Pesawat Colomban MC-12 'Cri-Cri' (Sumber: Aeropedia)

4 Kendaraan Terkecil Di Dunia Dengan Desain Menggemaskan

23 May 2024   |   12:52 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Seiring perkembangan zaman, mode kendaraan telah berevolusi untuk memecahkan berbagai masalah  dan kebutuhan manusia yang semakin banyak. Baik itu dengan menambahkan fitur baru, meningkatkan keselamatan, atau membuatnya lebih besar. Namun tidak dengan 4 kendaraan berukuran kecil ini.

Alasan mereka dibuat sangat beragam, ada yang memang mengincar rekor dunia, ingin mencari perhatian, atau bahkan hanya sebatas upaya untuk melepas kebosanan saja.

Baca juga :  3 Penemuan Radikal Mobil Balap yang Dilarang di Sirkuit

Selain membuat banyak orang tertawa, kendaraan-kendaraan ini juga orang menarik perhatian dunia otomotif dan membuat mereka bertanya-tanya. Bagaimana seseorang dapat merancang sebuah kendaraan yang berfungsi secara normal dan dapat dikendarai oleh orang dewasa?

Jika Genhype ingin mencari informasi tentang bagian “kecil” dari dunia otomotif ini, simak 4 kendaraan terkecil di dunia dengan desain menggemaskan!
 

1. Colomban MC-12 'Cri-Cri'



Colomban MC-12 adalah pesawat ciptaan Insinyur penerbangan Perancis bernama Michel Colomban pada tahun 1970-an awal. Pesawat ini mendapatkan popularitas sebagai pesawat berawak bermesin ganda terkecil di dunia, dengan panjang hanya 3,6 meter, dan lebar sayap 4,9 meter.

Menurut Planes of Fame Air Museum, 'Cri-Cri' adalah julukan yang diberikan kepada putri Michael yang bernama Christine. Uniknya, pesawat ini adalah sebuah kit, artinya bisa dirakit di rumah oleh siapa saja dalam waktu sekitar 1.500 jam. Bagian-bagiannya antara lain adalah kokpit aluminium, mesin kembar bertenaga yang masing-masing 15hp, sayap rendah kantilever, dan tiga roda pendaratan.

Hingga kini Colomban MC-12 'Cri-Cri' masih menjadi salah satu pesawat yang dicintai oleh para penggemar penerbangan di seluruh dunia. Menginspirasi banyak dari mereka untuk membeli dan memodifikasi pesawat tersebut sesuai keinginan.

 

2. Peel P50



Peel P50 telah dinobatkan sebagai mobil produksi masal terkecil di dunia oleh Guinness World Record di tahun 2010. Sesuai dengan namanya, mobil dengan tiga roda ini  hanya dibuat sebanyak 50 buah, pada tahun 1962 hingga 1965.

Karena hype-nya dan harga jualnya yang sangat rendah yaitu US$2.200, mobil ini terjual habis dalam kurun waktu yang sangat singkat. Menurut Go Auto, saat ini hanya ada 27 unit P50 yang masih tersisa. Masing-masing diburu oleh kolektor dari seluruh dunia, bahkan salah satunya terjual dengan harga US$176.000 di sebuah acara lelang Florida pada tahun 2016.

Karena penampilannya yang mencolok, Peel P50 sempat ditampilkan dan diulas pada acara otomotif populer Inggris Top Gear, serta menjadi mobil spesial di gim Forza Horizon 4&5. 
 

3. Father’s Day

 

Perahu layar Father

Perahu layar Father's Day (Sumber: National Maritime Museum Cornwall)


“Father’s Day” adalah perahu layar terkecil yang berhasil melintasi Samudra Atlantik, namun perjalanannya untuk mendapatkan rekor tersebut sangat panjang. Penciptanya, Hugo Vihlen, sebelumnya melakukan penyeberangan di Samudera Atlantik selama 85 hari pada tahun 1968.

Bersama  kapal layar berukuran sekitar 1,8 meter bernama "April Fools," yang berhasil mengamankan rekor tersebut. Sayangnya, rekor tersebut direbut oleh Tom McNally pada tahun 1993, yang melakukan penyeberangan Atlantik dengan perahu yang lebih pendek.

Tak pantang menyerah, Vihlen yang dulu merupakan pilot veteran akhirnya membuat perahu baru yaitu Father’s Day di tahun yang sama. Perahu ini dibuat dari kayu lapis dan fiberglass, dan bahkan jauh lebih pendek dibandingkan perahu pesaingnya. Hugo menghadapi tantangan selama perjalanannya, seperti tidur telentang dengan lutut ditekuk, dan sempat menyimpang sejauh 16 km dari jalurnya.

Namun tekadnya membuahkan hasil, ketika Hugo kembali mengamankan rekor tersebut. Karena semangat yang tiada habisnya, perahu  Father’s Day kini ada di National Maritime Museum of Cornwall.

 

4. Small Toe



Menjadi kendaraan terkecil dalam daftar ini, Small Toe adalah motor yang berhasil meraih gelar sebagai motor terkecil di dunia yang bisa dikendarai. Dibuat oleh Tom Wiberg pada tahun 2003, menyusul kesuksesan sepeda motor terbesar di dunia yang juga merupakan ciptaannya, Big Toe.

Meski hanya berbobot sekitar 10 kg dan panjang 6 cm, sepeda motor ini mampu melaju bersama manusia dewasa meski dalam kecepatan 1.2 km/h. Berkat mesin RC yang menghasilkan sekitar 0,3 Horsepower, dan sang pengemudi yang harus duduk dengan posisi yang sangat tidak nyaman. 

Baca juga : Temuan Iseng Para Ilmuwan di AS yang Bikin Baterai Mobil Listrik Tahan Lama

Editor : Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, Tayang di Bioskop 22 Mei 2024

BERIKUTNYA

Poster Teaser Film Paddington 3 Muncul di Acara Licensing Expo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: