Masyarakat dapat menikmati beragam hiburan yang tidak didapat dari televisi biasa di Smart TV (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ cottonbro studio)

Ini Beda Android TV & Smart TV

18 May 2023   |   09:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seiring perkembangan teknologi, televisi sebagai salah satu media hiburan di dalam rumah kini kian canggih. Sejumlah inovasi yang diterapkan produsen membuat masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk memperoleh hiburan. Mereka dapat menikmati hiburan seperti menonton film-film bioskop tanpa perlu bermacet ria atau antre membeli tiket. 

Hiburan itu adalah berupa Smart TV atau televisi pintar. Pada saat ini, banyak masyarakat memilih televisi pintar dibandingkan dengan televisi biasa lantaran berbagai macam fitur canggih yang berada di dalamnya. 

Dengan fitur-fitur yang ada, mereka dapat melakukan beragam kegiatan dan menikmati hiburan yang tidak dapat diperoleh dari televisi biasa. 

Tidak jauh berbeda, media yang disebut dengan Android TV itu juga menawarkan beragam hiburan yang tidak terdapat dalam televisi pada umumnya. Media hiburan di dalam rumah ini juga menjadi pilihan bagi banyak orang pada saat ini. 

Banyak individu dapat menikmati beragam hiburan di media yang sering disebut oleh Android TV maupun Smart TV itu.  Berikut sejumlah perbedaan antara keduanya dirangkum dari berbagai sumber:
 

Smart TV

Dikutip dari laman Samsung, secara singkat, televisi pintar adalah gabungan antara televisi, internet, dan aplikasi.
 
Televisi ini memiliki berbagai kelebihan, seperti menyediakan layanan konten di luar saluran televisi pada umumnya. Pengguna dapat menikmati layanan video on demand (VOD), aplikasi video streaming youtube, gim, siaran olahraga, “berselancar” di dunia daring, dan  sebagainya.

Pengguna televisi pintar juga dapat menikmati siaran televisi kabel dan juga satelit berbayar. Selain itu, media pintar ini juga dapat tersambung ke gawai pintar yang dimiliki oleh individu dan memungkinkan untuk melihat konten dalam gawai melalui televisi. 

Televisi pintar juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas terkait dengan media tersebut melalui pengenalan suara.  

Kemudian, Smart TV  biasanya juga memiliki sistem operasi yang digunakan untuk menajalankannya.
Ada berbagai macam sistem operasi yang disematkan oleh produsen ke dalam televisi pintar.

Setiap produsen biasanya memiliki sistem yang berbeda dengan produsen lainnya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga menggunakan sistem operasi terbuka yang dapat digunakan oleh televisi pintar lainnya.  

 

Salah satu TV Pintar (Sumber foto TLC)

Salah satu TV Pintar (Sumber foto TLC)

 

Android TV

Sementara itu, Android TV merujuk kepada televisi yang menggunakan sistem operasi android di dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, televisi pintar menggunakan beragam sistem operasi untuk menjalankannya dan sistem android adalah salah satunya. 

Dikutip dari laman TCL, Android TV bisa menjadi bagian dari Smart TV. Sistem ini adalah platform terbuka, sehingga bisa digunakan oleh produsen televisi apa saja. 

Televisi yang menggunakan sistem operasi ini bisa melakukan banyak hal layaknya berkegiatan dengan televisi pintar, seperti bermain gim dan menggunakan aplikasi apa saja yang ada tanpa batasan. 

Baca juga: Perkembangan Teknologi Layar Televisi Dari Masa ke Masa, Sekarang Era Pertarungan Kerapatan Piksel

Tidak hanya itu, televisi dengan sistem Android TV juga disebut mudah digunakan oleh individu lantaran memiliki desain tampilan yang sederhana. 

Selain Android, dirangkum dari beberapa sumber, sistem operasi yang juga digunakan dalam sejumlah televisi pintar adalah Roku OS, WebOS, Firefox OS, dan Tizen. 

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Tiket Konser Coldplay di Jakarta Sold Out, Tapi Masih Ada Harapan Dapat Tiket!

BERIKUTNYA

Review Kursi Relaksasi Berteknologi AI: Pijatan Lebih Akurat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: