Dr Vegapunk di anime One Piece (Sumber gambar: X/One Piece)

One Piece Chapter 1114: Cerita Vegapunk soal Abad Kekosongan Bikin Pemerintah Ketar-ketir

10 May 2024   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Materi raw komik One Piece kembali bermunculan di dunia maya. Dalam chapter 1114, Eiichiro Oda yang menjadi penulisnya melanjutkan aksi Dr. Vegapunk yang memberikan informasi rahasia kepada orang-orang di seluruh dunia saat ini. Hal itu membuat Pemerintah dan Angkatan Laut ketar-ketir. 
 
Dalam chapter 1113, Oda menutup kisahnya dengan keterangan Dr. Vegapunk yang menyatakan bahwa dunia akan tenggelam dengan air laut. Keterangan itu mendapatkan respons yang berbeda dari banyak orang dalam chapter 1114. 
 
Banyak yang melihat dan mendengarkan siaran sang dokter jenius itu menertawakan prediksinya. Mereka tidak percaya dengan apa yang dikatakannya. Namun, beberapa karakter juga memikirkan tentang kemungkinan yang dibicarakan oleh Vegapunk.

Di markas besar Angkatan Laut, banyak anggota yang mempertanyakan apakah Vegapunk sadar dengan apa yang dikatakannya. Meskipun begitu, Fleet Admiral Sakazuki tidak berbicara banyak tentang hal tersebut. 

Baca juga: Konser One Piece Music Symphony di Jakarta Digelar 10 & 11 Agustus 2024, Cek Harga Tiketnya

Di Mock Town, masyarakat menertawakan prediksi yang diungkap. Mereka mempertanyakan bagaimana dunia bisa tenggelam. Tidak hanya itu, banyak orang di kota ini juga menganggap Vegapunk gila dan mencoba untuk membuat orang panik serta membawa mati semua orang bersamanya. 
 
Orang-orang di kota air Water Seven juga diperlihatkan mempertanyakan prediksi Vegapunk. Mereka menuturkan bahwa ramalan tokoh jenius itu mungkin menjadi kenyataan jika yang dibicarakan adalah kota tempat mereka tinggal. Namun, tidak jika yang dimaksud dunia secara keseluruhan. 
 
"Akan tetapi seluruh dunia tenggelam? Butuh lebih dari sekadar air pasang untuk melakukan itu. Benar kan?," ujar banyak orang. 
 
Di penjara Impel Down, tahanan dan juga mantan shichibukai Doflamingo tertawa dengan informasi dari Vegapunk. Sang penjaga, yakni Magelan, yang berada di luar sel melawan Doflamingo jika perkiraan itu benar. Magelan mengungkapkan bahwa kenaikan air laut setinggi 1 meter yang baru saja terjadi sudah merupakan sebuah kekacauan.
 
Di pulau manusia ikan yang berada di bawah laut, Raya Kerajaan Ryugu, yakni Neptune menilai bahwa prediksi dari Vegapunk tentang dunia yang tenggelam merupakan sebuah keanehan. 
 
Sementara di Pulau Egghead - tempat sumber siaran dan juga pertarungan antara bajak laut Topi Jerami dengan pemerintah dunia melalui Gorosei dan lainnya - para Angkatan Laut menilai prediksi itu konyol. 
 
Terlepas benar atau tidak, mereka meyakini bahwa ramalan sang dokter yang merupakan ilmuwan terhebat di dunia dapat menimbulkan kepanikan di dunia. Mereka marah dan menilai kebohongan dan kegilaan yang dilakukan oleh Vegapunk sudah di luar batas. 
 
Ketika banyak orang meragukan prediksinya, sang dokter meneruskan ramalannya. Dia mengungkapkan bahwa gempa bumi dahsyat akan terjadi di dunia beberapa hari setelah rekaman dilakukan, jika data sensor yang dimiliki benar. Setelah gempa itu, permukaan laut dunia akan mengalami kenaikan 1 meter.

Beberapa pulau tidak akan bisa lagi dihuni oleh orang-orang sebagai akibatnya. "Jika ini tidak terjadi, silahkan kalian abaikan sisa pesan ini. Namun, jika hal ini benar-benar terjadi, maka tolong dengarkan apa yang akan aku katakan," ujar Vegapunk. 
 
 
Dalam penjelasan lanjutan, Vegapunk menuturkan bahwa gempa dahsyat yang terjadi di dunia tidak bisa dikatakan sebagai fenomena alam biasa. 
 
Dia pun mengungkapkan tentang dirinya yang selalu naif dalam mencari kedamaian dan kemakmuran, sehingga membawa kepada sesuatu yang dinilai sebagai dosa besar pertama. Sang dokter mengaku terpaku terhadap mimpi untuk mengembangkan sumber tenaga yang abadi. 
 
Vegapunk bertekad membawa dunia ke masa depan yang lebih besar dan cerah. Namun, dia mengaku "terbang" terlalu dekat dengan "matahari". "Harusnya aku tidak besar kepala," ujarnya. 
 
Dia menjelaskan bahwa semua pihak harus mengetahui masa lalu untuk memahami arah dunia, terutama sejarah yang terjadi antara 900 dan 800 tahun yang lalu, atau periode 100 tahun yang dianggap sebagai bagian kosong dalam sejarah.
 
"Lebih tepatnya, itu dikenal sebagai abad kekosongan karena seluruh informasi tentang itu telah dihapus atau hilang, dan itu benar," katanya. 
 
Dia menuturkan ada satu kunci untuk membuka beberapa potongan dan gema pada masa itu, yakni poneglyph. Tulisan yang terukir di batu itu akan menjadi satu-satunya metode untuk melihat masa lalu yang tidak diketahui setelah diterjemahkan. Sayangnya, aktivitas penerjemahan tulisan di poneglyph dianggap pemerintah sebagai sesuatu yang tabu.

Vegapunk terpaksa mengkhianati pemerintah dengan mempelajari masa terlarang itu sendirian. Dia menilai bahwa aktivitas ini sebagai dosa terbesar kedua dirinya. Dalam menerjemahkan tulisan itu, dia cukup beruntung lantaran beberapa dokumen dari sebuah grup arkeolog sehingga bisa mengartikannya. 
 
"Aku mengejar penelitian ini sejauh yang aku mampu dan aku tidak menyesal sama sekali," katanya. 
 
Dia mengaku hanya tahu sebagian kecil tentang kisah 100 tahun itu. Vegapunk juga mengatakan tidak bisa meninggalkan semua orang dengan spekulasinya. Jadi, sang ilmuwan hanya membicarakan fakta yang diketahui.
 
Pria yang menjadi incaran Gorosei itu mengungkapkan bintang dari kisah tersebut lahir 900 tahun lalu di sebuah kerajaan yang maju dan berlimpah. Sama seperti Nika, yakni dewa matahari yang legendaris dari dongeng suku Elbaf, individu itu bertarung dengan tubuh yang elastis dan dapat memanjang. 
 
Pada saat itu, orang-orang memanggilnya dengan sebutan Joy Boy. Vegapunk membocorkan bahwa sang individu adalah orang pertama yang pergi ke laut dan disebut sebagai bajak laut. 
 
Sepanjang siarannya, sejumlah orang di dunia mendapati bahwa prediksi yang dikatakan tentang banjir terbukti benar. Beberapa pulau mengalaminya dan orang-orang yang tinggal harus mengungsi lantaran air laut mengalami kenaikan dan menenggelamkan tempat tinggal mereka. 
 
Di sisi lain, para Gorosei berusaha secepat mungkin menghentikan siaran langsung tersebut dengan cara melenyapkan siput yang menjadi media penyiaran. Mereka juga ingin melenyapkan semua makhluk hidup terkait dengan siaran tunda itu. 
 
Tidak hanya itu, informasi tersebut membuat para Tenryuubito mengutuk angkatan laut karena tidak mampu menghentikan Vegapunk. Selain itu, pertarungan antara kapten bajak laut Topi Jerami, yakni Monkey D. Luffy dengan Gorosei juga masih terus berlanjut. 
 
Dua raksasa dari Elbaf yang membantu Luffy mengajak untuk pergi setelah salah satu Gorosei mengeluarkan serangan api. Sang kapten yang berada dalam wujud Nika mencoba tetap memberikan serangan. 

Baca juga: Sukses Bikin Live Action, Netflix Bakal Remake Serial Anime One Piece

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Tengah Gelombang Panas

BERIKUTNYA

5 Karakter Baru di Film Kingdom of the Planet of the Apes, Noa jadi Pahlawan Spesies Kera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: