Peluncuran sistem operasi smart tv Coolita OS (Dok. Coocaa)

Coocaa Rilis Sistem Operasi Smart TV Sendiri, Ini Fitur-fiturnya

01 September 2021   |   21:37 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Penyedia layanan televisi pintar (smart tv) Coocaa resmi merilis sitem operasi pertama yang dikembangkan oleh perusahaan. Sistem operasi itu diberi nama Coolita OS yang diklaim bakal memberikan pengalaman pemakaian lebih terasa nyata alias immersive.

General Manager of Coolita Global Business Department, Raul Hua, mengatakan bahwa Coolita OS merupakan hasil dari pemahaman mendalam perusahaan mengenai kebutuhan konsumen akan televisi pintar.

"Melalui inovasi berkelanjutan dan kerja sama strategis, kami berharap dapat menciptakan ekosistem smart tv yang lebih luas dan lebih baik," katanya dalam peluncuran virtual, Rabu (1/9).

Dijelaskan bahwa sistem operasi Coolita merupakan lite web OS yang dihasilkan dari Linux Karnel untuk menawarkan pengalaman pemakaian televisi pintar yang lebih ringan, lancar, dan nyaman.

Coolita OS 1.0 yang diluncurkan saat ini mengusung konsep desain cool dan clear, dengan memberikan tampilan antarmuka (user interface) pengguna yang sederhana dan mudah digunakan.

Sistem operasi besutan Coocaa ini juga menyediakan berbagai pilihan hiburan dan aplikasi yang dapat dinikmati termasuk YouTube dan CC Plus—platform streaming terintegrasi yang didukung oleh Coolita OS dengan suguhan konten global dan lokal.

Coocaa juga menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan, CC Cast, yang dapat memproyeksikan konten dari perangkat Android ke layar televisi menggunakan jaringan area lokal, tanpa perlu internet.

Fitur lainnya yang ada pada sistem operasi baru ini termasuk Data Saver sebagai pengingat data real-time untuk membantu mengelola pemakaian data. Ada juga Mode Proteksi Mata untuk perlindungan terhadap cahaya biru berlebih.

Smart tv pertama dengan Coolita OS
 
Coocaa S3U (Dok. Coocaa)

 
Bersamaan dengan pengumuman Coolita OS, Coocaa juga mengumumkan kehadiran televisi pintar pertama yang menggunakan sistem operasi baru tersebut, yakni Coocaa S3U.

Perangkat tersebut memiliki ukuran layar 32 inci OLED dengan resolusi 1366x768 piksel serta rasio layar 16:9. Cooca juga menyematkan lima mode gambar yang bisa disesuaikan termasuk standar, vivid, game, movie, dan sports.

Sementara dari sisi spesifikasi audionya, perangkat televisi pintar ini menggunakan dua speaker tunggal dengan daya 10W berteknologi Cooca Sound AES (audio enhanced surround). Tak ketinggalan juga fitur dan efek Dolby Audio.

Spesifikasi lainnya mencakup central processing unit (CPU) memakai A35*4 dan graphics processing unit (GPU) memakai Mali G31. Perangkat memiliki penyimpanan 512MB DDR dan 4GB Flash.

Coocaa S3U juga telah tersedia di pasar Indonesia melalui platform dagang elektronik (ecommerce) seperti JD.ID, Lazada, dan Shopee. Perusahaan membanderol televisi pintar anyarnya itu dengan harga Rp2,09 juta.



Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Deretan Artis K-pop yang Debut & Comeback September 2021

BERIKUTNYA

Simak Topik Terhangat Sepanjang Offseason NBA 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: