Candi Borobudur. (Sumber gambar: Mario La Pergola/Unsplash)

Serba-Serbi Hari Waisak 2024 di Candi Borobudur: Jam Operasional hingga Rangkaian Acara

21 May 2024   |   09:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Umat Buddha akan merayakan peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 Era Budha (EB) pada 23 Mei 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian peribadatan serta peringatan Hari Waisak bakal berpusat di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, yang menjadi candi atau kuil Buddha terbesar di dunia.

Tahun ini, Candi Borobudur akan kembali menggelar rangkaian perayaan Waisak dengan tajuk Enlightened in Harmony. Berbeda dengan sebelumnya, perayaan Waisak tahun ini akan berfokus pada aspek spiritual yang sesuai dengan identitas Candi Borobudur sebagai episentrum Buddha terbesar di dunia.

Baca juga: Mengenal Thudong, Ritual Perjalanan Biksu dari Thailand ke Candi Borobudur

Di samping mendukung rangkaian prosesi dan ritual umat Buddha, Candi Borobudur juga akan menawarkan pengalaman wisata harmoni yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan. Mulai dari Pasar Medang hingga berbagai kegiatan yang memiliki unsur mindfulness, akan dihadirkan untuk mengajak pengunjung menemukan makna harmoni di Candi Borobudur.

Jelang agendanya, pihak pengelola Candi Borobudur pun telah mengumumkan sejumlah informasi penting terkait peringatan Hari Waisak di monumen Buddha terbesar di dunia itu, mulai dari jam operasional, rangkaian acara, tiket nonton Lampion Candi Borobudur, hingga aturan mengikuti rangkaian acara Waisak di Borobudur.
 
 

Jam Operasional Candi Borobudur

Pihak pengelola mengumumkan bahwa pada Hari Waisak, tepatnya 23 Mei 2024, terdapat beberapa penyesuaian operasional di Candi Borobudur. Kunjungan naik struktur candi dibuka sampai sesi 4 yakni pukul 11.30 WIB, sementara area pelataran dan struktur candi steril alias tidak boleh dikunjungi pukul 13.00 WIB.

Dengan begitu, pengunjung yang datang pukul 13.00 WIB-17.00 WIB, hanya dapat mengunjungi area Taman Wisata Candi Borobudur dengan harga tiket Rp 50.000, yang berlaku untuk wisatawan domestik dan mancanegara.


Rangkaian Acara Hari Waisak 2024 di Candi Borobudur

Selain jadwal operasional, pihak pengelola juga telah mengumumkan rangkaian acara Hari Waisak di Candi Borobudur yang berlangsung pada 18-26 Mei 2024. Mulai dari prosesi dan ritual umat Buddha yang digelar pada 20-23 Mei 2024, festival lampion waisak nasional, meditasi, hingga Pasar Medang. Berikut adalah informasi lengkapnya.
 
 

Tiket Nonton Lampion Candi Borobudur

Satu agenda ikonik yang tak pernah absen dari peringatan Hari Waisak di Candi Borobudur adalah festival lampion. Tahun ini, agendanya bakal berlangsung pada 23 Mei 2024 di Marga Utama Candi Borobudur pukul 19.00 WIB-22.30 WIB. Nantinya, pengunjung bisa berpartisipasi dalam melepaskan lampion ke langit.
 



Untuk mengikuti agenda ini, pengunjung bisa membeli tiket Lantern Night & Meditation untuk bisa ikut dalam pelepasan lampion. Namun, jika kalian tidak kebagian tiket pelepasan lampion, bisa menontonnya dengan membayar tiket seharga Rp50.000 lewat situs ticket.borobudurpark.com. Nantinya, pengunjung dapat menyaksikan pelepasan lampion dari sisi bagian luar batas area pelepasan lampion.


Aturan Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Borobudur

Untuk mengikuti rangkaian acara Waisak di Borobudur, ada sejumlah peraturan yang telah dibuat penyelenggara yang harus dipatuhi pengunjung. Mulai dari menggunakan pakaian putih yang sopan, membuang sampah pada tempatnya, hingga diharuskan membawa air minum dalam tumbler. Berikut adalah peraturan lengkapnya.
 


Baca juga: Libur Hari Waisak, Cek Rekomendasi Penginapan dekat Candi Borobudur

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Harga Tiket D'Festa Jakarta di Mall Taman Anggrek, Festival K-Pop dari Dispatch

BERIKUTNYA

Kemendikbudristek Masukkan Sastra ke Kurikulum Merdeka, 177 Buku Jadi Rujukan Bacaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: