Stand up comedy show (Sumber foto: Freepik)

Rekomendasi Stand Up Comedy Special di Netflix untuk Merayakan Hari Tawa Sedunia

05 May 2024   |   13:57 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Setiap Minggu pertama di bulan Mei, masyarakat di berbagai belahan dunia merayakan hari tawa sedunia atau World Laughter Day. Momen ini dimanfaatkan orang-orang untuk menyebarkan kebahagiaan dan mempromosikan manfaat kesehatan dari tertawa.

Tertawa bisa memperbaiki mood, membuat hari-harimu lebih ceria dan bersemangat, bahkan memiliki efek positif pada kesehatan fisik. Misalnya mengurangi stres, meningkatkan imunitas dan mengurangi risiko serangan jantung.

Dalam rangka merayakan Hari Tawa Sedunia, yuk tertawa bersama orang-orang terdekatmu sambil menonton stand up comedy dari sejumlah komika favoritmu. Seni pertunjukan stand up comedy mulai dikenal sejak era 1800-an di Eropa dan Amerika Serikat. 

Baca juga: Mau Jadi Komika? Intip Peluang Stand Up Comedy di Indonesia Dulu Yuk!

Pentas yang disebut komedi tunggal tersebut turut mencuri perhatian publik di Indonesia. Kita mengenal nama-nama komika seperti Pandji Pragiwaksono dan Raditya Dika yang kerap mempertontonkan pertunjukan stand up comedy. 

Sementara di belahan dunia Barat, tempat di mana stand up comedy lahir dan bertumbuh kembang, beberapa nama komika papan atas turut mempertontonkan ulang special show mereka di layanan streaming digital seperti Netflix.

Nah Genhype, yuk simak rekomendasi stand up comedy special yang tayang di Netflix. Meski begitu perlu digaris bawahi bahwa program komedi stand-up berikut ini memuat elemen dan topik yang tergolong mungkin tidak cocok bagi penonton 17 tahun ke bawah.
 

1. Bill Burr: Paper Tiger


Nama Bill Burr mungkin tidak sepopuler Dave Chappelle, Kevin Hart, atau komedian terkenal lainnya. Namun, salah satu stand-up comedy special-nya yang berjudul Paper Tiger, banyak membuat penonton terkesan dengan lawakan-lawakannya yang mengocok perut.

Bill Burr membahas isu yang sedikit sensitif seperti feminisme, konspirasi, dan, male sexual harassment, tapi dibalut dengan gaya komedi sarkastik dan tajam. Gaya Bill Burr cocok untuk kalian yang suka genre komedi satir.
 

2. Jim Jefferies: Intolerant

Pertunjukan stand up comedy Jim Jefferies yang berjudul Intolerant mengungkapkan keresahannya karena menderita lactose intolerant, yang membuat dirinya mudah buang air besar setelah mengonsumsi laktosa berlebih. Tentu lawakannya itu langsung mengundang gelak tawa penonton.

Selain itu, Jefferies juga menceritakan kisah cintanya dengan pacarnya yang seorang milenial, serta keresahan-keresahannya mengenai hal tersebut. Ceritanya yang realistis membuat banyak orang cukup relate, terutama para anak muda. Terlebih gaya story telling Jim Jefferies membuat penonton lebih mudah memahami lawakan yang dia lontarkan.
 

3. Leslie Jones: Time Machine

 

Komedian Leslie Jones yang terkenal lewat program TV Saturday Night Live, memulai pertunjukan stand up comedy yang cerdas dan menghibur, berjudul Time Machine. Di usianya yang kini sudah menyentuh 50 tahun lebih, Jones menengok kembali perjalanan hidupnya dan berbagai macam insiden kocak yang pernah dicicipinya. Mulai dari usahanya merayu musisi legendaris Prince hingga pergulatannya melawan penyakit osteoporosis. 


4. Pete Davidson: Alive From New York

Satu lagi personil Saturday Night Live yang memulai aksinya di atas panggung stand up comedy, yakni Pete Davidson. Melalui pentas komedi tunggal berjudul Alive From New York, Davidson membagikan perspektif unik mengenai kehidupannya beberapa tahun terakhir.

Dibalut dengan story telling yang bertutur dan mudah dipahami, serta ekspresi-ekspresi jenaka, Pete Davidson membagikan kisah mengenai depresi yang sempat dideritanya sampai kisah cintanya dengan sang mantan Ariana Grande.
 

5. Bo Burnham - Inside

Bo Burnham identik dengan lelucon musikal penuh satire dan otokritik, terutama soal isu-isu yang ada di lingkungan sekitar. Melalui tayangan Netflix Original Bo Burnham: Inside, sang komika memainkan lawakannya yang khas berdurasi satu setengah jamnya yang padat dengan jokes seputar kesehatan mental, kebiasaan aktivitas digital manusia, hingga isu perubahan iklim.
 

6. Jason Leong - Hashtag Blessed

 

Komika dari negeri Jiran, Jason Leong sukses menampilkan pertunjukan komedi tunggalnya yang bertajuk Hashtag Blessed di Netflix. Pria yang juga merupakan mantan dokter tersebut membedah habis kesombongan orang-orang kelas bisnis, hingga praktik kesehatan alternatif yang tidak masuk akal di negaranya. Leong sangat ahli berkomedi seputar kultur Asia, lawakannya dikemas dengan apik dan jenaka, tanpa nada yang merendahkan. 
 

7. Ricky Gervais - SuperNature

 

Selain komika, Ricky Gervais juga dikenal sebagai penulis, produser, sutradara, hingga musisi. Melalui pertunjukan komedi tunggalnya yang berjudul SuperNature, Gervais kembali mengguyonkan isu-isu sensitif dalam materi lawakannya yang berhasil mengundang pujian sekaligus kecaman dari publik. Mulai dari pandangan personal terhadap alam supranatural, sains, kucing, hingga jokes krusial tentang trans community

Baca juga: Pentingnya Persona dalam Stand Up Comedy, Bisa Mempertebal Joke & Jadi Ciri Khas

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Makanan Khas Guinea Afrika Barat, Ketoun sampai Jollof Rice

BERIKUTNYA

Tim Uber Indonesia Kalah dari China, Tim Thomas Siap Bertanding Sore Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: