Atlet bulu tangkis Kevin Sanjaya. (Sumber gambar: Kevin Sanjaya/Instagram)

Kevin Sanjaya Ungkap Alasannya Pensiun Dini di Dunia Bulu Tangkis

17 May 2024   |   09:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kevin Sanjaya Sukamuljo mengejutkan publik. Atlet bulu tangkis muda berbakat itu mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis. Hal itu disampaikannya melalui akun media sosial pribadi pada Kamis (16/5/2024). Kevin juga mengungkapkan alasannya mundur dari pelatnas PBSI dan pensiun sebagai pebulu tangkis profesional. 
 
Meski baru mengumumkan hal tersebut saat ini, Kevin telah memutuskan untuk pensiun dini sejak akhir Februari 2024. Hal itu diputuskannya setelah melalui proses diskusi yang panjang dengan beberapa pihak.
 
Melalui akun Instagram pribadinya, Kevin menuliskan bahwa keputusannya untuk 'gantung raket' berawal ketika kondisi cedera bahunya yang tak kunjung membaik sejak 2017. Ditambah, rekan setianya, Marcus Fernaldi Gideon, juga mengalami cedera dan berakhir keduanya tidak mungkin memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024. 

Baca juga: Simak Prestasi Pebulu Tangkis Kevin Sanjaya
 
Seperti diketahui, Kevin mengalami cedera otot ringan pada bahu dan lututnya usai pertandingannya di Olimpiade Tokyo 2020. Kondisi itu membuat Kevin harus menjalani program latihan yang sedikit berbeda dari rekannya, Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Selain itu, Kevin juga harus menjalani terapi secara rutin.
 
Di sisi lain, pasangan ganda putra Kevin, Marcus Fernaldi Gideon, juga mengalami cedera dan harus menjalani operasi tumit kaki kanan hingga berujung memutuskan pensiun dini. Kondisi ini membuat Kevin sempat dipasangkan dengan Rahmat Hidayat. Namun, diakui oleh Kevin, dia tidak bisa bermain maksimal dengan Rahmat.
 
"Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan," tulisnya dikutip dari akun Instagram @kevin_sanjaya.
 

Meski begitu, Kevin mengaku masih berusaha untuk terus dapat memajukan karier bulu tangkisnya. Dia pun akhirnya berdiskusi dengan pengurus PBSI dengan harapan mendapatkan arah yang jelas untuk melanjutkan kariernya. "Karena saya bermain bulu tangkis bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas," ujarnya.
 
Lama menunggu sampai pertengahan Januari 2024, Kevin mengaku tidak mendapatkan jawaban yang sesuai ekspektasi. Plus, dia juga mengaku tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya, dia merasa mantap memutuskan untuk berhenti dari kariernya di dunia bulu tangkis per akhir Februari 2024.
 
"Saya telah berpikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini. Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini. Akhirnya saya di akhir bulan Februari memutuskan untuk berhenti dari dunia bulu tangkis," terangnya. 
 

Masih di unggahan yang sama, Kevin juga megungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendoakan dan mendukung kariernya di dunia badminton. "Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini," katanya.
 
Tak lupa, dia juga meminta maaf kepada para pendukungnya yang mungkin kecewa dengan keputusannya untuk gantung raket. Dia meyakinkan bahwa keputusan yang diambilnya ini bukan perkara yang mudah. 
 
"Saya juga ingin meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dikatakan ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya," kata atlet kelahiran 2 Agustus 1995 itu.
 

Kevin juga mengaku bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk menapaki karier yang luar biasa di dunia bulu tangkis. Dia mengenang perjalanannya di dunia bulu tangkis dimulai sejak usia 5 tahun.
 
Lalu di usianya yang ke-12 tahun, dia merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita sebagai atlet nasional. Pada 2013, dia pun mendapatkan kesempatan untuk bergabung ke PBSI di Jakarta. Kini, setelah resmi gantung raket, Kevin pun meminta doa kepada pendukungnya diberikan kelancaran untuk fase perjalanan dia berikutnya.
 
"Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya," tulis Kevin. 

Baca juga: Potret Cantik Gaun Pernikahan Valencia Tanoesoedibjo dengan Kevin Sanjaya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Menarik Pink Shirt Day, Gerakan Anti-Bullying di Kalangan Anak Sekolah

BERIKUTNYA

Teaser Poster Film Laura Dirilis, Tayang 2024 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: