Pagelaran Sabang Merauke kembali digelar pada 12-13 November 2022 di Ciputra Artpreneur, Jakarta (sumber gambar iForte)

Sajikan Konsep Berbeda, Pagelaran Sabang Merauke Kembali Dihelat di Jakarta

29 October 2022   |   19:39 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pertunjukan bertajuk Sabang Merauke yang melibatkan ratusan seniman dan puluhan musisi kembali digelar pada 12-13 November 2022 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Digelarnya lagi pementasan ini sebagai pesan pada generasi muda agar mereka dapat mengenal dan  melestarikan budaya Indonesia.

Adapun, pementasan ini merupakan hasil kolaborasi PT iForte Solusi Infotek dengan Bank BCA. Sebelumnya, Pagelaran Sabang Merauke sempat digelar di Candi Prambanan pada 26 Maret, dan 3-5 Juni 2022 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. 

Baca juga: Agenda Pertunjukan Teater Oktober 2022, Ada Teater Koma dan Aksi Teatrikal  Sejarah!

"Lewat pertunjukan ini masyarakat diharap semakin mengenal, mencintai, dan ikut melestarikan ragam budaya Nusantara. Mulai dari musik, lagu, tari-tarian, hingga busana yang menjadi ciri khas tiap daerah" ujar Wakil Presiden Direktur iForte, Silvi Liswanda saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/10).

Setali tiga uang, Senior Vice President BCA, Norisa Saifuddin juga  berharap lewat pementasan ini dapat menjadi social movement yang menggerakkan setiap orang, khususnya generasi muda agar semakin mengenali dan bangga dengan kearifan lokal budaya Indonesia.

Adapun, Sutradara Rusmedi Agus menuturkan, Pagelaran Sabang Merauke kali ini akan lebih megah dengan pembaruan di sisi panggung, multimedia, tata suara, dan tarian tradisional. Lewat pertunjukan ini para penonton nantinya akan diajak menyelami keindahan dari khazanah budaya Tanah Air.

"Untuk pertunjukan di Ciputra kali ini kami akan membuat perubahan yang lebih dinamis. Di wilayah tata panggung akan kita buat lebih glamour dengan kostum dari desainer kenamaan Indonesia. Sementara itu dari sisi koreografi akan ada juga tambahan baru, dan tentunya akan ada juga fashion show," papar Agus.

Menurut sang sutradara dalam gelaran ini mereka juga kembali mendapuk sejumlah penata tari tradisional dan modern yang akan terlibat, seperti Sandidhea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir, dan Rizky Dafin. 

Sementara itu, Kikan Namara, music director sekaligus lead vocal mengungkap, pementasan ketiga ini akan semakin megah karena ada kolaborasi terbaru dengan Batavia Madrigal Singers  yang menjadi juara European Grand Prix for Choral Singing 2022.

Mantan vokalis grup band Cokelat itu mengatakan, nantinya suansa  etnik kedaerahan juga makin kental dalam Pagelaran Sabang Merauke berkat Kidung & Team di bagian penata musik tradisional dari Ava Victoria & Team Orchestra.

"Acara ini bukan hanya tentang mencintai kebudayaan Indonesia lewat khazanahnya yang luar biasa, karena hasil dari penjualan tiket akan didonasikan pada pelaku seni tradisi di Tanah Air, "papar Kikan.

Mengusung konsep live performance, Pagelaran Sabang Merauke akan menyajikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional yang dirangkai secara harmonis. Untuk mewujudkan hal itu sebanyak enam penyanyi nasional, 46 musisi tradisional dan modern, serta 144 penari profesional turut dilibatkan.

Kemegahan pementasan ini juga akan terasa dari rangkaian busana adat dan etnic modern Nusantara yang disiapkan berbagai desainer kenamaan Indonesia seperti Era Sukamto, Ivan Gunawan, dan Iwan Tirta Private Collection.

Ada juga karya dari Ghea Panggabean, Denny Wirawan, Danny Satriadi, Priyo Oktaviano, Griya Ageman, Sanggar Kancil Art, Opi Bachtiar, Levico Butik, Laxmi Tailor, Rinaldi A. Yunardi, dan Bagas Nitorang.

Selain dapat menikmati seni pertunjukan di panggung utama, dalam gelaran kali ini para pengunjung  juga akan diajak menyelami keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan. Akan ada  juga festival UKM  untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa. 

Berbeda dengan dua pementasan sebelumnya yang hanya bisa disaksikan oleh tamu undangan, kali ini Pagelaran Sabang Merauke juga dapat juga dinikmati masyakarat umum. Adapun, yang tertarik menonton pertunjukan ini tiketnya bisa dibeli secara online di aplikasi Blibli dengan harga Rp100.000.

Baca juga: Bawa Lakon Roro Jonggrang, Teater Koma akan Gelar Pertunjukan di Graha Bakti Budaya TIM

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Wardah Satukan 7 Desainer Fashion Lokal di JFW 2023 Dalam Beauty Forward in Unity

BERIKUTNYA

23 Setlist Lagu Konser BLACKPINK – BORN PINK, Siap Guncang Jakarta Pada Maret 2023!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: