Teaser trailer film Lembayung. (Sumber gambar: Prime Eagle Studios)

Teaser Trailer Lembayung Dirilis, Film Horor dari Thread Viral Jin Poli Gigi

26 May 2024   |   12:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah merilis teaser poster dengan sosok misterius, rumah produksi Prime Eagle Studios akhirnya meluncurkan teaser trailer film horor Lembayung. Cuplikan menampilkan tentang misteri arwah peneror rumah sakit, dan cerita latar belakang dari karakter yang diperankan oleh Yasamin Jasem. 

Teaser berdurasi 1 menit 19 detik itu dibuka dengan karakter Tantri yang diperankan oleh Anna Jobling, dan aktris Asri Welas yang belum diketahui pasti tentang perannya. Tantri tampak sedang dihantui rasa takut dan cemas. Lalu, klip berlanjut menampilkan dua orang petugas rumah sakit yang ketakutan lantaran seorang pasien kedapatan bunuh diri di kamar inapnya.

Klip itu juga menampilkan aktris Yasamin Jasem yang berperan sebagai Arum. Dia beradu akting dengan Daffa Wardhana yang berperan sebagai Dimas. Mereka dikisahkan memiliki hubungan spesial hingga akhirnya Arum hamil. Namun, Arum tidak menginginkan anak itu, hingga memutuskan untuk menggugurkan kandungannya. 

Baca juga: Sinopsis Film Horor Paku Tanah Jawa, Tayang 6 Juni 2024

Arum, yang bekerja sebagai suster rumah sakit diteror sosok perempuan berambut panjang misterius yang diketahui merupakan arwah Tantri. Dia adalah arwah yang meneror Arum dan Pica yang diperankan oleh Taskya Namya. Dalam satu adegan, Tantri tampak sedang duduk di kursi perawatan gigi dengan menampilkan senyuman menyeramkan, diiringi musik latar tempo dulu yang membuat bulu kuduk merinding.

Teaser itu makin membuat penonton penasaran lantaran menampilkan cuplikan sejumlah aktris dan aktor kenamaan Indonesia yang turut membintangi Lembayung, seperti Oka Antara, Arya Saloka, Wulan Guritno, dan Tio Pakusadewo. Selain itu, ada juga Erick Estrada, Dayu Wijayanti dan Ence Bagus.

Klip juga secara misterius menampilkan sosok arwah Arum yang menyeramkan dan tampak tengah meneror Pica di rumah sakit. Teaser ditutup dengan adegan Arum yang tampak mencekik Pica di bathtub, dan dua perempuan itu terdorong ke bagian atas atap kamar mandi. 
 

Lembayung menjadi film kedua besutan Tiger Wong Entertainment, rumah produksi milik Baim Wong. Sebelumnya, Baim bekerja sama dengan sutradara Teddy Soeriaatmadja menggarap film Berbalas Kejam (2023). Kini, aktor berusia 42 tahun itu memberanikan diri untuk turun langsung sebagai sutradara. 

Cerita film Lembayung diangkat dari sebuah utas (thread) viral di platform X berjudul Jin Poli Gigi. Utas tersebut ditulis oleh Pica dengan akun @saturnrushx, yang mengalami kejadian horor saat dia masih menjadi mahasiswa keperawatan.

Kejadian yang ditulisnya di utas tersebut dialaminya bersama sang sahabat, Arum, ketika mereka sedang praktik kerja lapangan (PKL) di unit Poli Gigi suatu Rumah Sakit di kota kecil Jawa Tengah. Utas tersebut lantas viral pada 2022. 

Namun, Pica akhirnya berhenti menulis utas itu karena mengaku trauma atas pengalaman menyeramkan yang kerap dia alami. Adapun, skenario film Lembayung ditulis oleh Gemati Rahayu dan Baim Wong. 
 
President Director MNC Pictures Titan Hermawan mengatakan film Lembayung ingin menghadirkan kisah horor yang berbeda dan memiliki kedekatan cerita dengan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengakuan dari warganet, yang mengalami kejadian serupa seperti yang dialami oleh Pica dan Arum. Utas itu pun makin viral ketika diangkat menjadi konten siniar (podcast) di YouTube. 

Titan menambahkan pihaknya ingin menghadirkan kisah horor yang mampu memancing rasa ingin tahu penonton. Menurutnya, cerita yang diangkat di film Lembayung terbilang unik, dan memiliki potensi yang sangat besar untuk menarik minat penonton, lantaran cukup jarang film horor mengambil cerita dengan latar rumah sakit. 

"Terlebih ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri. Ketika dituangkan menjadi film layar lebar akan memiliki story telling yang sangat kuat,” katanya.
 

Produser MNC Pictures Emilka Chaidir mengatakan, saat ini dengan semakin terbukanya kesempatan setiap orang untuk menyampaikan cerita, juga membuka peluang untuk mengangkat cerita-cerita baru lewat layar film.

Dia menilai suatu cerita yang berasal dari kisah nyata apalagi utas di media sosial yang sempat viral, pasti akan menjadi kisah yang sangat menarik dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Terlebih, dia memastikan bahwa pemilihan para pemain film Lembayung dilakukan dengan proses casting yang sangat ketat, untuk menyesuaikan kebutuhan karakter cerita.

"Kini adaptasi cerita untuk film tidak saja terbatas berangkat dari buku atau novel. Ensemble cast dengan instant chemistry menjadikan film ini sangat berbeda dengan film-film horor yang pernah ada sebelumnya," ujarnya. 

Berikut daftar pemain film horor Lembayung yang dijadwalkan tayang tahun ini. 
  • Taskya Namya sebagai Pica
  • Yasamin Jasem sebagai Arum
  • Oka Antara sebagai Dokter Ringgo
  • Arya Saloka sebagai Dokter Teto
  • Wulan Guritno sebagai Ayu
  • Anna Jobling sebagai Tantri
  • Paula Verhoeven sebagai Ibu Dimas
  • Daffa Wardhana sebagai Dimas
  • Erick Estrada sebagai Moming
  • Ence Bagus sebagai Heru
  • Tio Pakusadewo sebagai Bapak Teto
  • Dayu Wijayanti sebagai Ibu Arum
  • Mario Maulana sebagai Jeki
Baca juga: Cerita di Balik Makin Banyak Film Horor Indonesia Tembus Bioskop Mancanegara

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Film Terbaik Pat Boonnitipat, Sutradara How To Make Millions Before Grandma Dies 

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang Cannes Film Festival 2024, Anora Bawa Pulang Piala Palme d'Or

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: