Mirip YouTube, Instagram Uji Coba Fitur Iklan yang Tak Bisa Diskip
05 June 2024 |
09:01 WIB
Platform media sosial milik Meta, Instagram tengah menguji coba kebijakan barunya terkait tampilan iklan. Sebagaimana diketahui, Instagram membantu menampilkan berbagai iklan sebagai ajang promosi bagi pengguna bisnisnya. Bahkan, platform itu punya fitur untuk promosi lewat iklan berbayar melalui Instagram Ads.
Sebelumnya, iklan yang melewati beranda pengguna bisa dilewatkan atau digulir. Unggahan iklan ini biasanya diselipkan di antara satu konten dengan konten lainnya. Tampilan ini sering muncul baik melalui feed beranda maupun konten Reels. Pengguna yang tak ingin melihat iklan tersebut dapat menggulirnya seperti biasa.
Namun, saat ini Instagram sedang menguji iklan yang tidak bisa dilewatkan oleh penggunanya. Pengujian jeda iklan ini sempat dirasakan oleh beberapa pengguna Instagram pada Selasa (4/6/2024). Sejumlah pengguna melaporkan jeda iklan yang tidak bisa di-skip. Beberapa pengguna harus berhenti sejenak menggulir beranda dan melihat iklan dalam waktu tertentu.
Baca juga: Cara Menambahkan Video Dalam Fitur Note Instagram
Mereka mengaku tak bisa menggulir beranda sebelum menyelesaikan iklan dalam waktu tertentu tersebut. Pengguna menemukan ikon ‘ads’ lengkap dengan waktu hitung mundur. Adapun, waktu itu menunjukkan berapa lama pengguna harus menunggu dan menyaksikan iklan sebelum bisa kembali menggulir laman beranda.
Kepada media The Verge, juru bicara Instagram Matthew Tye mengonfirmasi bahwa platform memang sedang melakukan uji coba jeda iklan tersebut. Dalam keterangannya, Tye menyebut akan segera memberikan pembaruan (update) untuk Instagram jika uji coba ini berhasil. Menurutnya, uji coba ads ini dilakukan sebagai bentuk benefit baru bagi para pengiklan.
Instagram juga melengkapi uji coba ini dengan sejumlah keterangan tertulis. Pengguna yang mengklik ikon ads akan menjumpai informasi bahwa jeda iklan tersebut merupakan cara baru untuk melihat iklan di Instagram. “Terkadang Anda mungkin perlu melihat iklan sebelum dapat terus menjelajah,” demikian tulisan dalam keterangan iklan tersebut.
Langkah yang diambil Instagram ini mengingatkan pengguna pada platform YouTube. Sebelumnya, aplikasi video milik Google memuat iklan dengan fitur skip. Kini, sebagian iklan YouTube ditampilkan tanpa bisa dilewatkan.
YouTube pun pernah memanjangkan durasi iklan tanpa skip hingga 30 detik pada 2023. Selain itu, iklan YouTube juga sering tampil dalam format layering atau terdapat 2-3 kali iklan sebelum video tayangan dimulai. Kebijakan ini juga sempat mendapat suara kontra dari penggunanya, sebelum perusahaan memutuskan tetap melangsungkan aturan ini.
Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Berbagi Status ke Instagram
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Syaiful Millah
Sebelumnya, iklan yang melewati beranda pengguna bisa dilewatkan atau digulir. Unggahan iklan ini biasanya diselipkan di antara satu konten dengan konten lainnya. Tampilan ini sering muncul baik melalui feed beranda maupun konten Reels. Pengguna yang tak ingin melihat iklan tersebut dapat menggulirnya seperti biasa.
Namun, saat ini Instagram sedang menguji iklan yang tidak bisa dilewatkan oleh penggunanya. Pengujian jeda iklan ini sempat dirasakan oleh beberapa pengguna Instagram pada Selasa (4/6/2024). Sejumlah pengguna melaporkan jeda iklan yang tidak bisa di-skip. Beberapa pengguna harus berhenti sejenak menggulir beranda dan melihat iklan dalam waktu tertentu.
Baca juga: Cara Menambahkan Video Dalam Fitur Note Instagram
Instagram is testing unskippable ads for some users
— CediRates (@CediRates) June 3, 2024
The feature is called "ad break" and stops you from scrolling until it ends pic.twitter.com/JJ6YBQOTyQ
Kepada media The Verge, juru bicara Instagram Matthew Tye mengonfirmasi bahwa platform memang sedang melakukan uji coba jeda iklan tersebut. Dalam keterangannya, Tye menyebut akan segera memberikan pembaruan (update) untuk Instagram jika uji coba ini berhasil. Menurutnya, uji coba ads ini dilakukan sebagai bentuk benefit baru bagi para pengiklan.
Instagram juga melengkapi uji coba ini dengan sejumlah keterangan tertulis. Pengguna yang mengklik ikon ads akan menjumpai informasi bahwa jeda iklan tersebut merupakan cara baru untuk melihat iklan di Instagram. “Terkadang Anda mungkin perlu melihat iklan sebelum dapat terus menjelajah,” demikian tulisan dalam keterangan iklan tersebut.
Instagram is reportedly testing unskippable ads
— Danish (@kohkun654) June 4, 2024
The 'ad break' requires users to wait a set amount of time before they're allowed to scroll again pic.twitter.com/jrmds1Urju
Langkah yang diambil Instagram ini mengingatkan pengguna pada platform YouTube. Sebelumnya, aplikasi video milik Google memuat iklan dengan fitur skip. Kini, sebagian iklan YouTube ditampilkan tanpa bisa dilewatkan.
YouTube pun pernah memanjangkan durasi iklan tanpa skip hingga 30 detik pada 2023. Selain itu, iklan YouTube juga sering tampil dalam format layering atau terdapat 2-3 kali iklan sebelum video tayangan dimulai. Kebijakan ini juga sempat mendapat suara kontra dari penggunanya, sebelum perusahaan memutuskan tetap melangsungkan aturan ini.
Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Berbagi Status ke Instagram
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Syaiful Millah
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.