Ilustrasi wajah cerah alami (Sumber foto: freepik/jcomp)

Sehat dan Natural, Ini 5 Tip Agar Wajah Glowing Alami Tanpa Skincare

05 June 2024   |   12:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Hampir semua orang, terlebih para wanita, menginginkan kulit wajah yang cerah dan mulus. Hal ini adalah impian bagi banyak orang, karena kulit yang sehat dan berseri dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan rasa senang tersendiri. 

Salah satu kunci untuk memiliki kulit wajah yang bersih dan bersinar adalah melakukan perawatan secara konsisten. Produk-produk seperti pelembap, serum, dan krim wajah memang dapat meningkatkan penampilan kulit.

Namun, memperoleh kulit yang berseri tanpa harus menggunakan produk-produk tersebut juga bisa dilakukan. Rahasianya adalah dengan melakukan gaya hidup yang sehat dan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh serta kulit. Lantas bagaimana caranya mendapatkan kulit cerah tanpa harus menggunakan produk perawatan wajah? Simak artikel berikut. 

Baca juga: Tiga Kandungan Alami Bikin Kulit Sehat dan Glowing

Ilustrasi wajah cerah alami (Sumber foto: freepik/diana.grytsku)

Ilustrasi wajah cerah alami (Sumber foto: freepik/diana.grytsku) 

1. Minum air yang cukup

Selain untuk membuat tubuh agar tetap sehat dan terhidrasi, minum air yang cukup juga dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan mencegahnya dari kulit kering. Tak hanya itu, air dapat membantu kulit tetap elastis dan kenyal yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. 

Manfaat lainnya dari minum air yang cukup adalah membantu membuang penumpukan racun dari tubuh, yang dapat berkontribusi pada munculnya jerawat atau kulit kusam. Penting juga untuk minum lebih banyak air setiap hari, terutama pada hari-hari yang panas atau saat berkegiatan.  


2. Olahraga

Olahraga secara rutin dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga sel-sel kulit mendapatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang membuat kulit lebih bercahaya. Seperti minum air, olahraga juga membantu membuang limbah dan racun dari tubuh yang bisa membuat kulit terlihat lelah dan kusam. 

Usahakan untuk berolahraga secara rutin setiap minggu dengan melakukan latihan kardio atau latihan kekuatan.


3. Konsumsi makanan yang sehat

Dilansir dari Mayo Clinic, mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kadar vitamin dan antioksidan dalam tubuh.

Meskipun hingga saat ini belum ada penjelasan pasti mengenai hubungan antara pola makan dengan jerawat, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan atau suplemen minyak ikan serta mengurangi lemak tidak sehat dan karbohidrat olahan dapat membantu kulit terlihat lebih muda.
 

4. Kelola stres

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, mengelola stres juga menjadi hal yang penting dalam membuat wajah menjadi lebih cerah secara alami. Stres dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu jerawat muncul serta masalah kulit lainnya.

Untuk menjaga kulit tetap sehat, kelola stres dengan menerapkan tidur yang cukup, buat to do list agar lebih teratur, dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kalian suka. 


5. Penggunaan suhu air yang tepat

Selanjutnya penggunaan suhu air yang tepat untuk membasuh wajah. Air yang terlalu panas bisa menghilangkan minyak alami kulit, sedangkan air yang terlalu dingin mungkin saja tidak membersihkan kulit dengan baik. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan air hangat agar kulit tetap bersih dan terhindar dari kerusakan. 

Baca juga: Baca juga: 5 Kiat Punya Kulit Glowing Ala Artis Korea Selatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menilik Proses Kreatif di Balik Sinematografi Bawah Air Memukau ala Sineas Rich Rifici

BERIKUTNYA

Mirip YouTube, Instagram Uji Coba Fitur Iklan yang Tak Bisa Diskip

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: