Apple iPad Air (Sumber gambar: Apple)

Jajaran Produk yang Diungkap di Ajang Apple Let Loose, iPad Baru sampai Chip M4 

07 May 2024   |   23:03 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Apple rampung menggelar event bertajuk Let Loose pada Selasa, 7 Mei 2024 pukul 07.00 PT atau 21.00 WIB. Siaran daring berdurasi 41 menit itu seperti ajang-ajang sebelumnya, dibuka dengan kata sambutan bos besar mereka, Tim Cook, yang merangkum garis besar pengumuman produk dan layanan anyarnya. 

Sebagaimana telah diungkap oleh sejumlah laporan sebelumnya, Let Loose atau Apple Event - May 7 jadi ajang perusahaan memperkenalkan jajaran produk iPad terbarunya.

“Kita mempunyai hari pengumuman besar di depan, dan ini semua tentang iPad. Faktanya ini adalah hari terbesar bagi iPad sejak diperkenalkan,” demikian kata Cook dari kantor pusatnya, Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat. 

Baca juga: Cek Bocoran Fitur AI On Device yang Dirancang Apple 

Kendati iPad jadi bintang utamanya, Apple juga mengumumkan sejumlah update beberapa perangkat keras lainnya termasuk Magic Keyboard dan Apple Pencil terbaru, serta pengumuman chip M4 termutakhir yang dibangun menggunakan teknologi 3 nanometer generasi kedua. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah jajaran produk yang diungkap di ajang Apple Let Loose 7 Mei 2024. Yuk simak. 
 

1. iPad Air 13 inci 

iPad Air (Sumber gambar: Apple)

iPad Air (Sumber gambar: Apple)

Salah satu pengumuman perdana Apple di ajang tersebut adalah iPad Air 2023 yang hadir dalam dua varian. Pertama adalah update iPad Air 11 inci dan kedua hadirnya iPad 13 inci pertama. Seri tablet tersebut akan ditenagai dengan cip M2 dan variasi memori penyimpanan mulai dari 128GB. 

iPad Air generasi terbaru ini dilengkapi dengan kamera belakang 12MP dan kamera depan 12MP. Bagian perangkat lunaknya mendapatkan pembaruan dengan dukungan fitur Apple Pencil Hover yang sebelumnya eksklusif untuk model iPad Pro. Produk ini punya varian warna beragam termasuk Blue, Purple, Starlight, dan Space Gray. 
 

2. iPad Pro layar OLED 

iPad Pro (Sumber gambar: Apple)

iPad Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple akhirnya menghadirkan iPad Pro yang telah dinanti-nantikan para penggemarnya, yakni tablet berukuran 11 inci dan 13 inci yang punya desain segar, jeroan yang lebih bertenaga, dan desain yang lebih tipis dari seri-seri sebelumnya. iPad Pro 13 inci dibuat hanya setebal 5,1 milimeter, jadi perangkat tertipis yang dibuat perusahaan. 

Selain itu, raksasa teknologi itu akhirnya benar-benar menghadirkan panel layar OLED untuk kedua varian. Disebutkan bahwa layar tersebut bisa mencapai kecerahan puncak hingga 1000 nits dan 1.600 nits untuk konten HDR. 

iPad Pro anyar ini punya kamera belakang dan depan dengan resolusi 12MP. Namun, satu perubahan yang juga telah ditunggu adalah kamera bagian depannya sudah dibuat dengan format horizontal. Hal ini membuat pengguna tidak lagi harus melihat bagian samping saat melakukan panggilan video dalam format penggunaan iPad yang alami. 

Tak hanya itu, salah satu highlight utama dari pengumuman iPad Pro kali ini adalah penggunaan cip yang melompati satu generasi, dari Apple M2 ke M4, yang juga diungkap perusahaan pada ajang Let Loose. Ini diklaim memberi peningkatan kinerja yang cukup signifikan dari pendahulunya. 
 

3. Chip Apple M4 

Apple chip M4 (Sumber gambar: Apple)

Apple chip M4 (Sumber gambar: Apple)

Apple akhirnya mengungkap cip generasi terbarunya yang tidak lain adalah M4. Prosesor tersebut seperti disebutkan sebelumnya bakal hadir di semua perangkat iPad Pro paling anyarnya. 

Pengumuman soal cip M4 di ajang ini banyak berfokus pada kemampuannya menghadirkan dan memaksimalkan teknologi artificial
intelligence
(AI). Perusahaan menyatakan bahwa mesin yang dibangunnya menjadikan M4 sebagai cip yang sangat kuat untuk operasional AI. 

M4 menggunakan teknologi 3 nanometer generasi kedua dengan CPU 10 core yang dikonfigurasi dengan empat inti kinerja dan enam inti efisiensi. Formasi itu membuatnya 50 persen lebih bertenaga dibandingkan dengan M2 di iPad Pro sebelumnya. 

Selain itu, M4 juga memanfaatkan GPU 10-core yang mendukung fitur grafis kekinian seperti dynamic caching, mesh shading, dan ray tracing serta ditambah mesin tampilan baru dengan kecepatan rendering empat kali lipat ketimbang cip M2. 
 

4. Magic Keyboard 

Magic Keyboard (Sumber gambar: Apple)

Magic Keyboard (Sumber gambar: Apple)

Selain iPad, Apple juga mengumumkan perangkat Magic Keyboard terbaru yang disebut bakal menjadikan iPad Pro terasa seperti MacBook. Secara umum, hal yang baru dari produk ini adalah trackpad yang lebih besar, dek atas aluminium, dan fitur baris fungsi (function row). 

Magic Keyboard terbaru untuk model iPad Pro 2024 hadir dalam dua warna yakni Black dan Silver, untuk dua ukuran 11 inci dan 13 inci. Perlu dicatat, produk terbaru ini dirancang khusus untuk iPad versi Pro, jadi tidak kompatibel bahkan dengan iPad Air 11 dan 13 Inci yang juga diumumkan di ajang ini. 
 

5. Apple Pencil Pro 

Apple Pencil Pro (Sumber gambar: Apple)

Apple Pencil Pro (Sumber gambar: Apple)

Perusahaan juga memperkenalkan aksesori lainnya yakni Apple Pencil Pro generasi ketiga yang punya sejumlah fitur baru. Ini hadir dengan fitur giroskop Barrel Roll dan alat pencet yang biasanya ditemukan di pen khusus tablet gambar. Ada juga fitur Squeeze yang menghadirkan cara baru untuk beralih dengan cepat antara berbagai alat, warna, dan ketebalan garis. 

Selain itu, Apple juga menyematkan Apple Find My. Fitur ini merupakan pembaruan yang juga banyak dinantikan pengguna, karena banyak kasus kehilangan stylus. Bagaimanapun, Apple Pencil berbentuk mirip dengan pensil tradisional yang ramping sehingga mudah untuk terselip di berbagai tempat. 

Baca juga: Bocoran Desain dan Fitur Baru Apple Watch X dengan Pemantauan Kesehatan Lengkap

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Antusiasme Publik Terus Meningkat di Gelaran Art Jakarta Gardens 2024 

BERIKUTNYA

Usung Genre Horor Komedi, Simak Sinopsis Film Sekawan Limo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: