Ilustrasi TV Pintar (Sumber foto: Unsplash/Glenn Carstens Peters)

Smart TV vs Android TV: Pilih yang Mana?

12 May 2024   |   20:30 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Dahulu kita hanya mengenal TV analog, tetapi sekarang muncul berbagai jenis TV. Di antaranya Smart TV dan Android TV. Kedua jenis TV tersebut terbilang canggih, karena dapat terhubung dengan internet secara langsung. Dengan demikian konten yang disajikannya pun lebih kaya dibanding TV konvensional. 

Dengan kehadiran Smart TV dan Android TV, kalian dapat menikmati berbagai fitur canggih seperti streaming film, bermain game, dan menjelajahi internet langsung dari layar TV kalian. Akan tetapi, tak jarang sebagian orang kesulitan membedakan antara Smart TV dan Android TV. Nah, biar semakin jelas, dikutip dari tcl.com, berikut perbedaannya. 

Baca juga: Rekomendasi Smart TV, Melirik Fitur LED dan Sistem Audio
 

Apa Itu Smart TV dan Apa Itu Android TV?

Smart TV, sering juga disebut sebagai Internet TV, adalah televisi yang dapat mengakses program tambahan melalui internet. Ini seperti memiliki komputer tertanam di televisi kalian. Sebagian besar Smart TV dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang memungkinkan kalian bermain game, menonton video, dan streaming film, termasuk Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya.

Namun, sistem operasi pada Smart TV tidak dapat diperbarui, sehingga kalian tidak dapat mengakses aplikasi terbaru. Android TV, di sisi lain, adalah jenis Smart TV yang menggunakan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Ini berarti kalian dapat mengakses jutaan aplikasi dan game yang tersedia di Google Play Store.


Perbedaan Antara Smart TV dan Android TV

Android TV memiliki keunggulan dalam jumlah aplikasi yang tersedia berkat dukungan dari Google Play Store yang mengandung lebih dari 10.000 aplikasi. Hal memberikan pengguna Android TV kebebasan untuk mengunduh dan menggunakan berbagai aplikasi, seperti YouTube, Netflix, Hulu, dan Prime Video. Namun, Smart TV dengan sistem operasi lainnya, seperti Tizen OS atau WebOS, memiliki keterbatasan dalam aplikasi yang didukung.

Selai itu, Android TV lebih unggul dalam pembaruan aplikasi dan sumber daya media streaming karena perkembangannya yang aktif dan pengembangnya secara rutin mendorong pembaruan anyar. Android TV juga menawarkan pembaruan otomatis aplikasi, sedangkan pada Smart TV, sulit untuk mendapatkan pembaruan secara otomatis.

Selanjutnya, keunggulan asisten suara Google yang terintegrasi membuat Android TV menonjol. Pengguna Android TV dapat dengan mudah beralih saluran dan mencari program melalui kontrol suara tanpa perangkat input tambahan. Di sisi lain, pengguna Smart TV harus memasukkan konten dengan keyboard ukuran penuh. 

Hal lainnya, kalian dapat memantulkan aplikasi favorit langsung ke Android TV dari ponsel Android berkat Google Assistant dan Chromecast bawaan. Namun, hal ini tidak mungkin terjadi pada Smart TV tanpa peralatan proyeksi tambahan, yang berarti biaya dan usaha tambahan.


Android TV atau Smart TV, Mana yang Lebih Baik?

Secara keseluruhan, Android TV dan Smart TV adalah produk TV utama di pasar saat ini, dan masing-masing memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Android TV menawarkan lebih banyak pilihan dalam fungsi tambahan dan perpustakaan aplikasi, sementara Smart TV biasanya memiliki antarmuka yang lebih ramah pengguna dan berjalan lebih cepat karena memiliki sedikit aplikasi yang diluncurkan. Apa pun pilihannya, keduanya adalah pilihan yang solid untuk meningkatkan pengalaman menonton kalian. 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Beli CCTV

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Deretan Youtuber Korea Selatan dengan Konten Indonesia Paling Terkenal

BERIKUTNYA

Serunya Mini Konser Maliq & D Essentials di Bundaran HI, Kode Segera Konser Tunggal?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: