Salah satu wakil tim putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Sumber gambar: PBSI)

Hasil Thomas & Uber Cup: Indonesia Raih Runner Up

06 May 2024   |   10:13 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran Thomas Cup dan Uber Cup 2024 telah rampung digelar.China berhasil mengawinkan dua gelar bergengsi di kompetisi bulu tangkis dunia tersebut. Sementara itu, tim putra dan putri Indonesia harus puas dengan hanya membawa pulang medali perak.

Laga final Piala Thomas Cup dan Uber Cup 2024 memang cukup unik. Dalam pertandingan yang berlangsung di Hi Tech Zone Sports Centre, China, Minggu (5/5/2024), ada dua negara yang sama yang melaju ke babak final, yakni Indonesia dan China.

Baca juga: Tim Uber Indonesia Kalah dari China

Terakhir kali final Thomas Cup dan Uber Cup menyajikan laga dari dua negara yang sama adalah 12 tahun lalu. Kala itu, tim putra dan putri China serta Korea Selatan sama-sama melaju ke final.

Laga Uber Cup berlangsung lebih dahulu. Indonesia memulai laga dengan memainkan Gregoria Mariska Tunjung sebagai tunggal pertama. Berjumpa dengan Chen Yu Fei, Gregoria tak bisa memberikan perlawanan yang maksimal.

Gregoria kalah dua set langsung dengan skor 21-7, 21-16. Dalam laga tersebut, Yu Fei memang tampil mendominasi dan membuat permainan Gregoria sulit berkembang.

Pada laga kedua, Indonesia menurunkan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto. Sayangnya, dua pasangan Indonesia ini kembali gagal meraih kemenangan usai kalah dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Fadia/Ribka kalah dua gim langsung dengan skor 11-21, 8-21. Dengan hasil ini, posisi Indonesia makin terjepit karena sudah kalah dua kali.

Pada laga ketiga, Ester Nurumi Tri Wardoyo yang menjadi tunggal putri andalan harus menghadapi lawan berat, yakni He Bing Jiao. Ester sebenarnya tampil cukup baik, performanya apik terutama pada gim pertama. Dia pun mampu menang dengan skor 21-10.

Namun, He Bing Jiao mampu bangkit. Ester harus mengakui keunggulan 15-21 pada gim kedua. Di gim ketiga, keadaan tak berubah dan Ester kalah dengan skor 17-21. Berhasil kalahkan Indonesia tiga kali, China pun akhirnya keluar sebagai juara Uber Cup 2024.

Sementara itu, tim putra Indonesia yang berlaga di Thomas Cup 2024 juga mendapat hasil senada. Indonesia kembali kalah dengan skor 3-1 dari China.

Wakil China membuka laga final dengan baik. Shi Yu Qi berhasil menang dengan skor 21-17, 21-6 atas Anthony Sinisuka Ginting. Kemudian,  Liang/Wang juga berhasil mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 21-18, 17-21, 21-17. 

Indonesia sempat mencuri poin pada laga ini. Poin tersebut tercipta lewat kemenangan Jonatan Christie atas Li Shi Feng dengan skor 21-16, 15-21, 21-17.

Asa Indonesia untuk menyamakan kedudukan pun kembali bangkit. Sayangnya, wakil Indonesia berikutnya kembali menelan kekalahan. 

Baca juga: Final Piala Thomas 2024, Ginting Kalah Dari Shi Yu Qi

Pada laga terakhir, He Ji Ting/Ren Xiang Yu memastikan gelar juara China usai menang 21-11, 21-15 atas Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.  Dengan hasil ini, Indonesia kalah dengan skor 3-1. China berhasil merebut medali emas di Thomas Cup dan Uber Cup sekaligus. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Alasan Timnas Indonesia vs Guinea U-23 Digelar Tertutup Tapi Ada Link Streaming

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Megalopolis: Proyek Film Orisinal & Ambisius dari Francis Ford Coppola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: