Still film Badarawuhi di Desa Penari (Sumber gambar: X/kknmovie)

Daftar Film Adaptasi dari Utas Media Sosial, Ada yang Terlaris Sepanjang Masa

30 May 2024   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ide untuk membuat film bisa datang dari mana saja, termasuk dari utas di media sosial. Cerita yang sudah terkenal lebih dahulu sebelum tayang di bioskop membuat karya yang akan dihasilkan memiliki peluang lebih besar dalam menarik penonton.

Film adaptasi dari utas atau thread di media sosial tercatat telah menunjukkan keberhasilannya dalam membuat pencinta film Indonesia datang ke bioskop untuk menyaksikannya. Di antara film tersebut, KKN di Desa Penari adalah yang paling sukses.

Film karya sutradara Awi Suryadi itu berhasil menjadi film paling laris di Indonesia sepanjang masa. Laman filmindonesia.or.id mencatat bahwa jumlah penonton yang datang ke bioskop untuk menyaksikannya mencapai 10.061.033 orang.

Baca Juga: Wow, KKN di Desa Penari Tembus 10 Juta Penonton

Kisah KKN di Desa Penari pernah viral pada 2019. Pada saat itu, akun media sosial twitter @SimpleMan membuat pos tentang cerita horor sejumlah mahasiswa yang tengah melakukan KKN di di sebuah desa yang bernama Desa Penari.

Cerita itu pun di-retweet sebanyak puluhan ribu kali dan mendapatkan ratusan ribu kali suka dari para pengguna media sosial yang identik dengan logo X tersebut.

Film yang diangkat oleh para sineas dari utas media sosial sebenarnya tidak hanya KKN di Desa Penari saja. Tercatat, ada sejumlah  karya yang juga berasal dari thread media sosial. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film-film yang berasal dari utas media sosial.

 

KKN di Desa Penari

 

Cuplikan film KKN Di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)

Cuplikan film KKN Di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)


KKN di Desa Penari menjadi salah satu film adaptasi yang berasal dari cerita utas di media sosial yang viral. Film yang mendapatkan arahan dari sutradara Awi Suryadi itu dibintangi oleh aktor dan aktris seperti Achmad Megantara, Calvin Jeremy, Aghniny Haque, Tissa Biani, Adinda Thomas, dan M Fajar Nugraha.

 

Badarawuhi di Desa Penari


Film lain yang juga berasal dari utas viral di media sosial adalah Badarawuhi di Desa Penari. Karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Kimo Stamboel itu juga berasal dari thread media sosial akun twitter simpleman.

Badarawuhi di Desa Penari adalah prekuel film KKN di Desa Penari. Berdasarkan laman filmindonesia.or.id, film ini berhasil mendapatkan penonton sebanyak 4 juta orang, sehingga membuatnya menjadi salah satu film paling laris pada 2024.

 

Di Ambang Kematian


Di Ambang Kematian menjadi film hasil utas viral di media sosial. Rilis pada tahun lalu, karya yang mendapatkan arahan dari Azhar Lubis itu menjadi terlaris nomor dua di antara film yang rilis pada 2023.

Film yang berasal dari utas akun media sosial twitter Jeropoint itu berhasil membawa 3.302.547 penonton ke bioskop pada tahun lalu.

 

Sewu Dino

 

Sewu Dino (Sumber gambar: IG/sewudinomovie)

Sewu Dino (Sumber gambar: IG/sewudinomovie)



Utas lain dari Simpleman yang dijadikan film dengan judul Sewu Dino juga berhasil menarik minat para pencinta karya di dalam negeri. Pada tahun lalu, karya yang dibintangi oleh Marthino Lio, Rio Dewanto, dan Mikha Tambayong itu menjadi yang paling laris pada 2023 dengan 4.891.469 penonton.

 

Lembayung


Lembayung yang sedang digarap oleh Tiger Wong Entertainment juga berasal dari utas media sosial twitter saturnrushx. Pada saat itu, sang akun memberikan judul utasnya dengan nama Jin Poli Gigi.

Dalam akun media sosial instagram Tiger Wong Entertainment, film tersebut akan tayang pada 2024. Akun itu juga sudah mengunggah poster tentang film dengan genre horor.

Baca Juga: Film Lembayung Tayang 2024, Angkat Kisah Thread Twitter Horor Viral 'Jin Poli Gigi'

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Iwan Fals & Gaung Merah SeGALAnya Siap Hadir di 25 Kota, Cek Daftarnya

BERIKUTNYA

Tips Peregangan di Kantor untuk Atasi Encok dan Pegal Linu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: