Arduino (Sumber: unsplash.com/@harrisonbroadbent)

3 Rekomendasi DIY Kit yang Wajib Dicoba: Hand Casting hingga Coding

07 May 2024   |   19:45 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Ada banyak aktivitas seru untuk mengisi waktu luang, entah itu saat kumpul keluarga, kencan sama pasangan, atau saat bosan sendirian. Salah satunya adalah membuat kerajinan yang dapat melatih kreativitas dengan memanfaatkan Do-It-Yourself (DIY) kit.

Tak hanya menantang kreativitas,sebuah DIY kit juga dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Tentu ini menjadi nilai plus untuk Genhype yang kebingungan untuk mencari aktivitas seru bersama orang terdekat, karena tidak perlu membeli banyak barang yang mungkin hanya digunakan sekali. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Aktivitas Seru Untuk Kencan Bareng Pasangan, Dijamin Tak Membosankan

Umumnya, semua bahan-bahan, alat, dan panduan yang diperlukan untuk sudah disertakan dalam sebuah DIY kit. Tak hanya itu, ketiga kit DIY ini juga sangat cocok untuk dijadikan hadiah bagi orang-orang yang suka mencoba hal-hal baru, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Jika Genhype sudah siap untuk berkreasi, simak tiga rekomendasi DIY kit yang pas untuk mengisi waktu luang.


1. Merajut Benang Tebal (Crocheting)

Crocheting atau merajut benang tebal adalah teknik kerajinan yang belakangan ini ramai diperbincangkan di media sosial. Berbeda dengan knitting yang membutuhkan dua jarum, teknik merajut ini hanya membutuhkan satu jarum, sehingga proses pengerjaannya akan lebih cepat dan mudah, bahkan cocok untuk pemula dan anak-anak.

Crocheting juga menghasilkan produk akhir yang beragam, seperti boneka binatang, gantungan kunci, casing smartphone, alas gelas, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Sebuah DIY kit crochet biasanya terdiri dari beberapa alat dan bahan, seperti rol benang, jarum pentul dan tapestry, gunting, hakpen, dan kertas instruksi.


2. Membuat Replika Tangan (Hand Casting)

Hand casting adalah teknik pembuatan replika tangan yang menarik untuk anak-anak dan orang dewasa. Prosesnya sendiri sangat mudah, membentuk cetakan tangan sendiri dengan menggunakan bahan yang tidak berbahaya dan ramah kulit seperti silikon. Kemudian, tinggal menuang cairan plester atau resin hingga mengeras, lalu cetakan dapat dikupas.

Hasil dari proses ini cukup realistis yang dapat menangkap detail seperti tekstur tangan, kuku, dan bahkan urat. Variasi hasil cetakannya juga beragam, bisa dibuat dengan tangan sendiri atau sambil memegang tangan pasangan dan anak. Selain itu, Genhype juga bisa mewarnai dan mendekorasinya sesuai keinginan.

Sebuah DIY kit hand casting biasanya terdiri dari ember, molding, serta casting powder, cat, kuas, dan kertas instruksi. Dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah untuk siapa saja, aktivitas ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk mengisi waktu luang.


3.  Coding dan Merakit Barang Elektronik dari Arduino

Jika Genhype suka coding dan merakit barang elektronik, maka DIY kit Arduino adalah pilihan yang sangat tepat. Arduino sendiri adalah perusahaan yang menciptakan platform coding open-source, papan sirkuit PCB, dan chip mikrokontroler untuk mendukung berbagai proyek unik.

Hasil dari sebuah proyek arduino sangatlah beragam, mulai dari sensor cahaya sederhana, hingga proyek yang cukup sulit seperti robot pintar yang bisa bergerak sendiri. Namun jangan khawatir jika masih pemula, karena banyak DIY kit Arduino yang sudah menyertakan instruksi, serta ribuan video tutorial di YouTube.

Jika sudah mulai mahir dalam coding dan merakit perangkat elektronik dengan berbagai produk Arduino, Genhype bisa maju ke proyek-proyek yang lebih rumit. Seperti drone, pot yang menyiram tanaman secara otomatis, dan printer canggih yang terintegrasi AI.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

TikTok & Universal Music Berdamai dengan Perjanjian Lisensi Baru

BERIKUTNYA

10 Busana Terbaik di Met Gala 2024: Zendaya hingga Jennie BLACKPINK

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: