Ilustrasi pantai (Sumber gambar: Esmonde Yong/Unsplash)

Cek Deretan Pantai Indah di Sepanjang Kawasan Pantura, Pemudik Wajib Melipir!

07 April 2024   |   21:08 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri kian dekat. Seiring dengan mendekatnya perayaan Lebaran, orang pun berbondong-bondong meninggalkan kota menuju desa untuk mudik. Pulau Jawa masih menjadi salah satu kawasan yang padat dengan hiruk pikuk pemudik, utamanya di sepanjang Jalan Pantai Utara (Pantura) yang menjadi lintas arteri Pulau Jawa.

Jalan sepanjang 1.316 km ini menghubungkan 5 provinsi mulai dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Pemudik yang melewati area ini pun akan bertemu dengan beberapa rest area dan tempat wisata unik untuk rehat atau sekedar melipir.

Kawasan pesisir Pantura pun banyak dilewati pantai indah yang sering menjadi  tempat pemudik singgah. Simak beberapa pantai di sepanjang kawasan Pantura yang wajib kamu sambangi saat melewati kawasan Pantura!

Baca Juga: Jelajahi Pesona Jepara: dari Benteng Portugis, Museum Kartini, hingga Pantai Teluk Awur

 

1. Pantai Morosari, Demak


Pantai Morosari menjadi salah satu destinasi yang dilewati pemudik saat melintasi sekitar Pantura. Pantai yang terletak di Jalan Semarang - Demak, KM 9, Morosari, Demak, Jawa Tengah. Pantai ini menyajikan pemandangan indah yang dilingkupi dengan pepohonan mangrove. Pantai ini juga sering menjadi spot melihat sunset yang eksotis.

Daya tarik pantai Morosari jua terletak pada wisata bahari yang indah. Pantai ini sering menjadi destinasi kunjungan bagi pemburu wisata olahraga air. Pantai ini juga buka sepanjang hari mulai pukul 06.00 hingga 21.00, sehingga pemudik bisa melipir ke pantai ini saat melewati kawasan Pantura.
 

2. Pantai Karang Jahe, Rembang

Melintasi jalur Pantura menuju ke Provinsi Jawa Tengah, pemudik juga akan melewati Kabupaten Rembang yang padat dengan wisata. Salah satu wisata pantai yang direkomendasikan adalah Pantai Karang Jahe yang terletak di Desa Punjulharjo, Rembang. Keindahan pantai ini tak terelakkan dengan deretan pohon cemara di pesisir pantai dan hamparan pasir putihnya.

Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam sembari berenang dan bermain pasir di sepanjang pantai. Selain itu, Pantai karang Jahe juga sering dijadikan wisata adventure seperti olahraga air dan berlayar, hingga outbound. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat beragam kegiatan masyarakat, seperti pembuatan garam yang dilakukan langsung oleh petani garam lokal.
 

3. Pantai Maldives Kemantren, Lamongan

Pantai Utara Jawa Timur melintasi Kabupaten Lamongan yang dikenal akan kulinernya. Selain kekayaan kuliner, Lamongan juga dikenal dengan keindahan pantainya. Pantai Maldives Kemantren menjadi destinasi populer dengan pesona air lautnya berwarna biru kehijauan mirip seperti pantai di Maldives.

Pantai yang buka 24 jam ini merupakan bagian dari wisata bahari di Lamongan selain Pantai Tanjung Kodok, Pantai Kutang, dan Pantai Pasir Putih Delegan.

Selain pesona air lautnya, daya tarik pantai ini terletak pada gazebo-gazebo bambu yang sederhana yang kerap menjaid tempat bersantai wisatawan bersama keluarga. Pantai ini melewati Jalur Pantura setelah Kabupaten Rembang dan Kabupatan Tuban.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pantai yang Eksotis di Pangandaran Buat Liburan

Editor: M. Taufikul Basari
 

SEBELUMNYA

Tips Mudik ke Rumah Mertua untuk Pengantin Baru: Dijamin Akur, Anti Canggung!

BERIKUTNYA

Mudik Lewat Tegal? Yuk Cek 4 Destinasi Wisata Menarik di Kota Bahari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: