Lumba-lumba di laut (Sumber foto: Unsplash/Leon Overweel)

Pencinta Lumba-Lumba Merapat, Ini Spot Perairan di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

13 May 2024   |   14:59 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Bagi Genhype pencinta lumba-lumba, kesempatan untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan mereka tidak selalu lewat atraksi wisata. Di perairan Indonesia, terdapat sejumlah spot yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati kehadiran lumba-lumba tanpa harus datang ke tempat atraksi khusus.

Di sana, Genhype juga dapat bertemu lumba-lumba dan melihat mereka berenang bebas di lautan lepas. Spot-spot ini juga menawarkan pengalaman yang intim, tempat kalian bisa merasakan kehadiran lumba-lumba secara lebih dekat dan membuat pengalaman wisata jadi lebih berkesan.

Di mana sajakah spot itu? Berikut adalah beberapa spot perairan di Indonesia yang bisa Genhype kunjungi untuk melihat lumba-lumba secara langsung. 

Baca juga: Masuk Tiga Besar Destinasi Scuba Diving Terbaik Dunia, Ini Spot Menyelam Terbaik di Indonesia
 

1. Pantai Lovina, Bali

Bagi yang punya rencana berwisata ke Pulau Bali, kalian wajib mengunjungi kawasan wisata bagian utara Pulau Dewata ini. Di sana terdapat sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan kehadiran lumba-lumba liar yang melintasi pantai pada pagi hari. Tempat itu adalah Pantai Lovina.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @justlandedmp4


Banyak sekali pengunjung yang berangkat pada pagi buta menggunakan perahu untuk menyaksikan langsung kawanan lumba-lumba. Selain melihat langsung kehadiran lumba-lumba, kalian juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan pemandangan pegunungan yang membentang hijau.

Suasana di Pantai Lovina juga cenderung lebih tenang dan tidak sepadat seperti di area Pantai Kuta. Lumba-lumba biasanya muncul antara pukul 05.00 hingga 08.00, jadi kalian harus bersiap-siap untuk menikmati momen indah tersebut saat matahari baru terbit. 
 

2. Teluk Kiluan, Lampung

Selanjutnya adalah Teluk Kiluan, surga tersembunyi yang ada di Lampung. Saat mengunjungi Teluk Kiluan, Genhype akan disuguhkan pemandangan pantai dengan gradasi warna biru toska yang dilengkapi dengan air jernih, terumbu karang, dan ikan hias yang dapat dilihat dengan jelas. 
 

Di Teluk Kiluan, kalian juga dapat menyaksikan lumba-lumba yang jumlahnya mencapai ratusan. Dilansir melalui Voice of Indonesia, Teluk Kiluan adalah jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba botol dengan tubuh yang lebih besar dan berwarna abu-abu, serta lumba-lumba paruh pisau yang lebih kecil dengan paruh panjang.

Kedua jenis lumba-lumba tersebut sangat banyak dan cukup akrab dengan manusia. Jika kalian ingin melihat lumba-lumba-lumba tersebut, lebih baik datang pada pukul 06.00 pagi waktu setempat.
 

3. Pulau Peucang, Banten

Bagi Genhype yang tinggal di Jakarta, ada satu spot menarik untuk melihat lumba-lumba yang cukup dekat dengan Jakarta, yaitu Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten.

Lantaran masih banyak orang yang belum mengetahui fakta ini, tidak heran jika keindahan alam Pulau Peucang masih tetap terjaga. Genhype dapat menyaksikan lumba-lumba dan bahkan berenang bersama mereka di laut.
 
 

4. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan, sekelompok pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni di lepas pantai timur Borneo di Laut Sulawesi, merupakan sebuah surga dengan air yang jernih dan kaya akan kehidupan laut.

Perairan di sekitar pulau-pulau ini dipenuhi dengan berbagai jenis ikan dan karang serta lumba-lumba, paus, dan bahkan dugong. Meskipun jumlahnya tak sebanyak di perairan lainnya, tapi kalian masih tetap bisa melihat lumba-lumba pemintal pada pagi hari di sekitar Pulau Maratua.
 

Baca juga: 4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Film Tarot, Adaptasi Novel Horor yang Berhasil Capai Puncak Box Office

BERIKUTNYA

10 Rumah Selebritas Dunia Termahal, Ada yang Seharga Rp3,2 Triliun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: