Televisi pintar Xiaomi TV Q1E 55 inci (Sumber gambar: Xiaomi)

Xiaomi TV Q1E 55 Inci Meluncur ke Indonesia, Bisa Tangkap Siaran Digital? 

14 June 2022   |   10:33 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Vendor perangkat elektronik asal China, Xiaomi, belum lama ini menambah portofolio produknya di pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan tidak memperkenalkan ponsel pintar terbarunya tetapi mengumumkan kehadiran teve pintar (smart tv), Xiaomi TV Q1E 55 inci

Perangkat ini diperkenalkan sebagai bentuk komitmen Xiaomi untuk memperkuat jajaran perangkat internet of things (IoT) yang tengah menjadi fokus perusahaan dalam beberapa waktu terakhir. Jadi selain smartphone, mereka juga punya sejumlah produk elektronik lain seperti jam tangan pintar, peranti audio, hingga teve pintar. 

Xiaomi TV Q1E 55 inci memiliki layar dengan resolusi 4K Quantum Dot-based LED (QLED) untuk menghasilkan gambar yang jernih dan teknologi MEMC hingga 60Hz yang membuat perpindahan dan pergerakan gambar menjadi lebih halus. 

Baca Juga : Xiaomi x Leica Kembangkan Teknologi Kamera untuk Smartphone 

Teve juga memiliki standar DCI-P3 hingga 97 persen dengan spektrum warna NTSC 10 persen. Ada juga teknologi Dolby Vision dan HDR10+ dengan tingkat kecerahan, warna, dan kontras yang dihasilkan menjadi lebih hidup. 

Dari segi tampilannya, teve pintar anyar ini hadir dengan layar ramping tanpa bingkai, dudukan yang terbuat dari paduan aluminium tipis, dan sisi bezel yang tidak lebar. Hal ini memberikan kesan bahwa produk ini punya rentang layar yang lebih lebar. 

Sementara itu, dari segi perangkat lunaknya, teve ini sudah menjalankan sistem operasi berbasis Android TV 10 dan telah memiliki Chromecast. Dengan begitu, perangkat dapat terhubung ke perangkat lain seperti ponsel, tablet, atau laptop untuk operasional yang lebih fleksibel. 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Remote TV Terbaik 2022 

Pengontrol atau remote yang disediakan juga memiliki beberapa fitur khusus untuk memudahkan pengguna mengakses sejumlah kanal. Misalnya Netflix dan Amazon Prime. Selain itu, tersedia juga Google Assistant untuk mengakses televisi menggunakan perintah suara. 

Hal lain yang penting diketahui seiring dengan program pemerintah melakukan pemberhentian siara televisi analog dan beralih ke televisi digital, kemampuan perangkat untuk menangkap siaran digital sangat penting sehingga pengguna tetap bisa menyaksikan kanal-kanal yang ada. 

Untuk itu, perangkat terbaru dari Xiaomi ini dinyatakan sebagai smart tv pertama dari perusahaan yang mendukung DVB T-2, sebuah sistem transmisi terrestrial digital. Kehadiran sistem ini memungkinkannya untuk menangkap siaran televisi digital secara langsung tanpa perlu perangkat tambahan. 

Baca Juga : Ini Perbedaan Antara Siaran TV Analog dan Digital 

Untuk harga dan ketersediaan, Xiaomi membanderol televisi pintar Xiaomi TV Q1E 55 inci di Indonesia dengan harga Rp8,49 juta. Perangkat ini sudah tersedia di Xiaomi Store, Erafone, Selected Xiaomi Shop dan toko daring Xiaomi Indonesia. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Manfaat Madu Manuka khas Selandia Baru

BERIKUTNYA

Mau Bisnis F&B? Simak 3 Hal yang Harus Diperhatikan Produsen Makanan & Minuman Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: