Ilustrasi menyemprot parfum. (Sumber foto: Pexels/JESSICA TICOZZELLI)

Aroma Parfum Cepat Hilang? Cek 5 Tips Agar Wanginya Tahan Lama

07 May 2024   |   16:05 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Banyak produsen parfum yang mencantumkan berapa lama produk mereka akan bertahan di kulit. Namun, Genhype perlu mengetahui bahwa angka tersebut hanya estimasi kasar. Karena sebenarnya ketahanan parfum benar-benar tergantung pada beberapa faktor, baik dari orang yang menggunakannya, maupun kondisi dari parfum itu sendiri.

Menurut Alpha Aromatics,  jenis kulit, tingkat pH dan suhu tubuh seseorang, dapat merubah performa dan kualitas aroma dari sebuah parfum. Jika Genhype memiliki tipe kulit kering, parfum akan lebih sulit menyerap ke dalam pori-pori kulit. Dibanding seseorang yang memiliki tipe kulit yang selalu lembap.

Baca juga: 4 Rekomendasi Parfum Lokal Untuk Musim Panas 2024

Selain hal-hal tersebut, ternyata masih banyak faktor lain yang berdampak pada performa parfum. Untuk itu, simak 7 tips agar parfum bisa bertahan lebih lama!


1. Kenali Tipe dan Konsentrasi Parfum

Setiap parfum pasti memiliki tipe dan konsentrasi yang berbeda, sehingga cara pemakaian pun harus disesuaikan. Sebagai contoh, parfum dengan tipe aroma woody akan lebih cocok untuk digunakkan saat musim hujan. Sedangkan untuk musim panas, sebaiknya menggunakan parfum dengan tipe aroma citrus, sehingga tercium lebih segar. 

Kemudian Genhype juga perlu memperhatikan konsentrasi minyak esensial dan alkohol dalam sebuah parfum. Menurut Rebel Aromas, parfum dengan konsentrasi minyak esensial  yang lebih tinggi cenderung bertahan lebih lama dibandingkan parfum yang diencerkan dengan lebih banyak air dan alkohol. 

Berikut adalah tingkatan konsentrasi minyak esensial pada sebuah parfum:
  • Eau de Cologne: 2-4% 
  • Eau de Toilette: 5-15%
  • Eau de Parfum: 15-20%
  • Extrait de Parfum: 20-40%


2. Gunakan Lotion & Layering

Untuk memastikan kulit selalu dalam keadaan lembab, terapkan lotion secara merata di sekujur tubuh. Dengan melakukan ini, molekul parfum dapat menempel dengan baik, sehingga aroma akan bertahan lebih lama. Genhype juga bisa bereksperimen dengan melakukan layering, yaitu menggabungkan scented lotion dan parfum, sehingga menciptakan kombinasi aroma yang khas.
 
@sorayaskincares this perfume layering routine will have you smelling good all day! @jackieaina #perfume #perfumetiktok #perfumelayering #showertok #hygiene #beauty ? B.O.T.A. (Baddest Of Them All) - Eliza Rose & Interplanetary Criminal
 

3. Semprot Pada Titik Nadi

Menuruti Malee, menyemprotkan parfum pada titik nadi dapat menguatkan dan meningkatkan ketahanan aroma pada kulit. Karena titik nadi adalah daerah yang sering mengeluarkan panas, sehingga mengaktifkan molekul-molekul dalam parfum.

Sebagai contoh, influencer parfum Jeremy Fragrance biasanya menyemprotkan parfumnya sebanyak 10 kali. Dua di belakang kedua daun kuping, dua di tulang selangka, dua di kerah baju, dan dua di belakang leher. Menurutnya, urutan penyemprotan ini dapat menciptakan jejak aroma yang kuat dan tahan lama. 
 
@jeremyfragrance How Fragrance Is Applied #jeremyfragrance #whitepants #selbstbewusst #motiviert #confident #fyp #fragrance #whitelook #me #ich ? Originalton - Jeremy Fragrance


4. Jangan di Gosok

Kesalahan terbesar kebanyakan orang saat memakai parfum adalah menggosok agar aroma parfum dapat tersebar. Melansir dari Vogue, perfumer ternama Francis Kurkdjian menjelaskan bahwa menggosok parfum akan menghasilkan enzim alami yang mengubah aroma. 

Oleh karena itu, sebaiknya Genhype langsung menyemprotkan parfum dengan jarak sekitar 15 cm dari kulit. Ini dilakukan untuk memastikan minyak esensial pada parfum memiliki waktu yang cukup untuk benar-benar meresap dan menempel pada kulit.  
 

5. Simpan Botol Parfum di Tempat yang Benar

Jika botol parfum terekspos dengan cahaya matahari atau panas, atau disimpan di kamar ruangan lembab seperti kamar mandi, sebaiknya segera pindahkan. Karena panas dan lembab dapat merusak struktur kimiawi dari sebuah parfum, dan mempercepat proses evaporasi.

Lemari, laci, dan boks tertutup adalah tempat yang tepat untuk menyimpan parfum, karena selalu dalam keadaan kering dan sejuk. Jangan lupa untuk sesekali memeriksa apabila ada perubahan warna, yang mungkin mengindikasi bahwa kualitas parfum telah berubah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jennie BLACKPINK Hadiri Karpet Merah Met Gala 2024 dengan Balutan Gaun Biru Alaia

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Aktivitas Seru Untuk Kencan Bareng Pasangan, Dijamin Tak Membosankan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: