Laufey. (Sumber foto: twitter.com/laufey)

Eksplorasi Cinta Laufey di Album Bewitched, Rilis 8 September 2023

16 August 2023   |   16:03 WIB
Image
Siti Sarah Jauhari Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Frank Sinatra, Ella Fitzgerald, dan Chet Baker adalah sedikit dari musisi legendaris di dalam genre jazz.  Musik jazz bagi sebagian orang mungkin identik dengan musik-musik jadul yang terasa jauh dari selera anak-anak muda masa kini. Kini, jazz mulai merambah pendengar muda. Salah satunya berkat musik-musik garapan musisi asal Islandia, Laufey. 

Laufey Lín Jónsdóttir merupakan sosok yang membawa angin baru dalam industri musik jazz dunia. Kecintaannya pada musik jazz membawanya untuk menciptakan lagu-lagu dengan aransemen khas musik jazz, tetapi dengan sentuhan pop. 

Baca juga: Suka Musik Jazz? Yuk Intip 7 Festival Jazz Terbesar di Indonesia

Alih-alih lirik yang berat dan penuh kosa kata sulit, lagu-lagu Laufey cenderung ringan dengan penyampaian kisah pada lagu yang lugas. Lagu-lagunya pun banyak menggambarkan kisah cinta remaja. Hal ini membuat lagu dari penyanyi keturunan Islandia dan China ini mudah dicerna pendengarnya, terutama para Gen Z. Kisah romansa yang disampaikan pada bait-bait lagunya pun terasa relatable.

Pelantun lagu Valentine ini akan merilis album keduanya berjudul Bewitched pada 8 September mendatang. Album ini akan berisikan 14 lagu yang sebagian besar ditulis dan diaransemen oleh Laufey. Beberapa lagu yang telah rilis dari album ini antara lain From The Start, Promise, dan Bewitched.  

Lagu Bewitched yang rilis pada Juli lalu berkisah tentang perasaan tersihir ketika jatuh cinta untuk pertama kalinya. Lagu ini menggambarkan bagaimana Laufey yang tidak mengetahui apapun mengenai cinta sebelumnya mulai mengeksplorasi berbagai perasaan, mulai dari perasaan bahagia, keraguan, hingga perasaan bingung saat jatuh cinta.

Sebelumnya, Laufey telah merilis sebuah mini album bertajuk Typical of Me pada 2021 dan album Everything I Know About Love setahun setelahnya. Lagu-lagunya pun kental dengan kisah cinta dan patah hati. Dia juga merilis album A Night at Symphony pada 2023 berisikan lagu-lagu yang dia tampilkan secara live bersama dengan Icelandic Symphony Orchestra. Versi live ditambah alunan megah orkestra membuat lagu-lagu jazz Laufey makin terdengar magis.

Debut pada 2020 lalu, situasi pandemi dan lockdown ternyata memberikan kesempatan bagi Laufey untuk memproduksi musik. Berawal dari musik-musik yang dia rangkai dari kamarnya, Laufey berhasil menggaet para pendengar muda melalui video-video yang dia unggah di TikTok. 

Tak hanya bernyanyi, Laufey juga andal dalam bermain alat musik. Sebagai lulusan sekolah Berklee College of Music, Laufey mahir bermain piano, gitar, dan beberapa alat musik klasik lainnya. 

Pada bulan Juni lalu, Laufey telah menyapa masyarakat Indonesia dalam acara Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Dia membawakan beberapa lagu hitsnya, seperti Let You Break My Heart Again, Like Movies, hingga lagu baru bertemakan patah hati dari album Bewitched, berjudul Promise. Penampilan Laufey berhasil menyita perhatian para penonton dan tampak para penonton ikut melantunkan lagu-lagu hits Laufey tersebut. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Baju Adat Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Kali Ini Baju Adat Tanimbar dari Maluku

BERIKUTNYA

8 Ide Lomba 17 Agustusan di Sekolah, dari Makan Kerupuk hingga Turnamen Esport

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: