Raisa Andriana (Sumber gambar: Poplicist Publicist)

Film Harta Tahta Raisa, Kisahkan Perjalanan Awal Karier Hingga Konser di GBK

31 May 2024   |   14:23 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi Raisa Andriana mengabadikan perjalanan karier bermusiknya dalam film dokumenter berjudul Harta Tahta Raisa. Film Garapan rumah produksi Imajinari Pictures dan Juni Records ini disutradarai Soleh Solihun, dijadwalkan tayang di bioskop pada 6 Juni 2024. 

Tanggal tersebut dipilih sebagai momen perilisan film bukanlah tanpa alasan. Sebab, 6 Juni bertepatan dengan hari kelahiran Raisa. Selain itu, secara umum tahun ini Raisa juga tengah menapaki dekade kedua kariernya di dunia musik. Ini juga menjadi semacam perayaan setelah dirinya sukses menjadi solois perempuan pertama Indonesia yang bisa konser di GBK. 

Baca juga: Produser Ungkap Ide Film Harta Tahta Raisa yang Bakal Rilis 6 Juni 2024
 

konferensi pers Harta Tahta Risa (Sumber gambar: Poplicist Publicist)

konferensi pers Harta Tahta Raisa (Sumber gambar: Poplicist Publicist)

Lantaran film ini hadir dengan format dokumenter, Harta Tahta Raisa akan jadi tontonan yang jujur, tetapi sekaligus penuh dengan sisi emosional. Film ini tak hanya menceritakan gilang gemilangnya sang diva saat tampil di atas panggung.

Namun, film ini juga menampilkan sisi rapuh dari seorang penyanyi bernama Raisa, dari rasa kecewa, frustasi, hingga sedih yang membuatnya berlinang air mata. Semua itu terekam dalam film yang berdurasi 1 jam 46 menit tersebut.

Raisa mengatakan selama ini sisi-sisi terdalam dirinya memang belum banyak dibuka untuk publik. Hal ini lantaran dirinya memang bukanlah anak yang suka ngonten. Namun, di film ini, semuanya akan terungkap.

Sebab, ada kamera yang kerap kali mengikuti kegiatannya di detik-detik menuju konser megahnya di GBK. Namun, kata Raisa, semua yang tertampilkan di film merupakan hal yang natural terjadi begitu saja.

“Aku juga enggak ada niatan kayak ‘ah, hari ini nangis deh’, itu enggak begitu. Namun, memang di dokumenter itu yang paling mahal itu ya sisi vulnerable itu sih,” ungkap Raisa dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Raisa mengatakan semua yang terjadi di film ini memang sangat organik dan jujur. Bahkan, menurutnya, tidak ada kegiatan yang benar-benar di-setting untuk menunjukkan intensi tertentu. Fungsi kamera hanya untuk merekam apa yang sudah lama terjadi dan menjadi kebiasaan dirinya.

Misalnya, momen ketika dirinya dan manajernya, Adryanto Pratono, yang bertemu sehari setelah konser tunggalnya di GBK di sebuah kafe. Momen ini adalah hal yang selalu dilakukannya setelah konser berakhir. Hanya, kali ini ada kamera yang merekam.

“Jadi, memang film ini sangat jujur dan sangat asli. Jadinya, itulah yang bikin ini spesial buat kami,” imbuh perempuan yang sore itu memakai blouse shiffon berwarna merah tersebut.

Produser Harta Tahta Raisa Dipa Andika menambahkan selain secara khusus menyoroti momen-momen di balik “Raisa Live in Concert GBK”, dokumenter ini juga banyak tersaji drama-drama kehidupan yang tanpa scripted. Hal ini membuat penonton juga akan masuk ke dalam kehidupan yang sesungguhnya dari Raisa. 

“Dokumenter adalah suatu karya yang tidak scripted. Drama saat produksi dan drama asli, tentu ada di film ini. Untuk menggarap film ini, Imajinari juga mencoba mengumpulkan footage sebanyak mungkin termasuk membereskan kepemilikan rights-nya,” ujarnya.
 

Dipa mengatakan, secara linimasa, dokumenter ini sebenarnya menjadi film kedua Imajinari. Namun, karena pembuatan dokumenter membutuhkan proses yang panjang, perilisannya kemudian terjadi baru pada sekarang ini.

Menurutnya, dokumenter Harta Tahta Raisa sudah mulai pada tahap syuting sejak 2022. Film ini kemudian mulai mengikuti berbagai momen penting yang terjadi pada Raisa hingga konser di GBK berlangsung.

Kini, momen-momen istimewa selama rangkaian perjalanan bersejarah ini akan segera bisa ditonton publik. Film dokumenter Harta Tahta Raisa bakal tayang di bioskop mulai 6 Juni 2024. 

Baca juga: Film Dokumenter Petenis Roger Federer Tayang 20 Juni 2024 di Prime Video

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Game-game yang Diungkap di State of Play Mei 2024, Ada Dynasty Warriors Origins 

BERIKUTNYA

Riset: Penjualan Sunscreen di E-Commerce Catat Pertumbuhan Paling Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: