Zendaya saat menghadiri Met Gala 2024. (Sumber gambar: theperfectmagazine/Instagram)

Gaya Busana Vintage Zendaya yang Memukau di Met Gala 2024

07 May 2024   |   17:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Zendaya menjadi perbincangan publik berkat penampilannya di ajang Met Gala yang berlangsung di Metropolitan Museum of Art, Costume Institute di New York AS pada 6 Mei 2024. Di ajang fesyen bergengsi itu, Zendaya sukses menyedot perhatian publik dengan menampilkan dua look spesial.
 
Menjadi salah satu co-host, Zendaya tampil mengenakan dua busana mencolok di bawah arahan penata gaya Law Roach di ajang Met Gala 2024. Kedua busananya lekat dengan tema dress code Met Gala tahun ini yaitu The Garden of Time, fesyen yang bernuansa alam dan floral.
 
Baca juga: Jennie BLACKPINK Hadiri Karpet Merah Met Gala 2024 dengan Balutan Gaun Biru Alaia

Pada tampilan pertamanya, Zendaya tampak mengenakan gaun bernuansa biru royal serta hijau zamrud karya John Galliano dari Maison Margiel yang terinspirasi dari gaun Dior tahun 1999. Ansambel haute couture itu terdiri dari gaun berpotongan bias sage lamé, dan organza yang dikenakan di atas korset satin duchesse.
 
Gaun itu juga menampilkan pita crin metalik yang dilukis dengan tangan, organza warna-warni, dan korsase sulaman tangan. Untuk melengkapi penampilannya, aktris yang membintangi film Dune itu juga mengenakan hiasan kepala dramatis rancangan desainer topi legendaris Stephen Jones yang tampak serasi dengan gaunnya.
 

 
Penampilannya kian dramatis dengan kehadiran elemen seperti tumpukan buah beri lengkap dengan dedaunan yang disematkan pada bagian pinggang sebelah kiri. Serta, elemen serupa yang menjadi aksesoris untuk lengan kirinya, dan sepasang anting berbentuk burung yang dibiarkan menjuntai ke bawah.
 
Untuk alas kaki, Zendaya mengenakan sepatu Tabi yang dirancang khusus oleh Christian Louboutin. Sementara itu, riasan wajah sang aktris juga tak kalah menarik perhatian. Pada bagian mata, Zendaya tampil dengan riasan smockey eyes, dipadukan dengan lipstik berwarna merah maroon dan alis tipis berwarna cokelat.


Gaun Vintage John Galliano

Untuk penampilan keduanya, Zendaya masih memilih mengenakan busana bergaya vintage yang sama-sama dirancang oleh John Galliano. Aktris berusia 27 tahun itu hadir dengan mengenakan gaun korset off-shoulder hitam vintage dengan rok dan ekor panjang nan lebar rancangan John Galliano.
 
Seperti gaun pertamanya yang memberi penghormatan kepada gaya Christian Dior Haute Couture musim semi tahun 1999 rancangan desainer John Galliano, gaun keduanya ini merupakan salah satu mahakarya desainer Inggris itu dari koleksi Givechy tahun 1996.
 
Gaunnya merupakan satu dari dua koleksi rancangan Galliano untuk koleksi musim semi Givenchy tahun 1996. Gaun itu dibeli dari Lily et Cie, butik terkenal di Beverly Hills yang disukai di kalangan pencinta gaya fesyen vintage berkualitas. 
Seperti banyak gaun lainnya di Lily et Cie, sejarah dan asal usul gaun tersebut sangat istimewa. Pendiri Lily et Cie, Rita Watnick, mengatakann gaun sutra Galliano sebagian besar tidak terlihat sejak ditayangkan perdana di runway pada 1996, sehingga busana yang dikenakan Zendaya memang terbilang langka dan spesial.
 
“Ini satu-satunya di dunia, kondisinya hampir sempurna, dibuat oleh John Galliano dan dikenakan di runway oleh Veronica Webb, dan hanya dipakai oleh Nadja Auermann dalam editorial setelahnya. Ini menunjukkan segala sesuatu yang penting bagi kami saat kami membeli barang," kata Watnick dikutip dari The Hollywood Reporter.
 
Gaun itu pun dibeli langsung oleh Zendaya yang khusus untuk dia kenakan di Met Gala 2024, alih-alih dipinjamkan ataupun dihadiahkan. “Kami tidak pernah meminjamkan gaun, kami tidak pernah menyewakan gaun," ujar Watnick.
 
Untuk melengkapi penampilannya, Zendaya mengenakan hiasan kepala bergaya vintage berupa karangan bunga besar berisi mawar warna-warni yang dibungkus dengan tulle hitam rancangan Philip Treacy untuk Alexander McQueen pada 2006, serta perhiasan dari merek mewah Bulgari.
 
Sementara untuk makeup, Zendaya tampil dengan riasan wajah yang lebih ringan pada tampilan keduanya dibandingkan dengan look pertamanya. Dia tampak menghapus riasan dramatis Pat McGrath Labs yang dia kenakan untuk penampilan pertamanya demi tampilan wajah yang lebih segar.
 
Gelaran Met Gala 2024 merupakan momen pertama Zendaya menghadiri acara tersebut setelah 5 tahun absen. Dia terakhir kali menghadiri Met Gala pada 2019, dengan mengenakan gaun pesta menyala yang dirancang oleh Tommy Hilfiger. Tampilannya mengambil inspirasi dari gaun ikonik yang dikenakan Cinderella dalam film animasi Disney tahun 1950. 
Namun, Zendaya dikenal kerap tampil dengan busana terbaik di Met Gala selama bertahun-tahun sebelum momen itu. Beberapa penampilannya yang paling berkesan lainnya termasuk gaun chainmail Versace yang memberi penghormatan kepada Saint Joan of Arc, gaun pesta Dolce & Gabbana yang semarak dengan motif bunga dan burung beo tropis, dan gaun bodycon Michael Kors yang seluruhnya dihiasi dengan emas reflektif. berlian imitasi.
 
"Saya suka melihat fashion sebagai kreativitas. Ini adalah cara untuk melanjutkan kreativitas film. Saya suka membuat karakter saja. Anda dapat mewujudkan karakter ini untuk hari ini, dan pakaian dapat mewujudkannya untuk Anda," kata Zendaya dikutip dari Harpers Bazaar

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Egg Sando Kaya Protein Kreasi Olivia MasterChef Indonesia, Cocok untuk Sarapan

BERIKUTNYA

Jangan Ketinggalan, Ini Link Streaming Nonton Baeksang Arts Awards ke-60 dari Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: