Laufey, musisi Islandia yang bakal tampil di Special Show Java Jazz Festival 2024 (Sumber foto: X/Laufey)

Profil Laufey, Musisi Islandia yang Bakal Tampil di Java Jazz Festival 2024

15 May 2024   |   11:18 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Laufey merupakan salah satu musisi yang paling ditunggu-tunggu aksi panggungnya di gelaran Java Jazz Festival 2024. Menariknya, tiket special show Laufey telah sold out alias habis terjual, kurang dari tiga pekan sebelum ajang festival tahunan itu berlangsung. 

Java Jazz Festival 2024 akan dihelat pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Tercatat lebih dari 100 musisi ternama akan meriahkan festival musik ini. Mereka adalah Laufey, Snoh Aalegra, Incognito, Eliane Elias, Scary Pockets, Ricky Montgomery, Eddie Benjamin, The Family Stone, Yussef Dayes, Maliq & D'Essentials, Andien, Afgan, dan masih banyak lagi.

Seperti yang diketahui, tahun ini Java Jazz Festival 2024 menghadirkan dua pertunjukan spesial atau special show, yakni Laufey pada Sabtu, 25 Mei 2024 dan Snoh Aalegra pada Minggu, 26 Mei 2024. Nah Genhype, yuk simak profil Laufey yang akan manggung di Jazz Festival 2024 nanti. 

Baca juga: Tiket Special Show Laufey di BNI Java Jazz Festival 2024 Terjual Habis
 

Profil & Perjalanan Karier Bermusik Laufey

Laufey merupakan penyanyi dan penulis lagu asal Islandia. Musiknya mengusung gaya pop tradisional yang dipengaruhi jaz abad ke-21 dan terkadang rock. Karya-karya musiknya terinspirasi dari sejumlah nama musisi besar seperti Ella Fitzgerald, Billie Holiday, Peggy Lee, Chet Baker, dan George Gershwin. 

Pemilik nama asli Laufey Lín Bing Jónsdóttir itu lahir pada 23 April 1999 di Reykjavík, Islandia. Ayahnya asli Islandia dan ibunya dari Guangzhou, China. Rupanya bakat bermusik Laufey diturunkan dari keluarganya. mereka jugalah yang menginspirasinya untuk menjadi penyanyi.

Ibunya adalah pemain biola klasik, sementara kakeknya, Lin Yaoji adalah seorang guru biola di Central Conservatory of Music China. Selain itu, Laufey juga memiliki saudara kembar identik bernama Júnía Lín Jónsdóttir, yang juga musisi, tepatnya seorang pemain biola  

Laufey mulai mengenal musik sejak kecil. Pertama kali dia belajar piano pada usia empat tahun dan cello pada usia delapan tahun. Selanjutnya pada usia 15 tahun, Laufey tampil sebagai pemain solo cello bersama Iceland Symphony Orchestra. 

Saat berada di Islandia, Laufey sempat berpartisipasi dalam ajang Ísland Got Talent 2014. Tahun berikutnya, dia juga tampil sebagai kontestan di The Voice Islandia dan mencapai semifinal. 
 
 
Pada 6 April 2020, Laufey merilis single debutnya, "Street by Street" yang menduduki peringkat satu di Radio Islandia. Tak lama kemudian dia meluncurkan EP (mini album) pertamanya, Typical of Me pada 30 April 2021. EP tersebut mencakup "Street by Street" dan enam lagu lainnya. 

Majalah Rolling Stone secara khusus memuji Laufey saat membawakan lagu "I Wish You Love" dari EP miliknya. Tak ketinggalan, majalah American Songwriter juga memasukkan Typical of Me ke dalam daftar album terbaik sepanjang 2021. Selain itu, album yang sama juga mendapat perhatian dari musisi popular seperti Willow Smith dan Billie Eilish.

Setahun kemudian, Laufey merilis album studio perdananya yang berjudul Everything I Know About Love pada 26 Agustus 2022. Rilisan ini mencakup 13 lagu dan tiga tambahan lagu untuk edisi deluxe. Beberapa di antaranya seperti "Fragile", "Beautiful Stranger", "Valentine", "Above The Chinese Restaurant", dan lainnya.

Tak lama sejak peluncurannya, beberapa lagu dalam album tersebut langsung merajai tangga lagu Islandia dan Amerika Serikat.

Album studio keduanya yang berjudul Bewitched, dirilis pada 8 September 2023. Lagu-lagu dalam album ini mengusung genre ballad pop dan jazz. Album ini terdiri dari 14 lagu dan empat tambahan lagu untuk edisi spesial. 

Bewitched juga langsung memuncaki nomor dua tangga album Islandia, serta merupakan album pertama Laufey yang menduduki tangga lagu di Australia, Kanada, Selandia Baru, Skotlandia, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Album ini juga mengantarkannya untuk meraih penghargaan di Grammy Award ke-66. Laufey memenangkan piala Grammy untuk kategori Best Traditional Pop Vocal Album. Pada perhelatan tersebut, dia juga tampil bersama Billy Joel membawakan lagu "Turn the Lights Back On"

Baca juga: BNI Java Jazz Festival 2024 Umumkan Lineup Fase Kedua, Cek Daftar Penyanyi yang Bakal Tampil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Animasi Rascal Does Not Dream of a Knapsack Kid, Tayang 15 Mei 2024 di Bioskop

BERIKUTNYA

Film IF: Imaginary Friends Ajak Anak-Anak Bermain dengan Teman Khayalan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: