Kamera mirorrless terbaru dari Fujifilm. (Sumber foto: Fujifilm)

Intip Spesifikasi 2 Kamera Digital Mirrorless Terbaru dari Fujifilm, Ringkas Tapi Beringas

23 May 2024   |   17:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pasar fotografi di Indonesia diramaikan dengan kehadiran dua produk kamera digital mirrorless terbaru dari Fujifilm, X-T50 dan GFX100S II. Tampil dengan desain klasik khas merek asal Jepang itu dan warna hitam solid, kedua produk menawarkan kualitas serta fleksibilitas fotografi yang semakin disempurnakan. 

Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Masato Yamamoto mengatakan dua kamera mirrorless yang diluncurkan membawa sejumlah kebaharuan. Kamera X-T50 membawa portabilitas dan kualitas gambar yang mengagumkan, sementara GFX100S II menetapkan standar baru dalam fotografi dengan resolusi tinggi.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Kamera dan Layar Samsung Galaxy Z Flip6

“Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan ragam teknologi fotografi yang menginspirasi masyarakat Indonesia dalam mengembangkan kreativitas,” tuturnya dikutip Hypeabis.id, Kamis (23/5/2024).

Membedah lebih lanjut fitur yang ada pada model X-T50, lini terbaru dari seri X ini terbilang ringkas dan ringan. Kamera mirorrless tersebut dilengkapi dengan sensor X-Trans CMOS 5 HR dan resolusi hingga 40,2MP. Ada pula fitur pencahayaan belakang dengan mesin X-Processor 5 berkecepatan tinggi. 

X-T50 juga dilengkapi dengan fungsi stabilisasi gambar in-body 5-AXIS hingga 7,0 stops dan dial Simulasi Film yang unik. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah mengubah warna gambar sesuai keinginan. 
 

Kamera X-T50. (Sumber foto : Fujifilm)

Kamera X-T50. (Sumber foto : Fujifilm)

Dengan deteksi subjek berteknologi AI dan kemampuan merekam video 6.2K/30P, X-T50 mejadi pilihan bagi para pecinta fotografi dan profesional yang membutuhkan kamera dengan kinerja tinggi. Kamera ini juga mudah dibawa ke mana saja.

Sementara itu, model GFX100S II merupakan edisi terbaru dari kamera digital mirrorless seri GFX. Kamera ini dilengkapi dengan sensor format besar beresolusi hingga 102MP. 

Fujifilm GFX100S II mengintegrasikan sensor GFX 102MP CMOS II dan X-Processor 5 sehingga menghasilkan resolusi gambar dan rentang dinamis yang luar biasa. Dengan bobot bodi sekitar 883 gram, menjadikannya kamera paling ringan dari seluruh seri GFX. 

Sistem deteksi subjek pada seri GFX terbaru ini sudah berbasis AI dan fungsi stabilisasi gambar in-body 5-AXIS hingga 8,0 stops turut disematkan. Dengan ragam fitur tersebut, GFX100S II mampu menangkap berbagai subjek yang bergerak terus-menerus bahkan dalam kondisi pencahayaan minim. 

Kamera ini juga mendukung perekaman video 4K/30P dengan fitur algoritma AF yang mampu melacak subjek dengan akurat. Oleh karena itu, GFX100S II dapat diandalkan untuk produksi video berkualitas tinggi.

Tidak hanya kamera, Fujifilm turut merilis dua lensa terbaru. Pertama, FUJINON XF16-50mmF2.8-4.8 R LM WR yang menawarkan focal range atau rentang jarak fokus dinamis, dari wide-angle hingga telefoto medium. Berbekal desain yang ringkas dan bobot hanya 240 gram, lensa ini menjadi lensa zoom paling ringan di kelasnya. 

Lensa XF16-50mm juga mempertahankan kinerja resolusi tinggi yang kompatibel dengan sensor 40,2 MP dari kamera X-T50. Fujifilm mengklaim desain lensa ini kokoh dan tahan di segala cuaca. Ada pula Sistem inner focus yang didukung motor linear untuk mempercepat dan meningkatkan keakuratan fitur auto fokus.

Lensa terbaru kedua dari Fujifilm yakni GF500mmF5.6 R LM OIS WR. Lensa ini hadir dengan kemampuan super telefoto yang dilengkapi fitur telekonverter untuk memperpanjang jangkauan focal length dari 500mm hingga 700mm. 

Cocok dipasangkan dengan kamera seri GFX, lensa dengan bobot sekitar 1.375gram ini mengombinasikan stabilisasi gambar yang kuat hingga 6.0 stops dan auto fokus untuk menangkap subjek dengan detail serta resolusi tinggi bahkan dari jarak yang jauh. Lensa ini juga diklaim tahan di berbagai cuaca. Cocok untuk fotografi olahraga, satwa liar, dan burung.

Buat para penggemar fotografi yang tertarik dengan kamera digital mirrorless dan lensa terbaru dari Fujifilm, harap bersabar ya. Pasalnya informasi harga dan ketersediaan produk akan diumumkan pada Juni 2024. 

Baca juga: Kiat Memilih & Merawat Kamera Gimbal dari Kreator Konten Mulud Hidayat

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Netflix Rilis Trailer Serial Nightmares and Daydreams, Mendebarkan & Penuh Teka-Teki

BERIKUTNYA

Grup Band Indie Pop Asal Yogyakarta, Grrrl Gang akan Tampil di Festival Musik Have a Nice Trip 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: