Candi Borobudur jadi tempat perayaan Waisak umat Buddha Indonesia (Sumber gambar: Freepik)

5 Rekomendasi Penginapan di Sekitar Candi Borobudur

22 May 2024   |   10:54 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tidak lama lagi, umat Buddha di seluruh Indonesia akan memperingati Tri Suci Waisak 2568 BE yang jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari suci umat Buddha di Tanah Air akan dipusatkan di Candi Borobudur. 

Selain seremoni keagamaan, sejumlah acara dan festival budaya yang meriah akan dihelat. Salah satu tradisi perayaan Waisak adalah pelepasan lampion dan pelarungan pelita di sungai. Oleh karenanya, jumlah wisatawan Candi Borobudur terpantau melonjak pekan ini. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menargetkan 300.000 wisatawan akan meramaikan perayaan puncak Hari Raya Waisak. Nah, bagi Genhype yang ingin berwisata di Candi Borobudur dan sekitarnya, berikut rekomendasi penginapan yang bisa jadi pilihan akomodasi. 

Baca juga: Serba-Serbi Hari Waisak 2024 di Candi Borobudur: Jam Operasional hingga Rangkaian Acara
 

1. Plataran Heritage Borobudur Hotel

Plataran Heritage Borobudur Hotel merupakan salah satu hotel mewah yang menyuguhkan pemandangan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh. Hotel bergaya kolonial ini terletak di dekat area persawahan, yang membuat suasananya semakin asri.

Sejumlah fasilitas yang ditawarkan mulai dari Restoran Menoreh dan Padma Spa yang bikin pengunjung betah selama menginap. Harga kamar mulai dari Rp1,8 juta-Rp5,4 juta per malam.

Lokasi: Dusun Kretek, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
 

2. Amrta Borobudur Resort

Amrta Borobudur Resort adalah penginapan yang menggabungkan gaya tradisional Jawa dengan fasilitas modern yang memberikan kenyamanan untuk pengunjung. Resor ini didesain dengan furnitur kayu yang tradisional ala Jawa yang memberikan nuansa seperti rumah. 

Pilihan kamarnya banyak dan ukurannya cukup luas. Fasilitas kamarnya mulai dari kasur, kamar mandi, AC, TV, lemari, dengan pemandangan menghadap ke kolam renang. Harga kamarnya mulai dari Rp562.000 sampai Rp770.000.

Lokasi: Jalan Badrawati No.30, Dusun XVIII, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
 

3. Gopalan Borobudur 

Gopalan Borobudur menawarkan pengalaman menginap yang tenang dan nyaman dengan taman  luas dan suasana perdesaan yang asri. Hotel ini dilengkapi kolam renang yang menghadap ke sawah. Didesain dengan nuansa tradisional, ditandai dengan dominasi furnitur kayunya. Harga kamarnya mulai dari Rp500.000-Rp800.000. 

Lokasi: Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
 

4. Wahid Borobudur

Wahid Borobudur adalah hotel yang mengusung desain perpaduan elemen kayu dan batu bata. Fasilitasnya pun cukup lengkap, ada restoran, kolam renang outdoor, serta shuttle penjemputan ke bandara. Hotel Wahid Borobudur berjarak 700 meter dari Candi Borobudur. Penginapan bintang 3 ini menawarkan kamar dengan harga mulai dari Rp530.000-Rp620.000.

Lokasi: Jalan Medang Kamulan, Dusun Janan, Borobudur, Jawa Tengah.
 

5. Manohara Resort

Manohara Resort adalah satu-satunya akomodasi yang terletak di dalam area Candi Borobudur. Manohara memiliki lima kamar berdesain kontemporer Jawa yang memberikan kenyamanan dan ketenangan saat menginap. 

Terdapat lima pondok eksklusif yang didominasi oleh elemen kayu sehingga menciptakan nuansa yang benar-benar menyatu dengan alam. Kamar-kamarnya menyuguhkan pemandangan Candi Borobudur yang cantik. 

Lokasi:Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Jl. Badrawati, Borobudur. 

Baca juga: 5 Ide Seru & Hemat Menikmati Momen Long Weekend Waisak 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ari Lasso & Yura Yunita Bakal Tampil di Ajang IIMS Surabaya 1-2 Juni 2024

BERIKUTNYA

Raline Shah di Cannes Film Festival 2024, Hadir di Program Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: