Para pemain & kru film Temurun dalam acara press screening di XXI Epicentrum Kuningan Jakarta, Senin (27/5/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Film Temurun Eksplorasi Kisah Horor dengan Isu Keluarga Disfungsi

27 May 2024   |   22:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dunia perfilman Indonesia terus diramaikan dengan sinema horor. Terbaru, ada film Temurun yang diproduksi oleh Sinemaku Pictures dan Legacy Pictures. Temurun menyajikan kisah horor dengan penuh drama, misteri, dan rahasia berdarah yang membawa bencana dalam kebahagiaan sebuah keluarga pengusaha daging. 
 
Horor yang dihadirkan oleh film Temurun bergerak dari cerita drama tentang keluarga yang disfungsional, hingga membawa penonton pada kisah yang penuh teror dan sadis. Seperti judulnya, Temurun mengeksplorasi kisah horor yang berangkat dari rahasia besar sebuah keluarga pengusaha daging yang ternyata secara turun-temurun mewariskan pesugihan iblis. 

Baca juga: Teaser Trailer Lembayung Dirilis, Film Horor dari Thread Viral Jin Poli Gigi
 
Vontian Suwandi selaku penulis naskah mengatakan kisah dan drama keluarga yang dihadirkan di film ini merupakan realitas yang sering ditemui di kehidupan masyarakat, mulai dari soal konflik antar adik-kakak hingga soal warisan keluarga yang diturunkan kepada generasi yang lebih muda. 
 
"Jadi keluarga yang disfungsional di film ini sebenarnya mewakili banyak orang di luar sana, yang mungkin tertekan dengan apa yang harus mereka warisi, dan apa yang harus mereka terima tanpa concern mereka. Jadi itu perspektif saya untuk soal keluarga di film ini," katanya kepada Hypeabis.id di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Senin (27/5/2024).
 
Umay Shahab selaku produser menuturkan premis utama dari film Temurun ialah generational issue. Hal itu berangkat dari pandangannya bahwa apa yang orang-orang lakukan hari ini juga berdampak untuk generasi berikutnya pada masa mendatang. Begitupun semua hal yang dialami orang-orang hari ini, bisa aja merupakan hasil dari apa yang telah dibangun generasi sebelumnya.
 
"Jadi bagaimana kita sebagai manusia juga harus menjaga atas apa yang kita lakukan, tindak tanduk kita itu juga penting untuk dijaga demi anak cucu di tahun-tahun berikutnya," katanya. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@sinemaku.pictures)


Temurun merupakan film ketiga sekaligus horor perdana yang digarap oleh Sinemaku Pictures, setelah merilis dua film drama yakni Kukira Kau Rumah (2021) dan Ketika Berhenti di Sini (2023). Film Temurun juga menjadi karya perdana Sinemaku Pictures yang tidak disutradarai oleh Umay Shahab maupun diperankan oleh Prilly Latuconsina.
 
Terkait hal itu, Umay menyampaikan pihaknya ingin membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi talenta perfilman baru, khususnya dari kalangan anak muda untuk berkarya. Lantaran digarap oleh para talenta muda, dia berharap film Temurun dapat menghadirkan relevansi yang mampu mengejutkan penonton horor Indonesia terutama dari kalangan anak muda.
 
Selain itu, kolaborasi dengan Inarah Syarafina sebagai sutradara di film ini juga menjadi dukungan Sinemaku Pictures untuk mendorong regenerasi sutradara perempuan di Tanah Air. "Kami ingin bersenang-senang dengan cara kami serta bisa berkolaborasi dan berpartisipasi di industri perfilman ini lebih besar dan kuat lagi," ucapnya.
 
Temurun juga menjadi debut Inarah Syarafina menjadi sutradara. Inarah mengungkapkan bekerja sama dengan para aktor muda dan aktor senior dalam film ini memberinya pengalaman dalam debut penyutradaraannya. Dia pun berharap penonton bisa menikmati suguhan segar dari film horor yang memiliki kedekatan dengan masyarakat Indonesia.
 
"Saya merasa senang karena di film Temurun semuanya sangat membantu. Kerja kolaborasi dengan seluruh departemen kru dan aktor di film ini membuktikan bahwa industri film kita juga berjalan dengan baik lewat kesempatan dan ruang yang diberikan pada anak-anak muda," ujarnya.
 

Mengangkat genre horor-drama, film Temurun berkisah tentang adik-kakak bernama Dewi (diperankan oleh Yasamin Jasem) dan Sena (Bryan Domani), yang dijemput oleh sang ayah untuk tinggal bersamanya di kota setelah meninggalnya sang ibu akibat kelalaian Sena. Mereka diminta untuk mewariskan perusahaan produksi daging milik keluarga.
 
Tiba di sebuah rumah, Dewi dan Sena dikenalkan kepada nenek kandung mereka, Gayatri (Jajang C. Noer). Keduanya juga diberikan pekerjaan yakni Sena pada bagian produksi daging dan Dewi pada bagian administrasi. Dewi menemukan sedikit kenyamanan pada nenek Gayatri, sedangkan Sena terus berusaha untuk mendapatkan kasih sayang ayahnya.
 
Namun, akibat menemukan tanda-tanda pesugihan iblis, Sena mencoba mengajak Dewi kabur. Tapi, Dewi menolak karena dibutakan oleh kehidupan barunya. Akhirnya, Dewi terperangkap dan ternyata dia dipersiapkan untuk ritual keluarganya sebagai wadah baru iblis yang ada di dalam nenek Gayatri.

Lantas apa yang akan terjadi pada Dewi dan Sena? Apakah keluarganya akan mendatangkan bahagia atau bencana? Film Temurun dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air mulai 30 Mei 2024. 

Baca juga: Cerita di Balik Makin Banyak Film Horor Indonesia Tembus Bioskop Mancanegara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rumah Ikonik Home Alone Dijual, Minat? Segini Harganya

BERIKUTNYA

Fotografer Bagikan Tips Hasilkan Foto Ciamik Lewat Ponsel, Auto Jadi Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: