Android 15 diperkirakan akan rilis pada Oktober 2024 (Sumber gambar: pexels/ Lisa Fotios)

Google Sematkan Fitur Terbaru dalam Android 15, Bakal Dipakai Pertama di Smartphone Ini

16 May 2024   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna gawai pintar dengan sistem operasi Android siap-siap. Google akan mengeluarkan sistem Android 15 dengan berbagai fitur terbaru dan sejumlah pembaruan, dari user interface sampai dengan keamanannya. Kini, perusahaan telah mengeluarkan versi pratinjau dan beta untuk pengembang. 

Dikutip dari Android Authority, sistem operasi paling anyar dari Android ini masih belum diketahui kapan akan rilis. Namun, Google telah melakukan pengujian melalui 2 pratinjau pengembang dan 2 beta. Mereka akan benar-benar merilis versi Android 15 setelah mencapai kestabilan.

Adapun, perkiraan waktu rilis Android 15 adalah pada Oktober 2024 atau pada saat bersamaan dengan peluncuran seri Pixel 9. Pengguna Google Pixel terbaru kemungkinan akan menjadi orang pertama yang menerima pembaruan sistem operasi itu.

Baca Juga: Android 15 Bakal Ada Fitur Canggih yang Bisa Deteksi Umur Storage HP

Sementara itu, OEM akan membutuhkan waktu lebih lama untuk merilis skin Android UX yang berfungsi di atas platform Android 15. Pada saat ini, beberapa OEM Mitra Android berpartisipasi dalam program pratinjau pengembang Android 15.

Dalam versi tersebut, Android 15 sangat mirip dengan versi Android 14. Meskipun begitu, ada beberapa perubahan dan pembaruan fungsionalitas dalam sistem operasi yang memiliki kode internal Vanilla Ice Cream.

Contoh perubahan yang ada dalam Android 15 versi pratinjau untuk pengembang adalah terkait dengan fitur berbagi layar. Di versi terbaru, pengguna dapat berbagai atau merekam hanya satu jendela aplikasi, bukan seluruh layar gawai pintar.

Fitur ini sebenarnya pertama kali diaktifkan di Android 14 QPR 2 dalam perangkat pixel. Namun, Google menyediakannya di seluruh platform yang lebih luas.

Kemudian, sistem terbaru itu juga memiliki ekstensi baru untuk mengontrol kamera yang akan digunakan untuk mengambil gambar atau video. Tidak hanya itu, Google juga menyematkan notifikasi sensitif yang mencegah kata sandi satu kali atau one-time password (OTP) dibaca oleh aplikasi berbahaya.

Laman itu juga menuliskan bahwa versi Andorid 15 pratinjau untuk pengembang memiliki pop up bluetooth untuk menghubungkan atau memutuskannya.

Lalu, contoh fitur lainnya adalah platform tersebut memiliki elemen user interface yang diperlukan untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di seluruh lanskap konektivitas satelit. Sebagai bagian dari perubahan ini, aplikasi dapat menggunakan application programming interface (API) yang memungkinkannya untuk mendeteksi ketika perangkat tersambung ke satelit
.
Kondisi tersebut dapat memberikan lebih banyak awareness kepada aplikasi tentang alasan layanan jaringan yang lengkap tidak tersedia.

Dengan Android 15, pengguna juga dapat mengontrol untuk terus menggunakan aplikasi di tampilan depan dalam perangkat lipat atau tidak. Pengguna dapat mengaktifkan tampilan depan setiap kali melipat perangkat; mengaktifkan perangkat untuk permainan, video, dan aplikasi lainnya; atau jangan pernah menyalakannya dan mengunci tampilan depan saat melipat perangkat.

Jika pengaturan itu terasa membatasi, Google juga sedang menguji opsi geser ke atas untuk melanjutkan yang menggantikan opsi hanya game, video, dan lainnya. Mode ini memungkinkan pengguna melanjutkan aplikasi di layar sampul dengan menggesek layar kunci ke atas setelah Anda melipat perangkat.

Baca Juga: Hore, 5 Fitur AI Galaxy S24 Series Bisa Dicoba di Semua Perangkat Android

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Mendorong Kemudahan Akses Literatur Buku Braille Bagi Masyarakat Berkebutuhan Khusus

BERIKUTNYA

Film Dokumenter Petenis Roger Federer Tayang 20 Juni 2024 di Prime Video

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: