Kamera Fujifilm X100VI (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Spesifikasi Kamera Fujifilm X100VI, Tampil Klasik dengan Fitur Kekinian

16 March 2024   |   19:48 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Setelah empat tahun penantian, Fujifilm akhirnya meluncurkan kamera digital Seri X terbarunya, X100VI. Kamera dengan desain ringkas dan ringan ini diklaim menawarkan kualitas gambar yang lebih baik dari seri sebelumnya, dilengkapi dengan teknologi reproduksi warna khas raksasa fotografi asal Jepang itu.

Seri X100 terbilang memiliki market-nya sendiri sejak dirilis pada 2011. Generasi kelima yang meluncur pada 2020 lalu terbilang viral di media sosial, bahkan untuk kamera second-nya ditawarkan lebih dari harga jual pabrik. 

Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Masato Yamamoto menerangkan X100VI memiliki sensor X-Trans CMOS 5 HR terbaru dengan resolusi hingga 40,2MP. Dibekali fitur X-Processor 5, kamera ini dapat memproses gambar dengan kecepatan tinggi dan menghasilkan kualitas gambar serta performa berkualitas.  

Baca juga: Fujifilm Luncurkan Layanan Cetak Foto Via WhatsApp 

Selain itu, fitur stabilisasi gambar in-body hingga 6.0 stops turut disematkan. Dengan desain ringkas dan bobot yang hanya naik tipis dari generasi sebelumnya, X100VI bisa dipakai untuk mengambil foto dan video dalam beragam lanskap dan kebutuhan. 

“Kamera digital ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari fotografer profesional hingga masyarakat umum yang menyukai kreativitas,” ujar Masato saat merilis X100VI di M Bloc, Jakarta, Sabtu (16/3/2024). 

GM Electronic Imaging Fujifilm Indonesia Johanes Rampi menyampaikan kamera digital X100VI memiliki sistem autofokus yang dapat diandalkan termasuk saat merekam subjek yang bergerak terus-menerus. Adanya fitur AF X-Processor 5, membuatnya mampu melacak berbagai subjek dengan akurat.  

“Dengan teknologi kecerdasan buatan deep-learning, para pengguna dapat menangkap kelincahan hewan, burung, mobil, sepeda motor, sepeda, pesawat, kereta, serangga, hingga drone,” tambah Johanes. 

Buat kamu yang tertarik dengan dunia fotografi, berikut keunggulan dari fitur yang dibenamkan pada kamera Fujifilm X100VI.
 

Kamera Fujifilm X100VI (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Kamera Fujifilm X100VI (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

1. Kualitas gambar & kinerja 

Kamera X100VI dilengkapi dengan teknologi sensor X-Trans  CMOS 5 HR back-illuminated dengan resolusi hingga 40,2MP. Sensor ini memiliki struktur piksel yang memungkinkan kamera dapat menangkap lebih banyak cahaya dengan lebih efisien dari seri-seri kamera X100 terdahulu. 

Berbeda dengan seri sebelumnya, X100V dengan ISO 125 yang masih sebagai opsi tambahan, kini ISO 125 menjadi opsi bawaan pada X100VI. Selain itu, jika dikombinasikan dengan lensa 23mmF2.0 yang jago memproses resolusi sensor gambar lebih tinggi, X100VI dapat menghasilkan potret yang tajam dan beresolusi tinggi.

Kamera X100VI juga dilengkapi dengan fitur film simulation (total 20 mode), termasuk mode REALA ACE yang baru untuk menghasilkan gambar dengan berbagai pilihan tonalitas yang khas. Mode REALA ACE menawarkan reproduksi warna yang kaya dengan tonalitas yang high-contrast, sehingga cocok untuk menangkap berbagai jenis subjek di segala situasi. 

Ada pula sistem autofokus untuk merekam subjek yang bergerak terus-menerus. Kamera digital ini dilengkapi fitur AF X-Processor 5 untuk melacak berbagai subjek dengan akurat. Dilengkapi teknologi kecerdasan buatan deep-learning, kamera ini dapat mendeteksi hewan, burung, mobil, sepeda motor, sepeda, pesawat, kereta, serangga, hingga drone
 

2. Jangkauan pengambilan gambar

X100VI menjadi kamera pertama dari Seri X100 yang memiliki fitur stabilisasi gambar in-body atau sistem penstabil 5-AXIS hingga 6.0 stops. Sistem yang baru dikembangkan ini menambah bobot sedikit lebih berat dari generasi sebelumnya X100V.

Ada juga fitur Advanced Hybrid Viewfinder yang memungkinkan pengguna untuk berpindah dari pengaturan optical viewfinder (OVF) ke electronic viewfinder (EVF) secara lebih mudah.

Dengan demikian, bisa menyesuaikan gaya fotografi rangefinder yang menjadi ciri khas Seri X100. EVF ini juga dilengkapi dengan panel OLED beresolusi tinggi dengan sekitar 3,69 juta titik untuk pengalaman fotografi yang imersif.
 

Menjajal kamera Fujifilm X100VI (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Menjajal kamera Fujifilm X100VI (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Fitur Electronic Range Finder (ERF) memungkinkan EVF kecil muncul secara bersamaan pada OVF. Oleh karena itu, fotografer dapat menangkap subjek dalam OVF dan memperbesar area yang berada dalam fokus EVF kecil untuk meningkatkan kemampuan viewfinder. Fitur ERF ini juga sangat nyaman untuk foto snapshot.

Buat yang tidak mau ketinggalan momen melalui video, untuk pertama kalinya dalam Seri X100, X100VI mampu merekam video beresolusi 6,2K/30P. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur tracking AF untuk memastikan hasil konten yang berkualitas tinggi selama pembuatan video berlangsung.

Didukung teknologi Frame.io Camera to Cloud, para pengguna dapat terhubung dengan jaringan internet tanpa membutuhkan kabel tambahan. Dengan melakukan aktivasi akun di Frame.io, foto dan video yang telah diabadikan dapat tersimpan secara otomatis ke dalam sistem cloud sehingga mengakselerasi proses pengambilan gambar hingga tahap final editing
 

3. Desain & durabilitas 

Kamera ini didesain dengan bahan aluminium yang melapisi bagian atas dan bawah perangkat X100VI. Layar LCD X100VI yang berdesain ultra-thin tilt dapat diset dalam posisi datar. 
 
Desain grip juga telah disesuaikan untuk penggunaan yang nyaman. Posisi tombol di bagian belakang kamera X100VI semakin mudah dijangkau dengan tangan kanan sehingga proses pemotretan semakin mudah saat melihat dengan pengaturan viewfinder.

Kamera X100VI dilengkapi dengan fitur ketahanan cuaca dengan teknologi adapter ring AR-X100 serta filter perlindungan PRF-49 pada lensa. Alhasil, kamera ini bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam berbagai kondisi cuaca, termasuk udara dingin.

Hood lensa opsional LH-X100 dari Fujifilm juga kompatibel dengan X100VI. Selain ringan dan berbahan logam, hood ini dirancang untuk tidak menghalangi jangkauan pandang saat melihat melalui viewfinder, sehingga terdapat perlindungan cahaya yang cukup. 

Baca juga: Kenali Penyebab Lensa Kamera Berjamur Serta Cara Menanganinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Joko Anwar Siapkan 2 Naskah Skenario Berbeda di Film Siksa Kubur, Ini Alasannya

BERIKUTNYA

Balenciaga Pamer Gelang Mirip Lakban Bening, Harganya Puluhan Juta Rupiah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: