Musisi Marcell Siahaan, Oslo Ibrahim, dan Teza Sumendra tampil dalam konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di Jakarta, Rabu (22/5/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Datang ke BNI Java Jazz Festival 2024

24 May 2024   |   13:52 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Perhelatan BNI Java Jazz Festival 2024 akhirnya dimulai pekan ini, dari Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024). Selama tiga hari penuh, sejumlah musisi ternama, baik dalam negeri maupun mancanegara, siap untuk tampil memanjakan pencinta jazz dengan berbagai lagu dan kolaborasi apik.

Tahun ini, Java Jazz Festival (JJF) akan menghadirkan sekitar 120 pertunjukan yang bakal dibawakan oleh sebanyak 27 musisi internasional serta 77 musisi lokal. Mereka akan tampil secara bergantian dalam 11 panggung di area JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Dengan banyaknya jumlah penampil dan panggung, penonton memang perlu membuat perencanaan yang matang sebelum datang ke JJF 2024. Hal ini dilakukan agar penonton bisa menikmati JJF 2024 sekaligus tidak melewatkan musisi kesayangannya saat tampil nanti.  

Baca juga: 27 Penyanyi Jazz Top Dunia Siap Tampil di BNI Java Jazz 2024
 

Musisi Marcell Siahaan tampil dalam konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Musisi Marcell Siahaan tampil dalam konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di Jakarta, Rabu (22/5/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Tim program Java Jazz Festival 2024, Sandy Widharna, mengatakan menikmati sebuah festival memang berbeda dibanding acara konser biasa. Festival, kata Sandy, identik dengan banyaknya panggung dan artis yang bakal tampil.

Untuk itu, Sandy menyarankan agar penonton yang akan hadir di JJF 2024 membuat semacam itinerary singkat. Isinya dimulai dari perjalanan dari rumah ke festival dan tentu saja menyiapkan daftar penyanyi yang wajib untuk ditonton.

“Jadi, memang dari rumah harus sudah prepare nanti di Java Jazz mau nonton siapa saja. Ini penting ya, karena kalau yang sudah sering pasti tahu, jadwal tampil di Java Jazz itu selalu on time. Jadi, jangan sampai terlewat,” ungkap Sandy kepada Hypeabis.id

Sandy kemudian merinci setidaknya lima hal penting yang harus dipersiapkan sebelum datang ke BNI Java Jazz Festival 2024


1. Akses kendaraan

BNI Java Jazz Festival 2024 digelar di JIEXPO Kemayoran. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa langsung mengarahkan ke JIEXPO Kemayoran dan parkir di area dalam. Lalu, untuk transportasi umum, area ini juga bisa diakses dari beberapa pilihan moda kendaraan.

Untuk Transjakarta, kalian dapat menuju ke halte terdekat dan naik bus menuju Halte Kemayoran Landas Pacu Timur dan Halte JIExpo Kemayoran. Bagi yang menggunakan KRL, bisa naik kereta dan menuju ke stasiun terdekat dari JIExpo Kemayoran, yakni Stasiun Rajawali dan Stasiun Kemayoran.


2. Cek tiket

Sebelum berangkat ke festival, Genhype sebaiknya mengecek tiket terlebih dahulu. Pastikan, tiket yang dibeli sudah sesuai dengan hari tersebut. Kemudian, bagi yang ingin menonton special show, pastikan kalian juga sudah mendapatkan tiket tersebut. Sebab, ini adalah dua jenis tiket yang berbeda. 

Saat ini penjualan tiket BNI Java Jazz Festival 2024 masih dibuka. Untuk tiket harian dijual dengan harga Rp850.000. Sementara itu, tiket terusan selama 3 hari dibanderol dengan harga Rp1,975 juta. Adapun, bagi yang ingin menonton special show, penonton mesti merogoh kocek tambahan sebesar Rp650.000.


3. Atur jadwal menonton

Sandy mengatakan dalam satu hari, akan ada banyak sekali musisi yang tampil. Namun, beberapa dari mereka akan tampil dalam waktu yang bersamaan. Dalam satu waktu, umumnya lima panggung bisa berjalan bersamaan. 

Oleh karena itu, penonton sebaiknya mencatat terlebih dahulu daftar penyanyi yang diincarnya. Pastikan pada jam berapa mereka tampil dan di panggung apa. Jika ada yang rupanya bermain dalam waktu yang bersamaan, penonton pun bisa memilih prioritas sebelum akhirnya menikmati panggung-panggung yang lain. 

Untuk melihat jadwal konser di Java Jazz Festival 2024, Genhype dapat menuju ke laman resmi, yakni javajazzfestival.com

Grup trio KIM (Arsy Widianto, Rachel Rae & Gusty Pratama) tampil dalam konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Grup trio KIM (Arsy Widianto, Rachel Rae & Gusty Pratama) tampil dalam konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).  (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

4. Sisihkan waktu istirahat

Umumnya, panggung BNI Java Jazz Festival 2024 dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Pesta musik baru akan berakhir pada pukul 00.00 WIB. Artinya, penonton bakal menikmati ragam sajian musik selama delapan jam. 

Namun, ada baiknya untuk menyelipkan sesi istirahat di tengah-tengah konser. Hal ini untuk menjaga stamina tubuh. Di lokasi konser juga tersedia area F&B yang bisa dicoba. Lalu, mengunjungi beberapa booth yang terlihat menarik juga bisa jadi salah satu menikmati pengalaman lain di festival ini.


5. Bawa obat-obatan pribadi & barang penting lain

Jika memiliki penyakit bawaan, tentunya obat-obatan pribadi menjadi hal wajib kamu bawa saat ke festival. Walaupun saat ini berada dalam kondisi sehat, alangkah baiknya obat pribadi tetap dibawa untuk mempersiapkan ketika penyakit tiba-tiba kambuh.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa beberapa barang yang dirasa penting, seperti ponsel, powerbank, kamera, maupun jas hujan untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang terkadang berubah. 

Baca juga: Deretan Musisi yang Jadi Highlight di BNI Java Jazz Festival 2024, Cek Daftarnya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Kiat Parenting Jadi Orang Tua di Era Modern

BERIKUTNYA

Grant Williams dan Marques Bolden Ramaikan Jr NBA Indonesia Week, Catat Tanggalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: