Ilustrasi ponsel (Sumber gambar: Unsplash/The Average Tech Guy)

Android 15 Bakal Ada Fitur Canggih yang Bisa Deteksi Umur Storage HP

22 April 2024   |   10:53 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sistem operasi Android 15 diketahui bakal memiliki beberapa tambahan fitur canggih. Google saat ini tengah serius mengembangkan fitur Storage Health. Fitur ini memungkinkan pengguna mengecek kesehatan chip penyimpanan internal mereka langsung dari smartphone tersebut.

Menurut Android Authority, antarmuka pemrograman aplikasi (API) baru Android 15 telah menunjukkan perkembangan yang apik dalam hal mendeteksi informasi kesehatan penyimpanan langsung dari sistem operasi tersebut. 

Baca juga: Sistem Operasi Android 14 vs iOS 17, Mana yang Lebih Gahar?

Sebagai informasi, komponen internal storage seiring waktu memang akan terus mengalami penurunan. Degradasi ini terjadi karena komponen tersebut sering digunakan sehingga kinerjanya menjadi tidak seoptimal saat masih baru.

Ketika kinerjanya menurun, efeknya akan membuat smartphone tidak nyaman. Mulai dari aplikasi yang berjalan lambat sampai untuk sekadar transfer file pun akan kesulitan.
 

 Masakaze Kawakami)

Ilustrasi ponsel (Sumber gambar: Unsplash/Masakaze Kawakami)


Sejauh ini, belum ada terlalu banyak soal informasi mengenai API baru yang memungkinkan sistem operasi mampu mendeteksi umur internal storage. Namun, disinyalir fitur ini memiliki cara kerja yang sama seperti pemantau kesehatan baterai yang sudah lebih dulu ada.

Fitur ini tampaknya akan mengambil informasi dari chip storage, seperti jenis penyimpanan Universal Flash Storage, yang punya sensor sisa umur. Fitur ini akan mengakses informasi tersebut dan menerjemahkannya ke dalam presentase singkat sehingga mudah dipahami pengguna.

Deskripsi patch awal yang menerapkan API baru ini menyatakan hanya sedikit berbeda dengan API sebelumnya yang digunakan untuk maintenance. Hal ini menunjukkan komitmen Google dalam menyediakan fitur yang ramah pengguna.


Pentingnya Melihat Umur Pakai

Lantaran Original Equipment Manufacturer atau OEM ponsel pintar sudah memberikan kebijakan pemeliharaan yang diperbaharui selama lebih dari 3 tahun, faktor layanan purna jual dan penggantian suku cadang akan jadi hal yang sangat penting.

Dengan fitur baru di Android 15, pengguna akan dapat memantau umur perangkat keras mereka. Hal ini akan membantu pengguna mengambil keputusan yang tepat mengenai kapan harus mengganti atau memperbaiki perangkat mereka.

Jadi, mengetahui umur pakai memang akan jadi faktor krusial, terlebih bagi kalian yang ingin memakai sebuah smartphone dalam waktu yang lama. Sebab, selain jadi tahu kapan harus menjual, fitur ini juga berguna untuk memberi batas waktu yang tepat untuk mulai memperbaikinya. 

Baca juga: Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 2024: IOS 12 dan Android 5.0

Namun, storage health ini masih dalam pengembangan dan kemungkinan tidak akan tersedia untuk semua smartphone yang berjalan di Android 15. Ponsel Google Pixel seperti biasa akan menjadi salah satu yang pertama mendukung fitur tersebut. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Galeri dan Seniman yang Bakal Meramaikan Art Jakarta Gardens 2024

BERIKUTNYA

I.M Monsta X Umumkan Tanggal dan Kota Tur Dunia Solo Off The Beat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: