Festival Lampion di Candi Borobudur. (Sumber gambar: Kementerian Agama RI)

Serba-Serbi Festival Lampion Waisak 2024 di Candi Borobudur: Cara Penukaran Tiket hingga Rundown Acara

23 May 2024   |   08:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Umat Buddha merayakan peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 Era Budha (EB) pada 23 Mei 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian peribadatan serta peringatan Hari Waisak bakal berpusat di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, yang menjadi candi atau kuil Buddha terbesar di dunia.

Tahun ini, Candi Borobudur akan kembali menggelar rangkaian perayaan Waisak dengan tajuk Enlightened in Harmony. Berbeda dengan sebelumnya, perayaan Waisak tahun ini akan berfokus pada aspek spiritual yang sesuai dengan identitas Candi Borobudur sebagai episentrum Buddha terbesar di dunia.

Di samping mendukung rangkaian prosesi dan ritual umat Buddha, Candi Borobudur juga akan menawarkan pengalaman wisata harmoni yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan. Mulai dari Pasar Medang hingga berbagai kegiatan yang memiliki unsur mindfulness, akan dihadirkan untuk mengajak pengunjung menemukan makna harmoni di Candi Borobudur.

Baca juga :  Serba-Serbi Hari Waisak 2024 di Candi Borobudur: Jam Operasional hingga Rangkaian Acara

Satu agenda ikonik yang tak pernah absen dari peringatan Hari Waisak di Candi Borobudur adalah festival lampion. Tahun ini, agendanya bakal berlangsung pada 23 Mei 2024 di Marga Utama Candi Borobudur pukul 19.00 WIB-22.30 WIB. Nantinya, pengunjung bisa berpartisipasi dalam melepaskan sekaligus menyaksikan indahnya lampion-lampion berterbangan di langit malam Borobudur.

Berikut adalah serba-serbi informasi seputar Festival Lampion 2024 di Candi Borobudur, mulai dari makna festival, rundown acara, cara menerbangkan lampion, informasi pembelian tiket menonton, hingga penukaran tiket menonton lampion.

Makna Festival Lampion
Setiap tahunnya, festival lampion menjadi bagian dari rangkaian perayaan Tri Suci Waisak yang berpusat di Candi Borobudur. Mengutip dari situs Kementerian Agama RI, ratusan lampion yang dinyalakan pada malam hari itu merupakan simbol kesediaan umat Buddha untuk menyalakan cahaya perdamaian.

Selain itu, prosesi penyalaan cahaya lampion juga menjadi simbol untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini dunia kerap diselimuti kegelapan, banyak kesedihan, kesakitan, dan lain-lain. Dengan terangnya cahaya, diharapkan dapat menjadi tanda bahwa ke depan dunia akan semakin membaik dan memberikan kebahagiaan. 

Sebelum menyalakan cahaya lilin dan lampion, ratusan umat Buddha biasanya akan mengikuti ritual meditasi. Ini merupakan upaya spiritual untuk menyalakan cahaya kedamaian di dalam diri masing-masing. Cahaya kedamaian dari dalam diri ini yang selanjutnya dapat disebarkan kepada dunia.
 


Rundown Acara Festival Lampion 2024
Acara festival lampion di Candi Borobudur tahun ini diberi tajuk Lantern Night & Meditation. Di acara ini, masyarakat umum bisa berpartisipasi dalam prosesi pelepasan lampion. Peserta bisa menuliskan harapannya di lampion yang akan dilepas serentak bersama ribuan peserta lainnya. 

Mengutip dari situs Kemenparekraf RI, pelepasan lampion dipercaya bertujuan untuk menghilangkan hal-hal negatif dari diri manusia serta mewujudkan impian dan harapan dari setiap umat. Maka dari itu, setiap partisipan masing-masing menuliskan doa serta harapan mereka di lampion yang mereka lepaskan agar menjalani kehidupan yang lebih baik.

Baca juga :  Makna Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yang Kerap Mengiringi Ucapan Selamat Waisak

Untuk mengikuti agenda ini, peserta diharuskan membayar donasi sebesar Rp600.000 per orang. Harga itu sudah termasuk mendapatkan 1 lampion yang dapat digunakan untuk 4 orang, tiket masuk ke Candi Borobudur, dan t-shirt eksklusif. Acara Lantern Night & Meditation akan berlangsung pada hari ini, Kamis (23/5/2024). Berikut adalah rundown atau susunan acaranya.
  • 10.00 WIB-17.00 WIB: Penukaran tiket lampion
  • 18.00 WIB-19.00 WIB: Open gate peserta pelepasan lampion di area Marga Utama
  • 19.00 WIB-21.00 WIB: Sesi 1 pelepasan lampion
  • 20.52 WIB-21.00 WIB: Detik-detik waisak (pelepasan lampion setelah detik-detik Waisak)
  • 21.00 WIB-21.30 WIB: Peserta sesi 1 keluar area pelepasan lampion & peserta sesi 2 masuk ke area pelepasan lampion
  • 21.30 WIB-23.00 WIB: Sesi 2 pelepasan lampion
  • 23.00 WIB-selesai: Penutup acara
 


Penukaran Tiket Lampion Candi Borobudur 
Jelang gelarannya, pihak penyelenggara menginformasikan terkait penukaran tiket lampion Lantern Night & Meditation di Candi Borobudur. Penukaran tiket bakal dilakukan pada hari ini, Kamis (23/5/2024) pukul 19.00 WIB-21.00 WIB di Marga Utama Candi Borobudur.

Untuk menukarkan tiket, pengunjung harus menyiapkan bukti pembelian tiket serta KTP yang digunakan untuk registrasi tiket. Nantinya, petugas akan memberikan goodie bag yang berisi tiket masuk Candi Borobudur, wristband lampion, lampion wish card, dan merchandise t-shirt Waisak.

Tata Cara Menerbangkan Lampion
Pihak penyelanggara juga telah mengumumkan cara menerbangkan lampion di acara Festival Lampion Waisak 2024. Berikut adalah tata caranya.
  • Peserta menerima lampion (4-5 orang per lampion)
  • Megarkan lampion dan pastikan tidak sobek/rusak
  • Ketika ada bagian yang robek, benarkan dengan solatip lalu tempelkan wishing card
  • Jangan nyalakan lampion sebelum ada panduan dari MC
  • Setelah menyalakan sumbu, tunggu sampai uap lampion penuh
  • MC akan mengumumkan kapan lampion siap diterbangkan
  • Buang sampah lampion pada tempatnya

Tiket Nonton Lampion Candi Borobudur
Sebagian dari kalian mungkin tidak membeli tiket Lantern Night & Meditation untuk bisa ikut dalam pelepasan lampion lantaran kuotanya yang terbatas. Namun, tak perlu khawatir. Kalian bisa menonton Festival Lampion dengan membayar tiket seharga Rp50.000 lewat situs ticket.borobudurpark.com. Nantinya, pengunjung dapat menyaksikan pelepasan. 

Baca juga ;  5 Ide Seru & Hemat Menikmati Momen Long Weekend Waisak 2024

Editor : Puput Ady Sukarno

lampion dari sisi bagian luar batas area pelepasan lampion.

SEBELUMNYA

Film The Sims Dikabarkan akan Berada Dinaungan Amazon MGM dan Dibintangi Margot Robbie

BERIKUTNYA

Hari Raya Tri Suci Waisak 2024, Simak Makna & Tema Perayaannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: