Smart TV dari Sharp, Aquos XLED. (Sumber gambar : Sharp)

Rekomendasi Smart TV, Melirik Fitur LED dan Sistem Audio

19 February 2024   |   07:39 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Smart TV semakin menjadi pilihan di tengah penerapan siaran digital dan teknologi yang kian canggih. Selain desain elegan, fitur yang ditawarkan pun semakin beragam, mulai dari adanya konektivitas internet hingga bisa mendengarkan perintah suara.

Sejumlah vendor pun berlomba untuk menghadirkan televisi pintar ini di Indonesia, salah satunya Sharp. Head of AUVI Product Strategy PT Sharp Electronics Indonesia Ardy menyampaikan penjualan smart TV meningkat pesat pada awal Januari 2023 seiring adanya penghentian siaran analog. 

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Murah 2024, Cocok Buat Kaum Mendang Mending

Kendati demikian, penjualan smart TV masih terpusat di kota besar lantaran di luar kota tersebut belum tersedianya WiFi secara merata. Namun Ardy meyakini pada 2024, infrastruktur terutama jaringan internet di daerah akan meningkat yang nantinya berdampak positif kepada penjualan produk ini.


1. Sharp Aquos XLED 4K

Sharp pun berupaya melengkapi lini produk ini untuk menggapai pasarnya di Indonesia. Perusahaan asal Jepang ini pada 2023 membawa Aquos XLED 4K yang diklaim memiliki tampilan visual lebih bagus dan pengalaman audio berkualitas.

Dia menerangkan Aquos XLED hadir dalam dua ukuran besar 65 inci dan 75 inci. Tidak dipungkiri market televisi ukuran besar menurutnya permintaannya meningkat pesat. Hal ini lantaran, pasar menengah ke bawah yang identik memilih dengan TV ukuran 42 inci ke bawah, sangat terimbas ekonomi. 

TV pintar ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan. Sharp Aquos XLED membenamkan teknologi Xtreme mini-LED. Bisa dikatakan, televisi ini memiliki ribuan lampu LED dengan jumlah 88 kali lebih banyak dibanding TV biasa. 

Mini–LED ini berukuran 1/10 dari lampu LED TV biasa dan dapat menghasilkan kecerahan 6x lebih terang daripada TV konvensional biasa serta dapat mengontrol pencahayaan gelap dan terang secara akurat dengan menciptakan lebih dari 2.000 dimming zone.

“XLED ini menggunakan mini LED yaitu sumber cahaya yang lebih kecil. Jadi semakin kecil sumber cahayanya, kualitas gambar yang dihasilkan itu akan makin detail,” ujarnya. 

Sharp Aquos XLED juga mengadopsi teknologi Deep Chroma Quantum Dot (QD) untuk menampilkan cakupan warna tertinggi dalam sejarah Aquos TV. Selain itu, area gamut warnanya lebih dari 20% dibandingkan dengan tampilan konvensional untuk pengalaman visual yang lebih imersif.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan yakni dari sisi audio. Aquos XLED membawa sistem speaker surround ARSS+ yang dilengkapi 11 speaker, mengelilingi layar. Fitur ini diaktifkan oleh kombinasi speaker yang unggul dalam rentang frekuensi tinggi, sedang, dan rendah. Audionya semakin mantap dengan dukungan Dolby Atmos. 

Sharp juga mengintegrasikan Google TV ke dalam Aquos XLED. Dengan demikian, pengguna bisa menjelajahi konten layanan streaming dengan lebih dari 700.000 judul film dari berbagai genre. Fitur lainnya, TV ini dibekali interface yang mendukung VRR, ALLM, dan eARC, standar HDMI 2.1 terbaru untuk menghubungkan konsol gim yang kompatibel dengan 4K120Hz HDR dan mendukung AMD FreeSync Premium.

National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo mengatakan Sharp Aquos dibanderol Rp39,9 juta untuk ukuran 65 inci dan Rp59,9 juta untuk ukuran 75 inci.


2. Toshiba Smart TV & Android TV

Bicara TV pintar, Toshiba pada tahun lalu meluncurkan 2 line up utama yakni Smart TV dan Android/Google TV. Manager Marketing Toshiba TV Indonesia Imam Firdaus menyampaikan ada 3 konsep dari TV Toshiba yang jadi fokus pengembangan dan penjualan produk, diantaranya kualitas Gambar, kualitas audio, dan design. 

Untuk kualitas gambar, Toshiba TV meluncurkan engine terbaru yang menggunakan fitur artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan kinerja hardware dan mendeteksi secara langsung konten apa yang sedang diputar. Fitur upscaling juga tersedia untuk semua line-up 4K. “Jadi meskipun TV tidak memutar konten sesuai dengan resolusi tertinggi, tapi tetap bisa menampilkan gambar dengan baik,” tutur Imam. 

Toshiba TV juga meluncurkan seri Z870 Mini LED dan Z670 Gaming TV yang punya refresh rate tinggi sampai 144hz native panel. Produk ini memiliki tuning gambar langsung dari tim ahli Toshiba TV yang ada di Jepang.

Bicara kualitas audio, Andry menyebut jumlah speaker yang ada pada TV Toshiba lebih banyak dibandingkan dengan yang dimiliki kompetitor. Z670 memiliki 3 speaker sementara Z870 dilengkapi 5 speaker. Speaker ini terbagi menjadi bass woofer, tweeter, dan speaker layar. 

“Harmonisasi suara yang keluar dari TV juga diatur keseimbangannya, jadi tidak semata-mata banyaknya speaker langsung membuat suara yang dihasilkan keras atau lantang saja,” jelasnya.

Dengan kelebihan sistem audio yang ditawarkan, Toshiba katanya ingin memberikan TV menjadi paket home entertainment yang lengkap tanpa harus membeli perangkat audio tambahan lagi. Bicara desain, TV Toshiba katanya sudah bezelless. Jadi TV tetap terlihat cantik meskipun kondisi dimatikan dan akan menyatu dengan design interior ruangan. 

Baca juga: Ragam Produk Smart Home, Cocok Buat Kaum Urban

Smart TV Toshiba juga menawarkan 2 opsi dari operating sistem. Smart TV dengan akses aplikasi streaming lengkap, tampilan UI yang mudah untuk digunakan, dan akses yang lebih ringan. Sementara Android/Google TV memiliki berbagai macam aplikasi yang familiar ditemukan di smartphone. “Dari launching September, penjualan TV gaming rata-rata 45 unit per bulan,“ tambah Imam. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jangan Asal, Begini Kiat Memilih Suplemen yang Tepat Untuk Kesehatan Tubuh

BERIKUTNYA

9 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Motor Listrik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: