Gina Selvina dan Yeon Seung-jay, pemilik channel Youtube Kimbab Family. (Sumber Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

5 Kiat Parenting Jadi Orang Tua di Era Modern

24 May 2024   |   07:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pola asuh sangat penting dalam membentuk karakter anak. Namun, seiring perkembangan zaman yang terus berubah, kegiatan orang tua memperlakukan, mendidik, membimbing, mendisiplinkan, dan melindungi si kecil ini pun mengalami perubahan. 

Jika dulu generasi baby boomers dan milenial mendapatkan pola asuh otoriter ala militer, kini cara tersebut tampaknya sulit diaplikasikan. Mengasuh anak di era modern tentu memerlukan pendekatan yang unik dan fleksibel, terlebih jika si kecil lahir dari dua budaya yang berbeda. 

Baca juga: Pengaruh Gaya Parenting Otoritatif pada Generasi Z, Inspirasi Pola Asuh Kekinian

Seperti yang dilakukan Gina Selvina dan Yeon Seung-jay, pemilik channel Youtube Kimbab Family. Pasangan dua negara Indonesia dan Korea Selatan itu bisa menjadi contoh inspiratif bagaimana orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai budaya yang berbeda kepada anak-anak mereka. 

Dalam keluarga ini, Gina dan Jay menggabungkan unsur budaya Indonesia dan Korea dalam pola asuh mereka, menciptakan lingkungan yang kaya akan nilai-nilai multikultural. Nah, berikut ini tips parenting untuk orang tua modern dari Kimbab Family yang bisa Genhype coba terapkan.
 
 


1. Mengajarkan Budaya yang Berbeda

Kimbab Family menunjukkan bahwa pengenalan dan penghargaan terhadap berbagai budaya bisa dimulai sejak dini. Selama berada di Indonesia, mereka menggunakan bahasa dan budaya Indonesia, sementara di Korea, mereka menggunakan bahasa dan budaya Korea. 

Gina menyebut hal ini membantu anak-anak mereka, yang awalnya berbahasa Sunda sebagai bahasa ibu, untuk cepat beradaptasi dengan bahasa dan budaya Korea. Dia pun kerap berbagi peran dengan suami dalam mengajarkan nilai budaya di keluarga. “Saya bagian mengajarkan budaya Indonesia, Appa-nya bagian bahasa Korea,” ujar Gina tentang pembagian peran dalam pengajaran budaya.


2. Ciptakan Rasa Hormat

Salah satu nilai utama yang diajarkan oleh Kimbab Family adalah rasa hormat. Jay menyampaikan bahwa dia dan istri mengajarkan anak-anak mereka bagaimana cara menghormati orang lain.

Dia percaya kalau mengajari anak cara menghormati orang lain sejak dini, maka secara alami mereka juga akan tahu bagaimana cara menghormati diri mereka sendiri. Saling menghormati pun membuat keluarga mereka menjadi lebih harmonis.
 

3. Jalani Kegiatan dan Tradisi Keluarga

Suji, Yunji, dan Jio, anak dari Gina dan Jay terbilang sangat antusias dengan budaya Indonesia, termasuk ikut serta dalam perayaan 17 Agustus-an. Ketika ditanya tentang tempat tinggal di masa depan, Gina menyebut anak-anak mereka sepakat memilih untuk tinggal di kedua negara, baik Indonesia maupun Korea. 

Baik Gina maupun Jau pun menghormati pilihan anak-anak tersebut. Selain rasa hormat, pasangan ini juga menanamkan pentingnya menghargai pilihan dan cita-cita anak-anak mereka.


4. Siap Hadapi Tantangan

Menjadi figur publik di media sosial juga membawa tantangan tersendiri. Anak-anak Kimbab Family awalnya terkejut dengan popularitas mereka, tetapi kini mereka lebih terbiasa. 

Semua ini berkat peran penting orang tua mereka yang dengan bijaksana menjelaskan kondisi yang ada. Gina dan Jay pun sering memberikan arahan tentang cara menghadapi situasi tersebut.


5. Memelihara Hubungan Keluarga

Parenting yang sukses harus dimulai dari hubungan harmonis suami istri. Gina dan Jay sangat mengutamakan komunikasi dan kebersamaan, seperti meluangkan waktu bersama setiap hari ketika anak-anak sedang di sekolah. 

Mereka juga memastikan untuk melakukan aktivitas sederhana bersama, seperti memasak dan berolahraga. “Kami banyak melakukan hal menyenangkan bersama,” tambah Jay.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Petualangan Berlanjut, Kung Fu Panda Terus Berkembang dengan Cerita yang Lebih Besar

BERIKUTNYA

5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Datang ke BNI Java Jazz Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: