Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi para atlet Indonesia yang berlaga di ajang ASEAN Paragames 2023 di halaman Istana MErdeka, Jakarta, pada Senin, 3 Juli 2023. (Sumber foto: BPMI Setpres/Lukas)

Atlet ASEAN Para Games 2023 Diguyur Bonus Rp320,5 miliar, Presiden: Jangan Beli Barang Mewah

03 July 2023   |   16:30 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Atlet Indonesia yang berlaga di ajang ASEAN Paragames 2023 di Kamboja mendapat penghargaan dan apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo. Soalnya, mereka berhasil membawa Indonesia menjadi juara umum di ajang tersebut.  Atas prestasi tersebut, para atlet ini diganjar bonus apresiasi senilai Rp320,5 miliar.

Dalam ajang olahraga itu, kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali yang terdiri atas 158 medali emas, 148 medali perak, dan 95 medali perunggu. Capaian ini merupakan yang ketiga, setelah Indonesia menjadi juara umum pada dua ajang sebelumnya saat berlaku sebagai tuan rumah dan pada helatan di Malaysia. 

Baca juga: 4 Tip Mengelola Bonus Biar Jadi Jaring Pengaman Finansial

“Untuk itu pemerintah akan memberikan bonus untuk para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Anggarannya siap Bu Menteri? Siap? Karena ini yang harus disiapkan tidak kecil Bu Menteri, Rp320 miliar 500 juta. Bu Menteri sudah begini berarti sudah siap. Dengan nominal ini emas Rp525 juta, perak Rp315 juta, perunggu Rp157,5 juta,” ucap Presiden dalam sambutannya di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/6/2023), seperti dihimpun dari keterangan tertulis.

Presiden pun berpesan kepada para atlet agar bonus ini digunakan dengan sebaik mungkin. Terutama untuk kepentingan meningkatkan prestasi. Tak lupa, Presiden juga mengingatkan agar bonus tersebut dapat dipergunakan untuk membeli barang-barang investasi jangka panjang.

“Saya ingin sedikit berpesan, betul-betul manfaatkan bonus yang ada ini untuk tetap berlatih dan memacu prestasi. Jangan dibelikan barang-barang mewah. Belikan barang-barang yang untuk investasi jangka panjang karena ini duitnya gede banget, emasnya Rp525 juta itu bukan duit kecil, apalagi yang dapat medali sampai banyak seperti yang saya lihat di depan saya tadi,” tutur Presiden.

Presiden mengatakan bahwa capaian prestasi para atlet dalam ajang tersebut menjadi bukti nyata kegigihan dan kerja keras untuk mengharumkan nama bangsa. “Sekali lagi terima kasih telah menjadi bukti nyata bahwa kegigihan bahwa kerja keras dalam mencetak prestasi itu betul-betul inilah mengharumkan nama bangsa dan negara,” ujar Kepala Negara.

Orang nomor satu di Indonesia itu menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia sangat bangga atas capaian para atlet yang dapat meraih juara umum ketiga kalinya di ajang tersebut.

“Bangsa, negara, dan rakyat sangat bangga dengan Bapak, Ibu dan Saudara-Saudara sekalian yang berhasil meraih juara umum di ASEAN Paragames 2023. Ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut, sekali lagi terima kasih,” ujar Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyerahkan bonus apresiasi secara simbolis kepada perwakilan atlet peraih medali, dengan besaran sebagai berikut:
  1. Peraih medali terbanyak (Rp525 juta) kepada Maulana Rifky Yavianda, cabor para-renang;
  2. Peraih medali emas termuda (Rp367,5 juta) kepada Nia Ramadani, cabor para-voli duduk;
  3. Peraih medali perak termuda (Rp315 juta) kepada Sholahuddin Al Ayubi, cabor para-atletik;
  4. Peraih medali emas tunggal (Rp525 juta) kepada Siti Mahmudah, cabor para-angkat berat;
  5. Peraih medali emas ganda (Rp420 juta) kepada Subhan dan Rina Marlina, cabor para-bulutangkis;
  6. Peraih medali emas beregu (Rp367,5 juta) kepada Fajar Pambudi, cabor judo tunanetra;
  7. Peraih medali perak tunggal (Rp315 juta) kepada Marinus Melanus Yowei, cabor para-renang;
  8. Peraih medali perak ganda (Rp252 juta) kepada Osrita Muslim dan Ida Yani, cabor para-tenis meja;
  9. Peraih medali perak beregu (Rp220,5 juta) kepada Felix Ardi Yudha, cabor boccia;
  10. Peraih medali perunggu tunggal (157,5 juta) kepada Ryan Arda Diarta, cabor para-atletik;
  11. Peraih medali perunggu ganda (Rp126 juta) kepada Aman Suratman, cabor para-tenis meja; dan
  12. Peraih medali perunggu beregu (Rp110,25 juta) kepada Lilis Herna Yulia, cabor para-catur.
  13. Bonus apresiasi secara simbolis juga diserahkan kepada perwakilan pelatih yaitu Bangun Sugito (cabor para-tenis meja), Matsuro (cabor para-catur), dan Eko Supriyanto (cabor para-angkat berat), masing-masing sebesar Rp210 juta.
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Fakta Truth Social, Platform Buatan Donald Trump Jadi Tempat Hijrah Pengguna Twitter

BERIKUTNYA

Marina Bay Sands Singapura Siap Gelar Festival Musik, Ada Ellie Goulding hingga J Balvin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: