Pengguna IG dapat menambahkan video dalam catatan yang dibuat (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ energepic.com)

Cara Menambahkan Video Dalam Fitur Note Instagram

18 December 2023   |   13:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi pengguna Instagram. Salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia itu memiliki fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan video di dalam note atau catatan yang dibagikan, sehingga lebih seru. 

Dikutip dari laman Help Center Instagram, note atau catatan memberikan pengguna media sosial Instagram ruang pribadi untuk memberikan informasi terkini dan opini sebagai pos singkat dengan orang tertentu. “Anda bisa membagikan catatan hingga 1 catatan dengan orang lain di kotak masuk Inistagram Anda,” demikian tulis Instagram.

Baca juga: WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Berbagi Status ke Instagram

Laman tersebut menuliskan bahwa video yang ditambahkan ke dalam catatan memiliki durasi 2 detik. Pembuat catatan dan orang yang menerimanya dapat melihat catatan di bagian atas kotak masuk hingga 24 jam.

Setelah itu, catatan akan tidak terlihat lagi di media sosial tersebut. Meskipun begitu, seseorang dapat tetap menghapusnya lebih cepat dengan cara mengetuknya dan memilih perintah bertuliskan hapus catatan.

“Jika seseorang membalas catatan Anda, balasannya akan memulai obrolan pribadi antara Anda dan dia. Orang lain tidak bisa melihat siapa yang sudah melihat atau membalas catatan Anda,” tulis Instagram.

Instagram mengingatkan bahwa catatan yang dibagikan oleh pengguna ke pengguna lainnya harus mengikuti pedoman komunitas yang sudah ditetapkan. Saat catatan dilaporkan, media sosial itu menyebut memiliki fitur dan peninjau untuk mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus konten yang melanggar.

“Bahkan setelah 24 jam, ketika catatan tidak lagi terlihat, catatan mungkin perlu menjalani proses tinjauan tambahan. Pelajari selengkapnya tentang proses tinjauan konten dan cara mengajukan banding atas keputusan konten Instagram,” tulisnya.

Selain menambahkan video, pengguna Instagram juga bisa menyebutkan seseorang dalam catatan yang dibuat. Penyebutan pengguna lainnya dapat terjadi ketika pengguna itu mengizinkannya. 

Genhype juga dapat menambahkan musik dalam catatan yang dibuat di media sosial instagram. Namun, catatan dengan musik ini tidak tersedia di semua negara. Dengan kata lain, hanya pengguna di sejumlah negara saja yang bisa menggunakan fitur tersebut. 

Selain itu, pengguna media sosial instagram juga memasukkan kata berisi maksimal 60 karakter ke dalam catatan yang hendak dibuat.

Pengguna media sosial Instagram harus melalui sejumlah langkah untuk mengirimkan catatan dengan video, musik, atau menyebut orang lain.

Pertama, yang harus dilakukan oleh pengguna media sosial itu adalah dengan masuk ke Instagram.

Kedua, ketuk tanda panah atau pesan di kanan atas beranda.

Ketiga, ketuk foto profil. Kemudian, ketuk gambar kamera yang tersedia di sekitar foto profil.

Keempat, adalah dengan menekan tombol untuk merekam. Pengambilan video untuk catatan itu akan menggunakan kamera depan.

Proses pengguna media sosial Instagram menambahkan video dalam catatan yang dibuat di gawai pintar dengan sistem operasi android sama dengan pengguna smartphone dengan sistem operasi iOS atau iPhone.

Baca juga: 20 Kata-Kata Bijak Buat Penyemangat Hari Senin dan Cocok Jadi Caption Instagram

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Wih Ada 61 Juta Jomblo di Indonesia, Terbanyak di Asia Tenggara

BERIKUTNYA

Meneropong Geliat Konser Musik 2024 di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: