelit. Space Vision memberikan pemahaman komprehensif tentang eksplorasi dan fenomena luar angkasa. 

Baca juga: Kelakuan Lucu Pengguna Vision Pro Apple, Sesuai Prediksi The Simpsons?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ramai-ramai Artis Naik Kereta, dari Maudy Ayunda Sampai Berusia Jodie

BERIKUTNYA

Biar Sehat, Ini Tip Mengurangi Asupan Lemak, Gula, dan Garam Saat Memasak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: