Pemain bulu tangkis putri Indonesia Komang Ayu (Sumber gambar: tangkapan layar laman BWF)

Tim Uber Indonesia Kalah dari China, Tim Thomas Siap Bertanding Sore Ini

05 May 2024   |   14:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim Uber Indonesia harus mengakui ketangguhan tim Uber China pada partai final ajang Uber Cup 2024. Tuan rumah berhasil menang 3-0 atas Merah Putih dalam pertandingan yang berlangsung pada hari ini, Minggu (5/5/2024). Sementara itu, tim Thomas Indonesia mengusung formasi berbeda dalam menghadapi tuan rumah. 

Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan harus mengakui tim bulu tangkis wanita asal China dalam pertandingan final yang berlangsung di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium pada hari ini. 

Keunggulan China atas Indonesia dalam pertandingan tersebut bermula sejak pertandingan pertama. Pemain tunggal putri Gregoria yang melawan Chen Yu Fei tercatat tidak mampu berbuat banyak dan kalah 2 set langsung.

Pada set pertama, Gregoria harus menelan kekalahan dengan perbedaan skor yang cukup jauh, yakni 21-7. Pada set kedua, Chen juga tidak dapat dikalahkan dan menutup permainann dengan skor 21-16, sehingga membuat China unggul 1-0. 

Baca juga: Jonatan Christie Juara All England 2024, Akhiri Puasa Gelar 30 Tahun Tunggal Putra Indonesia

Pada pertandingan kedua, ganda putri Indonesia, yakni Stiti Faida Silva Ramaadhanti & Ribka Sugiarto berhadapan dengan ganda China Chen Qing Chen & Jia Yi Fan. Lagi, ganda putri asal Merah Putih juga tidak mampu melawan para pemain asal negara yang kerap dijuluki Negeri Panda tersebut.

Chen & Jia tercatat mendominasi permainan, baik pada set pertama maupun set kedua. Pada babak pertama, mereka mengalahkan pasangan ganda putri Indonesia dengan skor 21-11. Setelah itu, penampilan Chen & Jia kian agresif dan menutup pertandingan dalam dua set dengan skor 21-8.

Pada pertandingan ketiga, tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo juga tidak mampu memperpanjang “napas” tim uber Merah Putih. Pertandingan yang juga digelar di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium 1 ini meperlihatkan ketatnya pertandingan.

Pada set pertama, Ester berhasil mengalahkan He Bing Jiao yang menjadi lawannya dengan skor meyakinkan 10-21. Namun, He berhasil menyamakan kedudukan setelah memenangkan set kedua dengan skor 21-15.

Pada set penentuna, pertandingan juga kian ketat antara kedua tunggal putri ini. Meskipun begitu, Ester harus mengakui keunggulan pemain China setelah kalah dengan skor 21-17.Dengan begitu, tim uber Indonesia belum mampu membawa pulang Piala Uber 2024 setelah kalah dengan skor 3-0. 
 
 

Tim Thomas Indonesia 

Sementara itu, Indonesia akan kembali berhadapan dengan China pada pertandingan final Piala Thomas 2024. Tim Thomas Indonesia akan bertanding pada sore hari ini, Minggu, 5 Mei 2024 di tempat yang sama.

Skuad Garuda berhasil masuk ke final setelah berhasil mengalahkan tim Chinese Taipei dengan skor meyakinkan 3-0. Dalam pertandingan yang berlangsung pada 4 Mei 2024, Anthony Sinisuka Ginting membuka kemenangan Indonesia saat melawan Chou Tien Chen dengan skor 21-18 dan 21-19.

Setelah itu, pemain ganda putra Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto berhasil mengalahkan tim ganda putra lawan, yakni Lee Yang & Wang Chi-Lin dengan 3 Set. Alfian & Ardianto kalah pada set pertama dengan skor 16-21. Namun, mereka berhasil menang dalam set kedua dan ketiga dengan skor masing-masing 21-19 dan 21-18.

Pemain tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berhasil menutup perlawanan Chinese Taipei dan membuat Indonesia unggul 3-0 setelah mengalahkan Wang Tzu Wei dengan skor 21-11 dan 21-16.

Pada laga final, tim Thomas Indonesia memasang formasi berbeda jika dibandingkan dengan pertandingan melawan Chinese Taipei. Ganda putra Leo Rolly Carnando & Danile Marthin tidak akan bermain dan digantikan dengan Muhammad Shohibu Fikri & Bagas Maulana di pertandingan 4.

Dalam pertandingan ini, Ginting akan menjadi pemain pertama melawan Shi Yu Qi. Sementara itu, pada pertandingan kedua, Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto akan bertemu dengan Liang Wei Keng & Wang Chang.

Jonatan Christie akan berada pada pertandingan ketiga melawan Li Shi Feng. Setelah, itu Muhammad Shohibu Fikri & Bagas Maulana di pertandingan 4 melawan He Ji Ting & Ren Xiang Yu. Pertandingan terakhir, Chico Aura Dwi Wardoyo akan berhadapan dengan Lu Guang Zu.

Baca juga: Hypereport: Deretan Acara Sportainment Paling Populer di Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Stand Up Comedy Special di Netflix untuk Merayakan Hari Tawa Sedunia

BERIKUTNYA

UNESCO Sebut Intimidasi & Kekerasan Terhadap Jurnalis Lingkungan Kian Masif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: