Pagelaran Sabang Merauke 2023 (Sumber gambar: pagelaransabangmerauke.com/)

Pagelaran Sabang Merauke Buka Audisi untuk 22 Penari Berbakat dari Seluruh Indonesia

24 February 2024   |   20:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertunjukan seni dan budaya kolosal Pagelaran Sabang Merauke dengan tema Pahlawan Nusantara akan diadakan pada Agustus 2024 di Jakarta International Expo Convention Centre & Theatre, Kemayoran, Jakarta. Penyelenggara membuka audisi untuk pertunjukan yang akan melibatkan lebih dari 300 penari itu.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Hypeabis.id, audisi tersebut bertujuan menjaring 22 penari berbakat dari seluruh Indonesia dan terbuka untuk para penari dengan usia 19 – 35 tahun yang memilii kemampuan menari tarian daerah dan kontemporer.

Baca juga: Eksklusif Sutradara Joko Anwar: Siksa Kubur Bukan Sinema Dakwah atau Film Setan

Presiden Direktur & CEO iForte dan Protelindo Group F. Aming Santoso mengatakan bahwa alasan penyelenggara melakukan audisi adalah untuk menghadirkan pertunjukan yang berkualitas dan inspiratif.

“Oleh karena itu, kami ingin melibatkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia, termasuk para penari muda yang berbakat untuk turut menunjukkan kemampuan mereka dan menjadi bagian dari pertunjukan kolosal ini,” katanya.

Proses seleksi akan berlangsung dengan ketat. Para juri yang terdiri dari sutradara Pagelaran Sabang Merauke Rusmedie Agus, koreografer Sandhidea Cahyo Narpati & Pulung Jati Ronggo, penari papan atas Didik Nini Thowok, musisi ternama Isyana Sarasvati, dan penasehat The Resonanz Music Giok Hartono akan memilih 50 finalis.

Para peserta wajib mengirimkan video berisi tarian secara daring guna dinilai oleh para juri. INdividu-individu yang akan terpilih menjadi finalis akan menjalani tahap penjurian secara luring atau offline di Yogyakarta.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @pagelaransabangmerauke


“Dari sini, 22 penari terbaik akan dipilih dan mendapatkan bimbingan intensif untuk turut tampil di Pagelaran Sabang Merauke yang akan datang,” ujarnya.

Musisi dan juri Isyana Sarasvati mengungkapkan bahwa para juri mencari calon penari yang memiliki kemampuan teknis dengan menguasai tari tradisional, keterampilan dalam teknik tari kontemporer berbasis tradisi nusantara, sampai penguasaan teknik tari kontemporer barat seperti balet, hip-hop, dan modern. Selain itu, para juri juga memiliki kepercayaan bahwa keindahan tarian tidak hanya terletak pada ekspresi.

“Keselarasan tubuh dengan tempo dan ritme musik menjadi kunci untuk menciptakan sebuah karya tari yang memukau dan menginspirasi,” paparnya.

Silvi Liswanda, Executive Producer PSM dan Wakil Presiden Direktur iForte, berharap audisi yang dijalani dapat memberikan kesempatan kepada penari-penari dari daerah, sehingga bisa tampil di suatu pagelaran tari di kota besar.

“Apalagi yang akan kami gelar sangat special berskala kolosal dan juga bisa disebut sebagai salah satu pagelaran Broadway. Semoga dengan bertambahnya penari dari berbagai daerah di Indonesia ini bisa membuat Pagelaran Sabang Merauke ini menjadi lebih kaya akan keberagaman Indonesia,”katanya.

Dia menuturkan, pendaftaran audisi online sudah dibuka mulai dari 19 Februari 2024 dan masih berlangsung hingga 31 Maret 2024. Para peserta dapat mendaftarkan diri melalui website resmi Pagelaran Sabang Merauke www.pagelaransabangmerauke.com dengan menyertakan video singkat yang menunjukkan kemampuan menari mereka.

Pagelaran Sabang Merauke bertema Pahlawan Nusantara akan memadukan aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional.

Pagelaran ini melibatkan banyak tokoh seni yang turut menyukseskannya, seperti Rusmedie Agus sebagai sutradara, Dian HP sebagai music arranger bersama Ammir Gita dan Meidy Ratnasari, Sandhidea Cahyo sebagai lead koreografer, Avip Priatna sebagai konduktor dari Jakarta Music Orchestra.

Avip akan tampil beserta Batavia Madrigal Singers dan beberapa penyanyi Indonesia seperti Isyana Sarasvati, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Alsant Nababan, Gabriel Harvianto, Nino Prabowo, Yuyun Arafah, Swain Mahesa, dan masih banyak lainnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Panggung & Red Carpet Oscar Siap Dibangun, Sejumlah Jalan di Hollywood Ditutup

BERIKUTNYA

Agak Laen Tembus 7 Juta Penonton, Siap Berubah Jadi Manusia Silver

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: