Aktris Mindy Kaling mencuri perhatian berkat gaun strapless tebal berwarna kulit karya Gaurav Gupta di Met Gala 2024. (Sumber gambar: Gaurav Gupta/Instagram)

10 Busana Terbaik di Met Gala 2024: Zendaya hingga Jennie BLACKPINK

07 May 2024   |   18:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Met Gala 2024 rampung digelar. Sederet selebritas dunia sukses mencuri perhatian dalam momen karpet merah (red carpet) Met Gala di Metropolitan Museum of Art, Costume Institute di New York AS pada 6 Mei 2024. Para pesohor berlomba-lomba tampil memukau dengan busana rancangan desainer ternama.

Met Gala adalah acara tahunan bergengsi yang diadakan The Metropolitan Museum of Art & Costume dengan menggabungkan fesyen, seni, dan budaya, serta menampilkan sederet orang paling terkenal di dunia. Tujuan dari acara ini adalah menggalang dana untuk departemen kostum dan fesyen di museum tersebut. 

Baca juga: 6 Momen Unik Met Gala 2024, Foto AI Katy Perry hingga Doja Cat Pakai Handuk

Tahun ini, Met Gala mengusung tema Sleeping Beauties: Reawakening Fashion yang menyoroti pakaian bersejarah dan kemajuan teknologi dalam gaya. Adapun, dress code atau tema berpakaian Met Gala tahun ini ialah The Garden of Time. Tema itu terinspirasi dari sebuah cerita pendek berjudul sama, karya JG Ballard tahu 1962.

The Garden of Time merujuk tentang 'keindahan sekilas'. Tema itu bisa diterjemahkan dan direpresentasikan dalam berbagai hal mulai dari motif-motif bunga yang melankolis hingga penggunaan mode dari masa lalu. Tema ini pun mewujud pada sederet busana yang apik dengan berbagai model, material, serta warna yang dikenakan oleh para selebritas.

Sebagai rangkuman tentang kemeriahan momen fesyen tahunan ini, berikut adalah 10 busana terbaik dari para selebritas di ajang Met Gala 2024.


1. Zendaya

Menjadi salah satu co-host, Zendaya hadir di Met Gala dengan mengenakan gaun bernuansa biru royal serta hijau zamrud karya John Galliano dari Maison Margiel yang terinspirasi dari gaun Dior tahun 1999. Ansambel haute couture itu terdiri dari gaun berpotongan bias sage lamé, dan organza yang dikenakan di atas korset satin duchesse.

Gaun itu juga menampilkan pita crin metalik yang dilukis dengan tangan, organza warna-warni, dan korsase sulaman tangan. Untuk melengkapi penampilannya, aktris yang membintangi film Dune itu juga mengenakan hiasan kepala dramatis rancangan desainer topi legendaris Stephen Jones yang tampak serasi dengan gaunnya.

Penampilannya kian dramatis dengan kehadiran elemen seperti tumpukan buah beri lengkap dengan dedaunan yang disematkan pada bagian pinggang sebelah kiri. Serta, elemen serupa yang menjadi aksesori untuk lengan kirinya, dan sepasang anting berbentuk burung yang dibiarkan menjuntai ke bawah.

Untuk alas kaki, Zendaya mengenakan sepatu Tabi yang dirancang khusus oleh Christian Louboutin. Sementara itu, riasan wajah sang aktris juga tak kalah menarik perhatian. Pada bagian mata, Zendaya tampil dengan riasan smockey eyes, dipadukan dengan lipstik berwarna merah maroon dan alis tipis berwarna cokelat.
 


2. Gigi Hadid

Model Gigi Hadid membangkitkan tampilan glamor Hollywood zaman dulu di Met Gala 2024. Dia tampak mengenakan gaun putih rancangan Thom Browne dengan elemen bunga mawar kuning menyala pada bagian bawahnya.

Desain rok gaunnya tampak acak-acakan yang menjuntai ke lantai, dengan detail garis hitam yang kontras. Hadid melengkapi penampilannya dengan rambut model bob melengkung serta lipstik merah menyala.


3. Greta Lee

Met Gala 2024 menjadi kali pertama bagi aktris Greta Lee menghadiri ajang fesyen bergengsi itu. Dia tampak mengenakan busana rancangan Loewe bernuansa putih dengan elemen struktural keras yang terbuat dari renda transparan. Gaun itu juga dilengkapi dengan elemen bunga-bunga indah berwarna putih di seluruh permukaannya. 

Baca juga: Bunga-bunga Bermekaran, Cek 9 Outfit Floral di Karpet Merah Met Gala 2024


4. Kendall Jenner

Supermodel Kendall Jenner tampil mengenakan gaun haute couture spesial rancangan Alexander McQueen untuk koleksi Musim Gugur Givechy tahun 1999. Spesialnya, gaun itu belum pernah dikenakan oleh siapapun sejak selesai dibuat oleh sang desainer 25 tahun silam.

Gaun bernuansa hitam itu terbuat dari tulle transparan yang ditutupi dengan lebih dari 100.000 manik-manik dan payet hitam dan kuningan, yang disulam dengan tangan selama 500 jam. Tak hanya lama dibuat, gaun itu juga makin spesial lantaran memiliki potongan silut pinggang, kerah, serta bahu yang anggun bak karya seni yang indah.
 


5. Mindy Kaling

Aktris Mindy Kaling mencuri perhatian berkat gaun strapless tebal berwarna kulit karya Gaurav Gupta di Met Gala 2024. Gaunnya menampilkan potongan pahatan yang melengkung di atas kepalanya, serta mengalir ke punggungnya dalam pola loop dan pusaran yang mencolok.

Gaun itu juga memiliki ekor yang sangat besar sehingga Kaling membutuhkan banyak orang yang menanganinya untuk membantunya berjalan menuruni karpet merah. Meski berukuran besar, gaun ini tetap tampak memancarkan aura halus dengan lapisan tipis dan ringan, serta detail tirai melengkung pada korset garis leher yang manis. Adapun, bahan gaunnya memiliki aksen perak halus di seluruh permukaan untuk sentuhan kilauan.


6. Jennie BLACKPINK

Di ajang Met Gala 2024, Jennie BLACKPINK hadir mengenakan gaun mini khusus dari merek asal Prancis Alaïa bernuansa royal deep blue. Gaunnya terbuat dari kain ruched berwarna biru cerah, yang menciptakan siluet potongan unik pada tubuhnya serta memperlihatkan bagian perutnya.

Pada bagian atasnya, gaun mini itu dibuat dengan siluet leher tinggi serta potongan menyerupai jubah dengan kain panjang yang mengalir dari punggungnya hingga menjuntai ke bawah. Untuk menambahkan kesan kilau, Jennie mengenakan ikat pinggang berhiaskan mutiara berwarna putih model drop serta melengkapi penampilannya dengan sepatu heels biru dengan warna serasi.

Aksesori ikat pinggang mutiara yang dikenakan Jennie juga tampak serasi dengan sepasang anting yang menampilkan mutiara berukuran besar berwarna putih. Adapun, untuk riasan, Jennie terlihat mengenakan makeup yang ringan dan lembut yakni eye shadow putih berkilau dan eyeliner wing. Sementara rambutnya tampak disisir ke belakang dan ditata seperti sanggul.
.


7. Nicole Kidman

Aktris Nicole Kidman tampil mempesona dalam balutan gaun malam Cristóbal Balenciaga Couture yang dibuat khusus oleh Balenciaga tahun 1950-an. Gaun itu menampilkan bustier satin sutra ganda berwarna putih dengan ekor yang dikenakan di atas rok panjang melebar, dengan organza berjumbai tangan dan sulaman seperti bulu.

Melengkapi penampilannya, Kidman mengenakan gaunnya dengan sarung tangan opera putih. Sementara itu, rambut pirang panjangnya ditata oleh Adir Abergel dengan gaya lurus yang simpel. Gaun tersebut dibuat dengan cara disulam dengan taman selama 800 jam, menggunakan 3000 bulu serta kain organza sutra sepanjang 150 meter. 

Baca juga: Deretan Selebritas yang Dilarang & Enggan Hadir ke Met Gala


8. Amelia Gray

Model Amelia Gray hadir di Met Gala 2024 dengan gaya fesyen yang romantis. Model berusia 22 tahun itu mengenakan gaun terarium bernuansa kuning terang dari koleksi Musim Semi 2024 desainer Jun Takahashi. Gaunnya terbuat dari kain tipis yang didesain memperlihatkan kumpulan mawar dan kupu-kupu halus yang terbungkus dalam struktur gaun. Dia melengkapi penampilannya dengan perhiasan Messika dan sepatu Alexandre Birman.


9. Sarah Jessica Parker

Aktris senior Sarah Jessica Parker tampil anggun dalam balutan gaun korset pahatan dengan gaya sangkar burung rancangan Richard Quinn di Met Gala 2024. Gaunnya menampilkan renda bunga berhiaskan berlian dan garis pinggang yang diikat. Penampilannya makin terlihat mewah dengan tumpukan perhiasan Briony Raymond, termasuk kalung mutiara panjang, anting-anting, dan beberapa cincin.

Untuk alas kaki, dia mengenakan sepatu celana ketat tipis yang berbeda dengan stiletto telanjang. Selain itu, Parker juga menata rambutnya dengan gaya setengah ke atas dilengkapi dengan hiasan kepala rancangan Philip Treacy yang menjulang tinggi.
 


10. Lana Del Rey

Penyanyi Lana Del Rey juga mencuri perhatian di Met Gala 2024 berkat penampilannya. Menjadi momen perdana ke Met Gala, Lana Del Rey tampil dalam busana yang didesain khusus oleh Seán McGirr dari koleksi Musim Gugur Alexander McQueen tahun 2006. 

Busananya berupa gaun korset berbahan sutra, georgette ganda, dan tulle yang disulam dengan tangan dengan cabang hawthorn perunggu batangan yang dipahat. Gaun ini terinspirasi oleh patina dan bentuk pahatan yang dibuat oleh seniman Swiss Alberto Giacometti. 

Baca juga: Gaya Busana Vintage Zendaya yang Memukau di Met Gala 2024

Untuk hasil akhir yang dramatis, McGirr membuat hiasan kepala khusus untuk Del Rey, menggunakan cabang hawthorn alami dan menutupinya dengan kerudung tulle tipis. Del Rey juga mengenakan tas Drop logam perunggu yang dihiasi detail jam. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Rekomendasi DIY Kit yang Wajib Dicoba: Hand Casting hingga Coding

BERIKUTNYA

5 Film Tentang Perjuangan Putra Bangsa Membela Timnas Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: