Grup band Maliq & D'Essentials tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Hari Pertama, Maliq & D'Essentials Gebrak Panggung BNI Java Jazz Festival 2024

24 May 2024   |   18:45 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Maliq & D'Essentials sukses menghentak panggung BNI Java Jazz Festival 2024 dengan lagu-lagu populer mereka. Grup band asal Jakarta itu sontak menghibur seluruh penonton dengan alunan musik jaz berbalut funk soul yang memanjakan telinga pada Jumat (24/5/24). 

Maliq & D'Essentials tampil sebagai pembuka di Teh Botol Sosro Hall pada pukul 17.30 WIB sebelum penampilan artis utama hari ini, Laufey menggebrak panggung Java Jazz 2024. Mereka melakukan pemanasan dengan membawakan lagu "Dia" yang bernuansa ceria dan memiliki unsur ngebeat yang kental.

Temaram lampu, dentuman drum, dan sesekali tingkah bunyi betotan bas dari Jawa membuat penonton serentak bernyanyi bersama. Latar panggung yang menampilkan lanskap permainan grafis juga membuat aura panggung semakin hangat.

Tanpa mengulur waktu, Angga Puradiredja sang vokalis juga langsung menggeber nomor lagu ikonik mereka, "Sriwedari".  Menggunakan pengiring musik, band asal Jakarta ini juga tampil energik hingga memberi energi yang positif ke penonton. 

Baca juga: Persiapan Marcell Siahaan Tampil di BNI Java Jazz Festival 2024, Bakal Sajikan Konsep Tak Biasa

Angga, tampil dalam balutan kemeja krem bercelana bahan hitam. Kacamata monokrom menghiasi raut wajahnya yang tampak gembira sembari bergerak ritmis di atas panggung. Sedangkan, Indah memakai baju terusan yang didominasi warna biru shimmer, yang membuat dirinya tampil elegan dengan tinggi semampai. 

Belum sampai sepeminuman teh, lengkingan gitar dari Lale langsung menyambar memasuki lagu "Romantis". Tak pelak ratusan penonton di Hall Teh Botol Sosro pun sing a long together, menyanyikan lagu yang belakangan ini meramaikan media sosial itu.

"Mana suaranya Java Jazz 2024. Terimakasih. Semoga Java Jazz ini semakin romantis karena kita sudah ikut sejak 2005. Kalo yang mau loncat-loncat juga enggak apa-apa, yang penting nyanyi yang paling keras,"  tutur Angga dan Indah, dua vokalis utama sebelum menggeber lagu "Senja".

Setelah "Senja", secara berturut-turut grup musik asal Jakarta ini langsung menyajikan langgam-langgam populer seperti "Terdiam" dan "Funkflow". Pada nomor terakhir inilah suara unik dari Indah berhasil membuat penonton berdiri dan berjingkrak serta sesekali menggoyangkan tubuh mereka alih-alih duduk di kursi. 

Setelah tampil kurang lebih 55 menit dari pukul 17.30 hingga 18.25 WIB, grup ini pun menutup aksi mereka dengan lagu favorit para pengunjung, yakni "Semoga", "Himalaya", "Untitled", "Menari", dan "Pilihanku". Kelima lagu ini secara berurutan dinyanyikan penuh gembira oleh para personel dan penonton yang didominasi anak muda itu. 

"Ayo berdiri dan menari semua yang ada di hall ini. Kita menyanyi dan bergembira bersama," teriak Angga yang dengan penuh semangat terus mengajak penonton sejenak melupakan rutinitas yang ada. 
 

Maliq

Grup band Maliq & D'Essentials tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Sebagai informasi, Maliq & D'Essentials pertama kali dibentuk pada 15 Mei 2002 dengan berisikan 9 personel. Perjalanan karier mereka sebagai musisi diawali dengan menjadi band kafe dan hotel berbintang lima di Jakarta, dengan memainkan nomor-nomor musik jaz.

Kini setelah lebih dari satu setengah dekade berdiri, mereka semakin kompak meski hanya menyisakan 6 personel.  Mereka adalah Angga Puradiredja (vokal), Indah (vokal), Ilman (kibor dan piano), Jawa (bas), Lale (gitar), dan Widi (drum) yang selalu menampilkan musik-musik yang rancak.

Kata Maliq sendiri merupakan sebuah konsep dan singkatan dari Music And Live Instrument Quality yang pertama kali digagas oleh Angga dan Widi, yang juga merangkap sebagai produser, komposer, pengaransemen dan penulis lagu. Sementara itu, istilah D'Essentials awalnya adalah sebagai pendukung dari konsep tersebut yang mengacu kepada personel-personel yang lain.

Kini istilah Maliq & D'Essentials telah menjadi suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, walaupun masih banyak orang yang sering salah menyebutkan dengan benar nama grup musik ini. 

Selain Maliq & D'Essentials di hari pertama gelaran Java Jazz Festival 2024 ini juga akan dimeriahkan juga oleh artis Tanah Air seperti Barry Likumahuwa, Salma Salsabil, Teddy Adhitya, dan masih banyak lagi. Sedangkan artis luar negeri yang naik panggung adalah Laufey, Incognito, Jessie Reyez, Ron King Big Band, dan sebagainya.

Baca juga: 27 Penyanyi Jazz Top Dunia Siap Tampil di BNI Java Jazz 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menyaksikan Eksotisnya Batuan Tua di Geosite Batu Runcing Sawahlunto

BERIKUTNYA

4 Sepatu Terunik Keluaran MSCHF

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: