Baim Wong (Sumber gambar: Instagram @baimwong)

Cek Lima Sumber Kekayaan Baim Wong

26 July 2022   |   17:11 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Like
Nama Baim Wong beberapa waktu terakhir ini terus menjadi perbincangan pasal pendaftaran hak merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Meski dia mengklaim telah menarik pengajuan, isu kekayaan intelektual tak bertuan makin mencuat.

Berbeda dengan perhelatan pekan mode seperti Jakarta Fashion Week atau Indonesia Fashion Week yang pelaksanaannya digelar di panggung dengan gemerlap lampu dan para model berlenggak-lenggok. Citayam Fashion Week (CFW) adalah istilah yang disematkan untuk fenomena baru di kalangan generasi muda.

Selama beberapa pekan terakkhir anak-anak muda dari wilayah Citayam, Bojong Gede, dan Depok yang berkumpul di kawasan Dukuh Atas Sudirman sambil beradu outfit dengan berbagai gaya dan karakter yang unik.

Baca juga: Begini Kronologi Baim Wong Daftarkan Merek CFW Hingga Akhirnya Pengajuan Dicabut

Nama aktor itu pun banyak disebut setelah warganet mengetahui bahwa ada upaya pengajuan sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap merek Citayam Fashion Week yang mengatasnamakan PT Tiger Wong Entertainment, perusahaan yang didirikan oleh Baim.

Namun, karena tanggapan dari publik yang dingin, Baim akhirnya siap untuk melepas atau menarik kembali pendaftaran merek Citayam Fashion Week di Kemenkumham. Meskipun berdasarkan penelususan di website resmi pdki-indonesia.dgip.go.id hingga Selasa siang (26/7/2022), pengajuan hak merek Citayam Fashion Week atas nama PT Tiger Wong Entertainment masih berstatus dalam proses.

Dengan ramainya pemberitaan tersebut, banyak pihak yang akhirnya bertanya-tanya, dari mana sumber kekayaan Baim Wong? Untuk itu, Hypeabis.id telah merangkum sejumlah bisnis yang dijalankan oleh pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven:


1. Youtube

Selain sebagai seorang artis peran, Baim Wong juga dikenal sebagai seorang youtuber. Bahkan channel YouTube ang dia kelola bersama sang istri, Baim Paula, saat ini menjadi salah satu channel dengan jumlah subscriber terbanyak yakni mencapai 20,8 juta pengikut.

Sejumlah konten yang dia buat pun sering kali viral dan menjadi trending topic, dengan  salah satu jenis konten yang paling sering diunggah adalah mengenai kegiatan berbagi pada sesama. Berdasarkan data dari Social Blade, setidaknya Baim Paula bisa meraup Rp1 miliar dari YouTube


2. PT Tiger Wong Entertainment

PT Tiger Wong Entertainment merupakan salah satu perusahaan yang didirikan Baim pada 2020 yang bergerak di bidang hiburan dan juga menjadi induk dari bisnis yang dikelola Baim termasuk channel YouTube Baim Paula, Bapau Family, dan Baby Kiano Tiger Wong.

Pada April 2022, perseroan mendapat suntikan dana segar dari Adhya Gorup, milik pengusaha Ricky Wijaya. Salah satu bentuk kerjasama dari keduanya adalah berupa konten animasi Kiano LaLaLa.

Melalui payung usaha ini pula, Baim Wong sempat mendaftarkan hak kekayaan intelektual atas merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham dengan alasan ingin menjadikannya lebih besar lagi. Namun sayangnya, aksi tersebut banyak mendapat kritikan karena dianggap ingin mengambil keuntungan dengan adanya proses komersialisasi


3. Bisnis Kuliner

Selain di dunia hiburan, Baim Wong juga berkecimpung dalam dunia bisnis kuliner. Ada sederet bisnis kuliner yang dia kembangkan mulai dari Bakmi Wong, Donuthing yaitu camilan donat kekinian dengan aneka isian yang manis legit, Johnny Wong Butter yaitu produk mentega lokal, Wong Bara Grill and Seafood, Quinno Gelato Cakes, hingga Ayam Gebug Bapau yang saat ini sudah tersebar di sejumlah wilayah dengan menawarkan paket kemitraan.


4. Bisnis Oleh-Oleh

Selanjutnya, Baim juga berkecimpung dalam bisnis oleh-oleh dengan menghadirkan camilan khas Jogja yaitu Bakpia Wong Jogja. Tidak hanya menjual bakpia, gerai yang berlokasi di Jl, Hos Cokroaminoto, Yogyakarta tersebut juga menjual aneka batik dengan mengusung merek Batik Wong Jogja yang telah hadir sejak 2018 lalu.


5. Endorsement

Kepopularan Baim Wong di dunia hiburan ini juga dimanfaatkannya dengan menerima endorsement mulai dari produk pakaian, makanan, produk rumah tangga dan lain lain. Apalagi jumlah followers Baim di Instagram sudah mencapai 17,7 juta pengikut. 

Mengutip Raffi Ahmad dalam konten video di channel YouTube RANS, diketahui bahwa dalam sebulan Baim bisa menghasilkan hingga Rp15 miliar dari jasa endorse.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Wow, Teaser Wakanda Forever Ditonton 172 Juta Kali Hanya Dalam 24 Jam

BERIKUTNYA

Ini Manfaat Aerobik Untuk Alzheimer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: