Tampilan status WhatsApp. (Sumber foto: WhatsApp Blog)

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Berbagi Status ke Instagram

04 December 2023   |   16:00 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Aplikasi berkiram pesan yang populer, WhatsApp, tengah mengembangkan fitur terbarunya untuk update mendatang salah satunya kini bisa membagikan status pengguna langsung ke aplikasi Instagram. Fitur-fitur ini dirancang untuk membuat aplikasi lebih ramah pengguna dan interaktif.

WhatsApp nantinya akan memungkinan pengguna untuk berbagi pembaruan status dari aplikasi ke platform Instagram ataupun aplikasi media sosial lainnya yang dikelola META. Ini adalah salah satu fitur yang paling dinanti karena pengguna tidak perlu membuat konten terpisah untuk platform yang berbeda. 

Baca juga: Fitur Privasi WhatsApp Belum Dimanfaatkan Secara Maksimal, Begini Cara Mengaturnya

Dilansir melalui WaBetaInfo, fitur baru ini terlihat pada Android versi beta (2.23.25.20) dan masih dalam tahap pengembangan. Fitur baru ini bersifat opsional, artinya Genhype dapat memilih untuk mengaktifkannya atau tidak, hal ini memberi pengguna kendali atas konten yang ingin mereka bagikan di platform media sosial lainnya. 

WaBetaInfo mencatat bahwa fitur tersebut dirancang untuk menghemat waktu bagi pengguna yang ingin berbagi konten yang sama baik di WhatsApp maupun Instagram. Fitur lainnya yang diberitahu sedang dikerjakan oleh WhatsApp adalah pencarian berdasarkan nama pengguna, pada dasarnya akan memungkinkan pengguna untuk mencari pengguna lain berdasarkan nama pengguna mereka.

Hal ini akan memudahkan pengguna menemukan dan terhubung dengan orang-orang, khususnya mereka yang mungkin tidak anda kenal melalui nomor teleponnya. Di sisi lain, fitur tersebut juga akan memberikan anonimitas kepada pengguna yang tidak ingin mengungkapkan nomor telepon mereka.

Hal ini bermanfaat bagi mereka yang mengutamakan privasi dan ingin kontrol lebih besar atas informasi pribadinya, dan bersifat opsional sehingga memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memilih apakah akan menggunakan fungsi ini.

Tidak hanya itu, fitur lainnya yang sedang dikembangkan dan bersifat opsional untuk pembaruan mendatang adalah fitur status teks baru dengan empat opsi menghilang yakni 24 jam, 3 hari, 1 minggu, dan 2 minggu. Fitur ini membuat pengguna bisa mengatur kapan pembaruan statusnya akan terpajang.

Perlu diketahui, memperbarui WhatsApp ke versi terbaru tidak hanya memberikan akses ke fitur baru dan perbaikan, tetapi juga memastikan bahwa aplikasi pengguna memiliki versi keamanan terbaru. Hal ini penting untuk melindungi data pribadi pengguna dan menjaga komunikasi tetap aman.

Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan fungsi kode rahasia sebagai langkah tambahan perlindungan, sehingga chat lebih sulit ditemukan oleh orang yang memiliki akses ke ponsel kamu atau saat kamu berbagi ponsel dengan orang lain. Belum diketahui kapan pastinya fitur ini akan bisa diakses oleh semua penggun, tapi pihak WhatsApp memastikan akan mengeluarkannya dalam beberapa bulan mendatang karena masih dalam tahap pengembangan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

The Last Of Us Season 2 Siap Diproduksi Februari 2024

BERIKUTNYA

Refleksi Mitologi & Sejarah Perupa Kei Imazu dalam Pameran Unearth

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: